STRATEGI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH ROUDLOTUL THOLIBIN DESA PUCUKSARI KECAMATAN WELERI KABUPATEN KENDAL

Penulis

  • Arina Sofa Dlofirotulmila Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • Camila Fatah Suroyya Sekolah Tinggi Islam Kendal

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peranan Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran dimadrasah Diniyah , mendeskripsikan tentang bagaimana pembelajaran Baca Tulis Al-Quran di Madrasah diniyah, bagaimana Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran di Madrasah Diniyah, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Baca Tulis Al-Quran. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik studi pustaka. Dengan tujuan untuk mencapai tujuan pendidikan Islam sebagai manusia yang memiliki iman dan takwa serta akhlak mulia dan membentuk cinta Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data ini menggunakan a) wawancara, b) observasi, c) dokumentasi. Hasil menunjukan bahwa strategi pembelajaran Baca Tulis Al-Quran yang diterapkan dalam madrasah diniyah Roudlotul Tholibin bagaimana pembelajaran Baca Tulis Al-Quran di Madrasah Diniyah  Roudlotul Tholbin Ada petunjuk yang dapat membantu kemampuan santri, Tingkat kefasihan siswa dalam membaca dan menulis ayat al-Qur’an, Sering diajaknya komunikasih/sesitanya jawab, Diberikan bimbingan/pengajaran oleh ustad, Penilaian hasil pekerjaan santri baik dengan tes lisan maupun tertulis atau cara lainya.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-09

Cara Mengutip

Arina Sofa Dlofirotulmila, & Suroyya, C. F. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH ROUDLOTUL THOLIBIN DESA PUCUKSARI KECAMATAN WELERI KABUPATEN KENDAL. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 144–160. Diambil dari https://jurnal.stik-kendal.ac.id/index.php/dimastika/article/view/176