MEMBANGUN SIKAP MODERASI BERAGAMA MELALUI PENDIDIKAN ISLAM (STUDI MODERASI BERAGAMA MELALUI KEGIATAN PESANTREN MAHASISWA AN-NUR SURABAYA)
DOI:
https://doi.org/10.62509/ji.v2i1.54Kata Kunci:
Moderasi, Beragama, Pesantren, Mahasiswa.Abstrak
Pesantren merupakan pendidikan yang unik khas Indonesia, salah satunya pesantren mahasiswa an-Nur Surabaya yang memiliki ciri khas tersendiri yakni pendidikan informal, yaitu kajian studi Islam secara general, murajaah hafalah al-Qur’an dan studi hadits serta berkerja sama dengan lembaga lain seperti seminar serta halaqoh. Adanya kegiatan tersebut, mahasiswa harus menyeimbangi baik dari kegiatan pesantren maupun dari kegiatan kampus, salah satunya dengan mengajarkan tentang mewujudkan sikap moderasi beragama. Moderasi beragama merupakan sarana mewujudkan suatu hal penyeimbang dan berperan penting antara mahasiswa dan pesantren. Dengan hal itu, penelitian ini akan memaparkan implementasi moderasi beragama dengan melalui kegiatan pesantren mahasiswa An-Nur Surabaya. Pendekatan penelitian ini menggunakan studi kasus, sedangkan metode penelitian ini mengggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berkenaan dengan Creswell mengemukakan bahwa studi kasus sebagai pendekatan kualitatif di mana peneliti mengumpulkan beberapa informasi atau data dalam bentuk deskripsi kasus tersebut. Dalam artikel ini memfokuskan bagaimana moderasi beragama di pesantren mahasiswa, kemudian bagaimana implementasi moderasi beragama melalui kegiatan pesantren mahasiswa An-Nur Surabaya.
Referensi
Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia. Diklat Keagamaan, 13.
Akhmadi, A. (n.d.). Moderasi Beragama Dalam Keberagaman Indonesia. Jurnal Diklat Keagamaan, Vol. 13, No. 2.
Amin, M. (1 Desember, 2021). Wawancara Pesantren Mahasiswa An-Nur Surabaya.
Awwaliyah, N. M. (2019). Pondok Pesantren Sebagai Wadah Moderasi Islam Era Generasi Milenial. Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, Vol. VII, No. 1.
Awwaliyah, N. M. (2019). Pondok Pesantren Sebagai Wadah Moderasi Islam Era Generasi Milenial. Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, Vol. VII, No. 1.
Budi. (10 Agustus 2018). Retrieved from https://www.laduni.id/post/read/32474/pesantren-mahasiswa-an-nur-surabaya.
Fatmawati, E. (2015). Profil Pesantren Mahasiswa; Karakter Kurikulum, Desain Pengembangan Kurikulum, Peran Pemimpin Pesantren. Yogyakarta.
Firmansyah, D. (2020). Menumbuhkan Nilai Moderasi Beragama Melalui Peran Pondok Pesantren Multikultural di Pondok Pesantren HATI Kraksaan Probolinggo. SENASPA, Vol. 1.
Hamdani, A. Y. (24 Februari 2021). Spirit Juang Santri Melawan Radikalisasi. https://hidayatuna.com/spirit-juang-santri-melawan-radikalisasi/.
M, A. K. (2020). Merajut Moderasi Beragama Dari Tradisi Pesantren. Pusaka Jurnal Khazanah Keagamaan, Vol. 8, No. 2.
Maskuri, d. (2020). Pengembangan Moderasi Beragama Mahasasntri Melalui Ta'lim Ma'hadi di Pesantren Mahasiswa. Pendidikan Agama Islam, 07.
Mirwan, G. (30 November, 2021). Wawancara Pesantren Mahasiswa An-Nur Surabaya.
Mukaffa, Z. (2018). Madrasah Diniyah Sebagai Pola Diseminasi Islam Moderat di Pesantren Mahasiswa Darussalam Keputih Surabaya. Pendidikan Agama Islam (Journal of Islam Education Studies), 06.
Nasik, A. M. (2017). Peran Pesantren Mahasiswa Dalam Membentuk Karakter Tertib, Santun, dan Peduli Pada Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. JURNAL PAMATOR, Vol. 10, No. 2.
Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama Menurut Al-Qur'an dan Hadist . Ilmiah Al-Mu'ashirah, 18.
Rifqi. (2021). Retrieved from (Review) 9 Pesantren di Surabaya Paling Bagus: https://pesantrenterbaik.com/terbaik/pesantren-di-surabaya/
Toni, M. (5 Desember, 2021). Wawancara Pesantren Mahasiswa An-Nur Surabaya.
Wulandari, A. P. (2020). Pendidikan Islam Berdasarkan Moderasi Agama Di Pondok Pesantren Nurul Ummahat Kota Gede Yogyakarta (Skripsi Pendidikan Agama Islam).
Zahra, F. (1 Desember, 2021). Wawancara Pesantren Mahasiswa An-Nur Surabaya.