EKSPLORASI PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DI MI MA'ARIF BETON

Penulis

  • Karisma Damayanti Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Kurniasari Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Zamzam Mustofa Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Amir Mukminin Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti Wonogiri

DOI:

https://doi.org/10.62509/jpai.v4i1.112

Kata Kunci:

Peran Guru, Pembelajaran Berbasis Teknologi, MI Ma'arif Beton.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran berbasis teknologi di MI Maarif Beton. Di era digital ini, penggunaan teknologi dalam pendidikan menjadi semakin penting, dan guru memainkan peran penting dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian ini menemukan bahwa peran guru tidak hanya sebagai fasilitator, namun juga sebagai inovator dan motivator bagi siswa untuk menggunakan teknologi secara efektif. Guru MI Ma'arif Beton cepat beradaptasi dengan perubahan teknologi dan mengembangkan strategi pembelajaran interaktif dan kolaboratif. Mereka juga aktif dalam mengikuti pelatihan dan workshop untuk meningkatkan kompetensi digital mereka. Tantangan yang dihadapi mencakup terbatasnya infrastruktur teknologi dan perlunya dukungan berkelanjutan dari sekolah dan pemerintah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran guru yang aktif dan adaptif sangat penting untuk menciptakan lingkungan pembelajaran berbasis teknologi yang efektif dan bermakna.

Referensi

Al Jury, Z. N., Mukminin, A., & Mustofa, Z. (2023). Peran Literasi Digital Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas Xii (Studi Kasus Di Sma Negeri 1 Tegalombo). Al'ulum Jurnal Pendidikan Islam, 181-191.

Agnia, A. S. G. N., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh Kemajuan Teknologi terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9331–9335. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2473

Amaly, A. M., Muhammad, G., Erihadiana, M., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Kecakapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6712

Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., & Mufidah, R. A. (2020). Analisis Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Sekolah Dasar | FONDATIA. Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 150–157.

Demmanggasa, Y., Sabilaturrizqi, M., Kasnawati, K., Mardikawati, B., Ramli, A., & Arifin, N. Y. (2023). Digitalisasi Pendidikan: Akselerasi Literasi Digital Pelajar Melalui Eksplorasi Teknologi Pendidikan. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.22045

Fatwa, A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Era New Normal. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(2), Article 2.

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), Article 1.

Fitriah, D., & Mirianda, M. U. (2019). Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Berbasis Teknologi. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2982

Ganis Nurma Febriarti. (2021). Eksplorasi Teknologi Digital Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Sbdp Berbasis Kearifan Lokal Seni Tari Guna Meningkatkan Kreativitas Siswa Di Sdn Ngabean Ponjong. Jurnal PGSD Indonesia (JPI), 07(02).

Hafiuluddin, & Hanafi, A. (2023). Efektivitas Pembelajaran Madrasah Digital Berbasis Teknologi Informasi pada MTs Negeri 1 Makassar. EDUCANDUM, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.31969/educandum.v9i2.1222

Hayya, A. F., Mukminin, A., Mustofa, Z., & Saleh, M. (2024). Application of singing method to improve memorization of asmaul husna for 1st grade students at kedungjati public elementary school. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains Islam Interdisipliner, 28-33.

Iswanto, J., & Yusuf, M. (2021). Optimalisasi Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Desa (JPMD), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.58401/jpmd.v2i1.580

Jalal, A., & Mahmood, M. (2019). Students’ behavior mining in e-learning environment using cognitive processes with information technologies. Education and Information Technologies, 24(5), 2797–2821. https://doi.org/10.1007/s10639-019-09892-5

Kim, N. J., Belland, B. R., & Walker, A. E. (2018). Effectiveness of Computer-Based Scaffolding in the Context of Problem-Based Learning for Stem Education: Bayesian Meta-analysis. Educational Psychology Review, 30(2), 397–429. https://doi.org/10.1007/s10648-017-9419-1

Mukminin, Amir, Eka Yuni Purwanti, Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Di kalangan Mahasiswa STAIMAS Wonogiri Dengan Model Pembelajaran Berbasis Produksi. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 4, no 02 (2021), 119-125.

