KOMPARASI KEBIJAKAN TUGAS AKHIR DALAM PERMENDIKBUD NO. 3 TAHUN 2020 DENGAN PERMENDIKBUDRISTEK NO. 53 TAHUN 2023.

Penulis

  • Afi Rizqiyah Universitas Negeri Islam Sunan Ampel Surabaya
  • Fayaz Mahassin Syifa’i Adienk Universitas Negeri Islam Sunan Ampel Surabaya
  • Eko Arif Ilhami A’abadia Universitas Negeri Islam Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.62509/ji.v3i2.90

Kata Kunci:

Komparasi, Tugas Akhir, Permendikbud, Permendikbudristek.

Abstrak

Di perguruan tinggi, seringkali mahasiswa terkendala dalam pengerjaan tugas akhir yang berbentuk skripsi, tesis, dan disertasi. Namun kebijakan terbaru dalam Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023 memberi tambahan opsi jenis tugas akhir bagi mahasiswa. Karena itu perlu dilakukan penelitian untuk mengkomparasikan peraturan menteri tersebut dengan Permendikbud No. 3 Tahun 2020 yang sebelumnya juga mengatur kebijakan tugas akhir. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif yakni penelitian yang tidak menggunakan prosedur analisis statisktik atau kuantifikasi lainnya. Sumber data utama penelitian ini adalah naskah Permendikbud No. 3 Tahun 2023 dan Permendikbud No. 53 tahun 2023 yang didukung sumber data sekunder dari berbagai referensi tertulis.Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembeda utama kebijakan tugas akhir Permendikbud No, 3 Tahun 2023 dan Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023 adalah pemberian opsi tugas akhir pada peraturan terbaru yang tidak hanya terbatas pada skripsi, tesis, dan disertasi, sehingga perguruan tinggi bisa menetapkan kebijakan tugas akhir sesuai dengan minat mahasiswa.

 

Referensi

Anggaeni, Puspita, and Bambang Sujatmiko, ‘Sistem Informasi Tugas Akhir Berbasis Web (Studi Kasus D3 Manajemen Informatika Te Ft Unesa)’, Jurnal Manajemen Informatika, 2.2 (2013), 37–45

Duryat, Masduki, Kepemimpinan Pendidikan (Meneguhkan Legitimasi Dalam Berkontestasi Di Bidang Pendidikan (Bandung: Penerbit Alfabeta, 2021)

Harmini, Sri, Heru Agus, and Tri Widjaja, ‘Pemetaan Problematika Mahasiswa Dalam Penyelesaian Tugas Akhir / Skripsi Pada Program Studi Pgsd Fip Um’, in Pgsd.Fip.Um.Ac.Id, 2012, pp. 129–46 <http://pgsd.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/17.pdf>

Khatibah, ‘Penelitian Kepustkaan’, Iqra, 05.01 (2011), 36–39

Machmud, Muslimin, Tuntutan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prinsip Dasar Penelitian Ilmiah (Malang: Penerbit Selaras, 2016)

Marr, Bernard, Future Skills: 20 Keterampilan Dan Kompetensi Yang Dibutuhkan Semua Orang Untuk Sukses Di Dunia Digital (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2023)

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, ‘Salinan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi’, 2023

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, ‘Salinan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi’, 2020

Nova Yanti, Hisny Fajrussalam, Nurlimah, ‘Kesiapan Mahasiswa Dalam Menyusun Tugas Akhir Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Dan Tadris Bahasa Inggris STAI Hubbulwathan Duri Nova’, Manusia Dalam Prespektif Agama Islam, 1.maret (2021), 151–62

Pasaribu, Mabel X. N, Harlin, and Imam Syofii, ‘Analisis Kesulitan Penyelesaian Tugas Akhir Skripsi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwajaya’, Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 3.No 1 (2016), 24–28 <https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/ptm/article/download/5346/3630>

S, Agus, Produk Kreatif Dan Kewirausahaan SML/MAK Kelas XI: Program Keahlian Teknik Mesin. Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan (Yogyakarta: ANDI, 209AD)

Siregar, Efrizal, and Dkk, Kompetensi Pedagogik Lulus P3K/CPNS (Medan: Cattleya Darmaya Fortuna, 2023)

Supriyatno, Hary, and Aries Hamidah, ‘Koleksi Repositori Sebagai Sarana Diseminasi Informasi Di Masa Pandemi’, Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 14.1 (2022), 16–29 <https://doi.org/10.37108/shaut.v14i1.651>

Tribun Lombok, ‘Nadiem Makarim Ganti Tugas Akhir Dari SKripsi Atau Disertasi Ke Prototype Atau Proyek’, 2023 <https://lombok.tribunnews.com/2023/08/29/nadiem-makarim-ganti-tugas-akhir-mahasiswa-dari-skripsi-atau-disertasi-ke-prototype-atau-proyek>

Wangid, M.N, and Sugiyanto, ‘Permasalahan, Skripsi’, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6.2 (2013), 19–28

Wieke Yuni Christina, Ludfi Djakfar, and Armanu Thoyib, ‘Pengaruh Budaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Proyek Konstruksi’, Jurnal Rekayasa Sipil, 6.1 (2012), 83–95

Wijaya, Umrati Henki, Analisis Data Kualitatif: Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan (Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020)

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-09

Cara Mengutip

Rizqiyah, A., Fayaz Mahassin Syifa’i Adienk, & Eko Arif Ilhami A’abadia. (2023). KOMPARASI KEBIJAKAN TUGAS AKHIR DALAM PERMENDIKBUD NO. 3 TAHUN 2020 DENGAN PERMENDIKBUDRISTEK NO. 53 TAHUN 2023. Istifkar, 3(2), 106–121. https://doi.org/10.62509/ji.v3i2.90