RELEVANSI KONSEP AL-TA’LIM DAN TA’ALLUM SYED NAQUIB AL-ATTAS TERHADAP PENDIDIKAN INDONESIA

Penulis

  • Idlofi Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.62509/ji.v2i1.53

Kata Kunci:

Syed Naquib al-Attas, pendidkan islam, Ta’dib

Abstrak

Pendidikan merupakan aspek penting dalam mendukung kemajuan suatu Negara. Jika sumber daya manusia suatu bangsa unggul, maka akan dapat memanfaatkan dan mengolah Negara dengan baik menuju kemajuan yang diharapkan. Akan tetapi, pendidikan pada dewasa ini belum mampu mencetak sumber daya manusia yang mencerminkan hasil pencarian ilmunya. Pendidikan dewasa ini hanya mencetak sumber daya manusia yang memiliki gelar untuk mencapai tujuan pragmatis, seperti pekerjaan, jabatan dan lain sebagainya, belum sampai menyentuh pada core values dari pendidikan itu sendiri. Fenomena ini kemudian mendorong Syed Naquib al-Attas untuk menciptakan gagasan dalam pendidikan islam yang mampu mencetak sumber daya manusia yang mana ‘ilm dan ‘amal berjalan secara beriringan. Gagasan tersebut dinamai dengan konsep ta’dib. Adapun hasil dari penilitan ini menurutnya Syed Naquib al-Attas yaitu bahwa pendidikan Islam pada dewasa ini telah banyak disusupi oleh nilai Barat yang sekuler, maka dari itu harus ada pembersihan dari unsur-unsur barat, yang kemudian ia sebut dengan islamisasi ilmu. Konsep ta’dib yang ditawarkan oleh Naquib memiliki perbedaa arti yang sangat mencolok dibanding hanya sebatas pendidikan, karena dengan ta’dib meliputi proses ‘ilmu dan amal.

Referensi

Abyan Yusuf Sya’bani, Muhammad, Pemikiran Syed Muhammad Naquib al-Attas Tentang Pendidikan Islam, hlm. 18

Adnan Amal, Taufik, Islam dan Tantangan Modernitas: Studi atas Pemikiran Fazlur Rahman, (Bandung: Mizan, 1989), hlm. 43.

Badaruddin, Kemas, Filsafat Pendidikan Islam; Analisis Pemikiran Prof. DR. Syed Muhammad al-Naquib al-Attas, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009), hlm. 36.

Ismail SM, Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Tokoh Klasik dan Kontemporer, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999, hlm. 273.

Maragustam, Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter (Yogyakarta: FITK UIN Sunan Kalijaga, 2018), hlm. 245.

Sri Syafa’ati dan Hidayatul Muamanah, Konsep Pendidikan Menurut Muhammad Naquib al-Attas dan relevansinya dengan sistem pendidikan Nasional, (PALAPA: Juenal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, Vol. 8, No. 2, November 2020, hlm. 293.

Syed Muhammad Naquib al-Attas, Aims and Objectives of Islamic Education. London: Hodder and Stoughton, 1979, hlm. 1.

Syed Muhammad Naquib al-Attas, Konsep Pendidikan dalam Islam: Suatu Rangka Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam, terj. Haidar Baqir, Bandung: Mizan, 1994, hlm. 61.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wan Mohd Nor Wan Daud, Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed Naquib al-Attas, terj. Hamid Fahmi, dkk, (Bandung: Mizan, 2003), hlm. 45.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-09

Cara Mengutip

Idlofi. (2022). RELEVANSI KONSEP AL-TA’LIM DAN TA’ALLUM SYED NAQUIB AL-ATTAS TERHADAP PENDIDIKAN INDONESIA. Istifkar, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.62509/ji.v2i1.53