Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://jurnal.stik-kendal.ac.id/index.php/dimastika <p>Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Dimastika) adalah jurnal yang di kelola oleh LPPM sebagai wahana publikasi pengabdian kepada masyarakat baik oleh civitas akademika Sekolah Tinggi Islam Kendal atau akademisi dari perguruan tinggi lain, dan masyarakat secara umum. Rumpun ilmu yang menjadi ruang lingkup dalam pengabdian masyarakat yang menjadi konten jurnal ini diantaranya pendidikan, ekonomi, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan . Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret dan September.</p> id-ID Mon, 14 Apr 2025 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.11 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 IMPLEMENTASI METODE TAMYIZ DI MADRASAH DINIYAH AR-ROSYIDIN DESA SUKOMARTO KECAMATAN JUMO KABUPATEN TEMANGGUNG https://jurnal.stik-kendal.ac.id/index.php/dimastika/article/view/172 <p>Metode Tamyiz di Madrasah Diniyah Ar-Rosyidin merupan materi pembelajaran yang diterapkan adalah merupakan salah satu cara untuk anak mengenal pembelajaran ilmu nahwu dan shorof dalam usia dini yaitu usia anak sekolah SD ataupun MI yang kebanyakan anak-anak enggan untuk belajar karena sulitnya memahami. Maka perlu&nbsp; adanya cara atau metode yang&nbsp; inovavatif yang dapat menarik minat anak dalam belajar. Pemilihan metode tentunya disesuaikan dengan keingginan ataupun zaman dari anak didik&nbsp; atau santri yang kita hadapi. Metode merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan suatu materi pembelajaran. Maka di Madrasah&nbsp; Diniyah Ar-Rosyidin menerapkan Metode Tamyiz untuk menarik minat para santrinya karena metode ini menggunakan lagu-lagu&nbsp; yang kebanyakan anak zaman sekarang lebih suka dengan lagu. Tujuan dari adanya penelitian ini&nbsp; guna menganalisis Implementasi Metode Tamyiz di Madrasah Ar-Rosyidin Sukomarto. Jenis penelitian yang diunakan adalah penelitian lapangan&nbsp; dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun objek penelitian dalam skripsi ini adalah Madrasah Diniyah Ar-Rosyidin Sukomarto. Sedangkan Subjek dari penelitian ini adalah Kepala madrasah danjuga selaku guru pelajaran Tamyiz serta santri. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam hal ini penulis menggunakan&nbsp; model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya Metode Tamyiz&nbsp; di Madrasah&nbsp;&nbsp; Diniyah Ar-Rosyidin ini dengan menyiapkan materi tamyiz yang akan disampaikan dan mencatat terlebih dahulu di papan tulis baru dijelaskan bab materi tersebut . Dengan adanya Metode Tamyiz ini santri sanggat senang dan semanggat dalam belajar karena penyampaian materi ini dengan lagu.</p> Siti Fadhilah Hak Cipta (c) 2023 LPPM https://jurnal.stik-kendal.ac.id/index.php/dimastika/article/view/172 Sat, 09 Sep 2023 00:00:00 +0700 PENDAMPINGAN LITERASI AL-QUR’AN DAN SENI TILAWAH PADA GENERASI ALPHA DI DESA SEDAYU KECAMATAN GEMUH KABUPATEN KENDAL https://jurnal.stik-kendal.ac.id/index.php/dimastika/article/view/173 <p>Artikel ini membahas pelaksanaan penelitian tindakan partisipatif (<em>Participatory Action Research)</em> yang bertujuan untuk meningkatkan literasi Al-Qur'an dan seni tilawah pada generasi Alpha di Desa Sedayu, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk memperkenalkan nilai-nilai keagamaan dan seni membaca Al-Qur'an kepada anak-anak generasi Alpha yang tumbuh di era digital. Seni tilawah merupakan salah satu cabang keilmuan Al-Qur’an&nbsp; yang mempelajari cara membaca Al-Qur’an dengan nada yang telah ditentukan sesuai dengan kaidah tajwid dan teknik pembacaan Al-Qur’an yang benar. &nbsp;Metode yang digunakan melibatkan kolaborasi antara peneliti, pendidik, dan masyarakat setempat dalam merancang dan melaksanakan program pendampingan. Kegiatan yang dilakukan meliputi pelatihan membaca Al-Qur'an, pengenalan seni tilawah, serta diskusi interaktif yang melibatkan orang tua dan tokoh masyarakat. Hasil dari penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca Al-Qur'an dan pemahaman seni tilawah di kalangan peserta. Selain itu, program ini juga berhasil membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya literasi Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. Temuan ini diharapkan dapat menjadi model bagi upaya serupa di daerah lain, serta mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pendidikan keagamaan anak-anak.