PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN 01 GALIH MELALUI PENDAMPINGAN BELAJAR DENGAN METODE FUN AND GAME BASED LEARNING

Penulis

  • Ahmad Solekhan Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • Hani Nisa’usalma Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • Muhammad Thoriq Miftahuddin Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • Lisa Indrawati Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • Shofi Ariani Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • Imron Ali Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • Alfian Nuril Khikam Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • Ahmad Ikhsan Fadlil Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • Luthfi Fatkhi M Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • Fathul Hidayatun Nisa Sekolah Tinggi Islam Kendal

Abstrak

Motivasi belajar merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan
pendidikan siswa sekolah dasar. Rendahnya motivasi belajar dapat berdampak pada
rendahnya hasil akademik serta kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses
pembelajaran. SDN 01 Galih merupakan salah satu sekolah dasar di Kabupaten Kendal
yang menghadapi tantangan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, terutama dalam
mata pelajaran yang dianggap sulit. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini
bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pendampingan belajar
dengan metode Fun and Game-Based Learning. Pendekatan ini diterapkan dalam bentuk
permainan edukatif, kuis interaktif, serta aktivitas berbasis kelompok yang dirancang
untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Hasil kegiatan
menunjukkan bahwa metode ini mampu meningkatkan partisipasi siswa dalam
pembelajaran, memperbaiki suasana kelas, serta meningkatkan pemahaman konsep
secara signifikan. Dengan demikian, metode Fun and Game-Based Learning dapat dijadikan
sebagai salah satu strategi alternatif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
di tingkat sekolah dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

Solekhan, A., Hani Nisa’usalma, Muhammad Thoriq Miftahuddin, Lisa Indrawati, Shofi Ariani, Imron Ali, Alfian Nuril Khikam, Ahmad Ikhsan Fadlil, Luthfi Fatkhi M, & Fathul Hidayatun Nisa. (2024). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN 01 GALIH MELALUI PENDAMPINGAN BELAJAR DENGAN METODE FUN AND GAME BASED LEARNING. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 131–138. Diambil dari https://jurnal.stik-kendal.ac.id/index.php/dimastika/article/view/168