Kim, Y., & Baylor, A. L. (2016). Research-Based Design of Pedagogical Agent Roles: A Review, Progress, and Recommendations. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 26(1), 160–169. https://doi.org/10.1007/s40593-015-0055-y

Mahyudi, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.55681/armada.v1i2.393

Mukminin, Amir, Translation teaching strategies for Arabic language education students at the State Islamic Institute (IAIN) Ponorogo, Asalibuna 4, No. 2 (2020), 91-100.

Mukminin, Amir, Dedi Rismanto, Yekti Prihatin. Pelatihan Metode Bernyanyi untuk Pembelajaran Akidah Akhlak di TPA, Transformatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3 no. 2 (2022) 117-126.

Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Ilmi, A. R. M., Nugroho, W., Leuwol, N. V., & Saputra, A. M. A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Journal on Education, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3304

Mukminin, Amir, Zamzam Mustofa, And Nurin Fauziatul Akmala. “Upaya Kegiatan Muhafadhoh Dalam Meningkatkan Hafalan Nadzom Imriti Pada Murid Kelas 4 Mi Miftahul Huda.” Inisiasi, 2023, 71–77.

Mukminin, Amir, Alhimni Hidayatus Sholihah, And Zamzam Mustofa. “Ipnu-Ippnu Efforts In Increasing Religious Social Values Through Sholawat Roadshow Activities At Pac Dolopo.” Al-Anbiya: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 1, No. 1 (2023): 66–77.

Mustofa, Zamzam, and Amir Mukminin. “Problems of Religious Moderation in Sooko Ponorogo District ( Liberalism , Exclusivism , Extremism )” 1, no. December (2023): 106–19.

Oktaviana, F., Emzir, E., & Rasyid, Y. (2020). Analisis Peran Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Information, Communication, And Technology. Arkhais - Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2), Article 2.

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Era Industri 4.0: Kajian dari Perspektif Pembelajaran Matematika. Jurnal Tatsqif, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954

Sholeh, M. I., & Efendi, N. (2023). Integrasi Teknologi Dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru Di Era Digital. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(2), 104–126.

Sutarsih, T., & Hasyyati, A. N. (2018). Statistik Penggunaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. BPS RI/BPS-Statistic Indonesia.

Suyuti, S., Wahyuningrum, P. M. E., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Rusmayani, N. G. A. L. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2908

Warul Wahidin, Saifullah, & Tabrani. (2015). Warul Walidin, Saifullah, and Tabrani, Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. FTK Ar-Ran.

Widyawati, E. R., & Sukadari, S. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Pembelajaran Kekinian bagi Guru Profesional IPS dalam Penerapan Pendidikan Karakter Menyongsong Era Society 5.0. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 10, 215–225. https://doi.org/10.30595/pssh.v10i.667

Zebua, F. R. S. (2023). Analisis Tantangan dan Peluang Guru di Era Digital. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.25008/jitp.v3i1.55

Mustofa, Z., & Mukminin, A. (2023, October). Problems of Religious Moderation in Sooko Ponorogo District (Liberalism, Exclusivism, Extremism). In Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education (AICIED) (Vol. 1, pp. 106-119).

Sholihah, A. H., Mustofa, Z., Mukminin, A., & Fadilah, H. D. (2024). IPNU-IPPNU efforts in increasing religious social values through sholawat roadshow activities at pac dolopo. Amorti: Jurnal Studi Islam Interdisipliner, 243-249.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-09

Cara Mengutip

Karisma Damayanti, Kurniasari, Zamzam Mustofa, & Amir Mukminin. (2024). EKSPLORASI PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DI MI MA’ARIF BETON. Istifkar, 4(1), 40–57. https://doi.org/10.62509/jpai.v4i1.112