</p> Mahmud Yunus Mustofa; An Wariyatul Hikmah, Sinta Aulia Hak Cipta (c) 2023 LPPM https://jurnal.stik-kendal.ac.id/index.php/dimastika/article/view/173 Sat, 09 Sep 2023 00:00:00 +0700 METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN KEAGAMAAN DI DESA GEMUH BLANTEN KECAMATAN GEMUH KABUPATEN KENDAL https://jurnal.stik-kendal.ac.id/index.php/dimastika/article/view/175 <p>Pendidikan agama memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak sejak usia dini. <br />Selain pendidikan formal, pendidikan nonformal seperti Taman Pendidikan Al-Qur'an <br />(TPQ) berkontribusi dalam membangun pemahaman keagamaan anak. Namun, <br />pembelajaran di TPQ sering kali menghadapi tantangan dalam metode dan strategi <br />pengajaran yang kurang variatif, sehingga anak-anak mudah bosan. Oleh karena itu, <br />diperlukan peningkatan kualitas pengajaran melalui metode yang inovatif dan strategi yang <br />tepat. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk seminar oleh mahasiswa KKN STIK Kendal <br />kelompok VIII di Desa Gemuhblanten, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal. Metode <br />yang digunakan adalah ceramah dan tanya jawab, dengan evaluasi pemahaman peserta <br />sebelum dan sesudah pelatihan. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam <br />pemahaman strategi dan metode pembelajaran dari 30% sebelum pelatihan menjadi 90% <br />setelahnya. Selain itu, partisipasi aktif peserta dalam diskusi mencapai 80%. Seminar ini <br />berhasil meningkatkan pemahaman guru TPQ dalam mengembangkan metode <br />pembelajaran yang lebih menarik dan efektif, sehingga dapat meningkatkan kualitas <br />pendidikan keagamaan di desa tersebut.</p> Zulfarida Fauziyah; Habib Hasanudin, Sekar Novi Liana Putri, Munifah, Muhammad Reza Ulil Albab, Maghfurotul Maula, M. Ryan Maghfuri, M. Lutpi Aris, Miftahul Huda, Farid Fuadi Hak Cipta (c) 2023 LPPM https://jurnal.stik-kendal.ac.id/index.php/dimastika/article/view/175 Sat, 09 Sep 2023 00:00:00 +0700 STRATEGI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH ROUDLOTUL THOLIBIN DESA PUCUKSARI KECAMATAN WELERI KABUPATEN KENDAL https://jurnal.stik-kendal.ac.id/index.php/dimastika/article/view/176 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peranan Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran dimadrasah Diniyah , mendeskripsikan tentang bagaimana pembelajaran Baca Tulis Al-Quran di Madrasah diniyah, bagaimana Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran di Madrasah Diniyah, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Baca Tulis Al-Quran. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik studi pustaka. Dengan tujuan untuk mencapai tujuan pendidikan Islam sebagai manusia yang memiliki iman dan takwa serta akhlak mulia dan membentuk cinta Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data ini menggunakan a) wawancara, b) observasi, c) dokumentasi. Hasil menunjukan bahwa strategi pembelajaran Baca Tulis Al-Quran yang diterapkan dalam madrasah diniyah Roudlotul Tholibin bagaimana pembelajaran Baca Tulis Al-Quran di Madrasah Diniyah&nbsp; Roudlotul Tholbin Ada petunjuk yang dapat membantu kemampuan santri, Tingkat kefasihan siswa dalam membaca dan menulis ayat al-Qur’an, Sering diajaknya komunikasih/sesitanya jawab, Diberikan bimbingan/pengajaran oleh ustad, Penilaian hasil pekerjaan santri baik dengan tes lisan maupun tertulis atau cara lainya.</p> Arina Sofa Dlofirotulmila, Camila Fatah Suroyya Hak Cipta (c) 2023 LPPM https://jurnal.stik-kendal.ac.id/index.php/dimastika/article/view/176 Sat, 09 Sep 2023 00:00:00 +0700 STRATEGI IPNU DAN IPPNU DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GENERASI MUDA DI ERA DIGITAL: KEGIATAN KEAGAMAAN SEBAGAI SOLUSI https://jurnal.stik-kendal.ac.id/index.php/dimastika/article/view/166 <p>Perkembangan era digital memberikan tantangan signifikan bagi generasi muda, terutama dalam aspek moral dan identitas. Penelitian ini mengeksplorasi strategi yang diterapkan oleh Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) dalam menghadapi tantangan tersebut. Beragam perilaku negatif, seperti penggunaan narkoba, seks, dan kenakalan remaja, semakin marak di kalangan anak muda, menunjukkan perlunya pendekatan yang inovatif dalam pembinaan moral. Kegiatan keagamaan menjadi solusi efektif yang berfungsi sebagai sebagai penguatan identitas dan karakter generasi muda. Dengan memanfaatkan teknologi dan platform daring, IPNU dan IPPNU menyusun metode dakwah yang relevan, dan menarik, sehingga dapat menyentuh aspek kehidupan anak muda secara lebih efektif. Melalui penelitian pustaka, penulis menyimpulkan bahwa kegiatan keagamaan yang adaptif dan inovatif mampu meningkatkan pemahaman generasi muda terhadap agama, serta membangun karakter positif dalam menghadapi tantangan zaman. Diharapkan, dengan strategi ini, generasi muda dapat menjadi individu yang produktif dan berakhlak mulia, sekaligus mampu berkontribusi positif terhadap Masyarakat.</p> Hithna Rohadatul Aisyi; Hisyam Naufan Maulana; Nehru Millat Ahmad Hak Cipta (c) 2023 LPPM https://jurnal.stik-kendal.ac.id/index.php/dimastika/article/view/166 Sat, 09 Sep 2023 00:00:00 +0700