STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES SEBAGAI UPAYA PEMECAHAN MASALAH BELAJAR

Penulis

  • Camila Fatah Suroyya Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nehru Millat Ahmad Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.62509/ji.v2i2.67

Kata Kunci:

Multiple Intelligence, Strategies

Abstrak

Tulisan ini berusaha menjelaskan tentang penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam. Tulisan in merupakan hasil dari penelitian kualitatif yang dengan fokus penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data yang digunakan adalah data-data hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan pembelajaran berbasis multiple intelligences. Metode analisis deskriptif kualitatif digunakan sebagai pisau analisis tulisan ini. Hasil dari analisis tersebut adalah Multiple intelligences atau kecerdasan majemuk merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menciptakan, menjawab atau menyelesaikan suatu masalah baru. Setiap peserta didik mempunyai kecerdasan dengan kemampuan yang berbeda-beda. Peserta didik mempunyai cita-cita dan tentunya cita-cita setiap anak berbeda satu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu setiap peserta didik mempunyai keunikan tersendiri dalam kecerdasan dan pola berpikirnya. Peserta didik akan lebih mudah menguasai suatu bidang jika memang dia berbakat dalam bidang itu. Begitu juga dengan keterampilan yang dimiliki setiap anak, akan berbeda Jadi, pada dasarnya peserta didik mempunyai keahlian dan kecerdasan dalam bidangnya masing-masing. Dengan menggunakan metode yang sesuai dalam sebuah aktivitas pembelajaran. Maka akan tercipta proses dan hasil pembelajaran yang yang dimiliki setiap peserta didik.

Key Word : Multiple Intelligence, Strategies

Referensi

Afandi, M. (2014). Pendidikan Islam dan Multiple Intelligences. Riau: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Ahsan, M., Santoso, P. B., & Dahlan, H. S. (2015). Multiple Intelegence Menentukan Jurusan di SMA Menggunakan Teknik MultiAttribute Decision Making. Malang: Universitas Brawijaya.

Amir, A. (2013). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). Padang Sidempuan: Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Padangsidimpuan.

Aryani, A. D., Sudjito, D. N., & Sudarmi, M. (2014). Model Pembelajaran Berdasarkan Teori Multiple Intelligence yang Dominan Dalam Kelas Pada Materi Tekanan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Widyasari, F. E. (2016). Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Metode Multiple Intelligences. Bojonegoro: IKIP PGRI Bojonegoro.

Entin. (2015). Manajeman Pembelajaran Dalam Rangka Pengembangan Kecerdasan Majemuk Peserta Didik. Malang: Universitas Negeri Malang.

Hasanah, U. (2015). Konsep Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Dalam Perspektif Munif Chatib. Metro: Jurusan Tarbiyah STAIN Jurai Siwo Metro.

Latifah, M., Hernawati, N. (2009). Dampak Pendidikan Holistik Pada Pembentukan Karakter Dan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Prasekolah. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Muali, Chusnul. “Konstruksi Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Sebagai Upaya Pemecahan Masalah Belajar.” Jurnal Pedagogik 3, no. 2 (2016): 1–12.

Nurhidayati, Titin. “INOVASI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES.” Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2015): 24–56.

Rizal, M. & Wasis. (2012). Pengembangan LKS Fisika Berbasis Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Materi Alat Optik Pada Kelas VIII SMP Negeri 01 Madiun. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Rohman, N. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Cooperative Learning (CL) dan Group Investigation (GI) ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk Siswa. Bojonegoro: IKIP PGRI Bojonegoro.

Septiani, D., Ridlo, S., Setiati, N. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelligences Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. Semarang.

Setiawati, Lilis. “PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES LILIS SETIAWATI.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 6, no. 2 (2019): 140–50.

Syaikhu, Achmad. “STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES.” Jurnal Auladuna 2, no. 2 (2020): 59–75.

Wahyudi, Dedi, and Tuti Alafiah. “Studi Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam 8, no. 2 (2016): 255. https://doi.org/10.18326/mdr.v8i2.255-282.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-09

Cara Mengutip

Camila Fatah Suroyya, & Nehru Millat Ahmad. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES SEBAGAI UPAYA PEMECAHAN MASALAH BELAJAR. Istifkar, 2(2), 108–128. https://doi.org/10.62509/ji.v2i2.67