METODE PENDIDIKAN PRESPEKTIF MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI

Penulis

  • Nurfaizah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Nur Mahmudi Ismail Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.62509/ji.v1i1.57

Abstrak

Tujuan penelitian ini, ingin mengetahui konsep, metode dan relevansi pendidikan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftip dengan menggunakan studi pustaka (library research). Hasil penelitian ini Konsep pendidikan islam Athiyah Al-Abrasyi dalam kitab at-Tarbiyah al-Islamiyah Wafalasifatuha pendidikan Islam memeliki prinsip kebebasan dan kesempatan yang sama dalam pembelajaran. Metode yang ditawarkan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi yaitu: (1) Tidak ada pembatasan umur (2) Tidak ada batasan lamanya belajar (3) Berbedanya cara yang digunakan dalam memberikan pelajaran; (4) Dua ilmu jangan dicampur adukan (5) Menggunakan contoh yang dapat dicapai dengan panca indera (6) Memperhatikan pembawaan anak dalam beberapa mata pelajaran (7) Memulai dengan pelajaran bahasa arab kemudian pelajaran al-Qur’an; (8) Pengertian terhadap pembawaan insting anak-anak (9) Permainan dan hiburan; (10) Mendidik perasaan. Selanjutnya Relevansi Pendidikan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi dan Pendidikan Nasional tidaklah semata-mata hanya pembelajaran di dalam kelas, tetapi bagaimana cara peserta didik mendapat sesuatu hal yang baik dari proses pembelajaran, seperti kedekatan psikologis dan emosional antara guru dan peserta didik.

Referensi

A. Rasyidin, Falsafah Pendidikan Islami: Membangun Kerangka Ontologi, Epistimologi, Aksiologi Praktik Pendidikan. (Tt:Cipta Pustaka Media Perintis, 2008)

Abdul Majid, Dian Andayani, And S Ag, Pendidikan Karakter Perspektip Islam (Pt Remaja Rosdakarya Bandung, 2019).

Ainur Rofiq, “Perspektif Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Wasiyyah Al-Mustafa” (Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2015).

Anas Adi, Analisis Kritis Pemikiran Pendidikan Progresif Muhammad ‘Athiyah Al-Abrasyi (Prespektif Filsafat Pendidikan Islam). Inspirasi, Vol. 1 No. 3, 2018.

An-Nahidl, Nunu Ahmad. 2008. “Kyai Tholhah Dan Gagasan Penyelamatan Dan Pengembangan Fitrah Peserta Didik”, Dalam Edukasi, Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, Vol. 6, No. 2, April-Juni 2008, Hal. 85

Arifin Samsul, “Konsep Pelajar Pancasila Dalam Perspektif Pendidikan Islam Dan Implikasinya Terhadap Penguatan Karakter Religius Di Era Milenial” (Uin Prof. Kh. Saifuddin Zuhri Purwokerto, 2021).

Bustami A Ghani dan Djohar Bahry. Dasar-Dasar Pokok Pokok Pendidikan Islam" ,( Jakarta: Bulan Bintang, 1987) hlm 20-21.

Dede Ilham, Pemikiran pendidikan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi perspektif filsafat pendidikan Jurnal Of Islamic Studies,” Https://Ejournal.Stai-Nh.Ac.Id/Atthullab/Article/View/27/12 4, no. 1 (2023): 57–65.

Hikmatul Amalia, “Strategi Madrasah Dalam Menanamkan Budaya Dan Nilai-Nilai Ajaran Islam Ahlussunnah Waljama’ah” (IAIN KUDUS, 2023).

Jalaluddin, Psikologi Agama, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996), Hal. 229.

M‘Athiyah Al-Abrasyi, Beberapa Pemikiran Pendidikan Islam (Terjemahan). (Tt: Titian Ilahi Press, 1996).

Muhaimin, konsep pendidikan islam, (solo: Ramadhan, 1991).

Muhammad ‘Athiyah Al-‘Abrasyi, At-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falsafatuha, (Mesir:Isa al-Babi, t.t.), hlm. 25-51

Muhammad „Athiyah Al-Abrasyi, Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Islam, Terj. Abdullah Zaky Al-Kaaf, Dari Judul Asli At-Tarbiyah Al-Islamiyah, (Bandung : Pustaka Setia, 2003), Hlm. 29-30.

Nurdin, Metode Active Learning Dalam Pendidikan Islam (Analisis Perbandingan Pemikiran Abdurrahman An-Nahlawi Dan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi), Tesis, Uin Jakarta, 2018, Hal. 102-103.

Omar Muhammad Al-Taomi Al-Syaibani, Falsafah Al-Tarbiyyah Al-Islamiah, (Tripoli, 1975) Hal. 187.

Undang-Undang, “No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” Bandung: Citra Umbara, 2003.

Unduhan

Diterbitkan

2021-03-09

Cara Mengutip

Nurfaizah, & Nur Mahmudi Ismail. (2021). METODE PENDIDIKAN PRESPEKTIF MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI. Istifkar, 1(1), 53–68. https://doi.org/10.62509/ji.v1i1.57