PENGARUH ALUMNI PONDOK PESANTREN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI DESA CIKADU KECAMATAN WATUKUMPUL KAB. PEMALANG
DOI:
https://doi.org/10.62509/jpai.v4i1.110Kata Kunci:
Alumni Pondok Pesantren, Karakter Anak.Abstrak
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya peran pendidikan karakter dalam membentuk generasi muda yang berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur. Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional memiliki kontribusi yang signifikan dalam membentuk karakter para santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sejauh mana pengaruh alumni pondok pesantren terhadap pembentukan karakter anak di Desa Cikadu. Penelitian ini akan menganalisis peran alumni dalam memberikan teladan, nilai-nilai moral, dan pendidikan agama kepada anak-anak di desa tersebut. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan bagi masyarakat dan pemerintah dalam upaya memperkuat pendidikan karakter melalui dukungan alumni pondok pesantren. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data metode Chi Kuadrat dengan Menyajikan signifikansi hubungan yang dicari. Dalam penelitian ini menggunakan uji reliabilitas dengan metode Alpha Cronbach skala 0-5. Penelitian ini menguji pengaruh variabel bebas (Alumni Pondok Pesantren) tehadap variabel terikat (Karakter Anak) dengan sampel 28 anak. Hasil Peneltian ini menyatakan bahwa berdasarkan hasil perhitungan menggunakan db sebesar 4 maka diperoleh harga Chi Kuadrat (x2) tabel pada taraf signifikasi 5% = 9,488 diketahui bahwa harga Chi Kuadrat (x2) sebesar 9,524. Dalam hal ini berarti harga Chi Kuadrat (x2) lebih besar dari harga Chi Kuadrat (x2) tabel., Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara alumni jenjang pendidikan pesantren orang tua terhadap karakter anak di Desa Cikadu Dukuh Kalilingseng Rt 25 Rw 05 Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang.
Referensi
Abdurrahman, A, Pondok Pesantren dan Pembentukan Karakter. (Jakarta: Kencana, 2012).
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2013).
Asy’arie, Hasyim, Pendidikan Karakter Khas Pesantren (Adabul ‘alim wal muta’allim), (Tangerang: Tira Smart. 2017).
Chandra, Pasmah. "Peran Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Bangsa Santri di Era Disrupsi." Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 5.2 (2020): 243-262. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/belajea/article/view/1497.
Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia, (Jakarta: LP3ES. 2011).
Drajat, Manpan, “Sejarah Madrasah Di Indonesia”, dalam Jurnal Al-Afkar, No. 1 Vol. 1, Purwakarta: Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) DR. KHEZ. Muttaqien. 2018.
Firman, Firman, et al. "Pengaruh Pendidikan Pesantren terhadap Karakter Pemuda Akademisi di Banjarmasin." Jurnal Pendidikan Tambusai 7.2 (2023): 12976-12985.
Hardani, dkk, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, (Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group, 2020).
Jamil, N. A., Masyhuri, M., & Ifadah, N. Perspektif Sejarah Sosial dan Nilai Edukatif Pesantren dalam Pendidikan Islam. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, 3(2), (2023). 197-219. https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/risalatuna/article/view/2527.
Khasanah, Nur, Achmad Irwan Hamzani, and Havis Aravik. Pesantren Salafiyah dalam Lintasan Sejarah. Penerbit NEM, 2022. https://books.google.co.id/books?id=UXGSEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Maghfiroh, Ana Minniswatil, and Akhyak Akhyak. "Pendidikan Holistik: Perspektif Filsafat Sufisme dalam Pengembangan Kurikulum: Holistic Education: Sufism Philosophical Perspective in Curriculum Development." Jurnal Filsafat Indonesia 7.1 (2024): 154-161. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/view/62248.
Martono, Nanang, Tanpa Tahun, Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. T.th).
Muhamad Fatihul Afham, Modernisasi Pendidikan Pesantren (Studi Analisis Pemikiran Kh. AbdurrahmanWahid)Https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/73700/1/21190110000020%20-%20Fatihul%20Afham%20-%20Watermark.pdf
Mustajab, Masa Depan Pesantren; Telaah Atas Model Kepemimpinan Dan Manajemen Pesantren Salaf, (Yogyakarta: LKIS, 2015).
Mustoip, Sofyan, dkk, Implementasi Pendidikan Karakter, (Surabaya: CV. Jakad Publishing, 2018).
Nata, A, Pendidikan Islam di Indonesia: Sejarah, Pemikiran, dan Prospeknya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Nasution, 2001).
Nindi Aliska. "Lembaga Pendidikan Islam Pesantren." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 5.1 (2020): 36-52.
Sarmanu, Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Statistika, (Surabaya: Airlangga University Press, 2017).
Siregar, Syofian, Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS, (Jakarta: PT. Kencana. 2013).
Siyoto, Sandu dan Ali Sodik, Muhammad, Dasar Metodologi Penelitian, (Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015).
Sugiyono, Staistika untuk Penelitian, (Bandung: Alfabeta. 2014).
Sujarweni, V. Wiratna, Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami, (Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2019).
Sutrisno, A.,Pesantren dan Transformasi Sosial, (Malang: UIN Maliki Press, 2015).
Syarbini, Amirullah, Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga, (Jakarta: PT. Elex Media Komputindo kelompok Gramedia, 2014).
Tim Direktorat Pendidikan Madrasah, Wawasan Pendidikan Karakter Dalam Islam, (Jakarta: Direktorat Pendidikan Madrasah Kementrian Agama, 2010).
Triwiyanto, Teguh, Pengantar Pendidikan, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014).
Wahid, A, Menggerakkan Tradisi: Esai-Esai Pesantren, (Yogyakarta: LKiS, 2014).
Wahyu, dkk., Pendidikan Karakter, Wahana Jaya Abadi, (Bandung: FKIP UNLAM PRESS, 2014).