PENDEKATAN REBT (RASIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPHY) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Penulis

  • Bakhrudin All Habsy Universitas Negeri Surabaya
  • Ach. Tegas Tri Cahyo Universitas Negeri Surabaya
  • Rania Surya Jelita Universitas Negeri Surabaya
  • Intan Nur Fadhilla Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.62509/jpai.v4i1.113

Kata Kunci:

Emotif Behaviour Therapy (REBT), Motivasi belajar

Abstrak

Pendekatan Rational Emotif Behaviour Therapy (REBT) merupakan suatu pandangan yang menyatakan bahwa setiap manusia memiliki kecenderungan berfikir secara irasional yang bisa diperoleh melalui belajar sosial. Rational Emotif Behaviour Therapy (REBT) memiliki tujuan menghilangkan suatu gangguan emosional yang berdampak merusak diri seseorang karena dapat menimbulkan perasaan misalnya cemas, benci, takut, rasa bermasalah, marah, dan sebagainya. Motivasi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi siswa/peserta didik. Tingkatan motivasi yang didapatkan oleh siswa/peserta didik akan mendorong mereka untuk belajar lebih keras, ulet, tekun serta berkonsentrasi yang penuh dalam suatu proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan. Dimana dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan REBT(Rasional Emotive Behavior Theraphy) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kepustakaan ini adalah dengan metode dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, buku, makalah atauartikel. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu Metode analisis isi (contentanalysis) dimana dalam analisis isi penelitiakan melakukan proses memilih, membandingkan, menggabungkan, memilah berbagai pengertian, hingga ditemukan yang relevan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa “Pendekatan REBT (Rasional Emotive Behavior Therapy) dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga mendorong motivasi belajar ketika peserta didik memiliki motivasi belajar yang rendah.

 

Referensi

Adiningsih, Muranti, Erik Teguh Prakoso, Usmani Haryanti, dan Eny Kusumawati, “Implementasi Rational Emotive Behaviour Therapy Dengan Teknik Relaksasi Untuk Mengurangi Kecemasan Menghadapi Ujian Siswa Kelas XII MIPA 2 Di SMA Negeri 1 Gondang Tahun Ajaran 2022 / 2023,” 2023, 2022–24

Ahmad Putra, Yulia Fitria, “RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY ( REBT ) DALAM MENANGANI KECEMASAN PASIEN PRA OPERASI GETAH BENING DI RSUP Dr . M . DJAMIL Ahmad Putra & Yulia Fitria Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta ABSTRAK Kecemasan yang dialami oleh sebagian besar p,” JURNAL AT-TAUJIH BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM, 3 (2020), 1–18

Aman, Vinsensius, “PENDEKATAN KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIORAL THERAPY ( REBT ) DENGAN TEKNIK DISPUTE KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI,” 1 (2020), 429–36 <https://doi.org/10.5281/zenodo.4285218>

Fakhriyani, Diana Vidya, Islakhatus Sa, Moh Ziyadul, dan Haq Annajih, “Pendekatan REBT Melalui Cyber Counseling untuk Mengatasi Kecemasan di Masa Pandemi COVID-19,” 11 (2021), 56–70 <https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i18463>

Fatimah Intan Nur’aini, Awik Hidayati, Aldila Fitri Radite Nur Maynawati Universitas, “RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY ( REBT ) COUNSELING TO INCREASE STUDENTS LEARNING MOTIVATION,” Journal of Islamic Educational Counseling, 3 (2022), 15–24 <https://doi.org/10.18326/pamomong.v3i1.15-24>

Fitria Kasih, Rahma Wira Nita, Hannysa Okta Fiyah Sani, Penerapan konseling REBT dalam mengentaskan afeksi overpersonal berbasis curahan kasih sayang pada peserta didik broken home, 2023, XI

Habsy, Bakhrudin All, Rania Surya Jelita, Intan Nur Fadhilla, dan Universitas Negeri Surabaya, “PENDEKATAN REBT (RASIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPHY) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA REBT,” Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4 (2024), 2184–2202

Hadi, Syamsul, “Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy ( REBT ) dengan Nilai Tafakkur untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Remaja Putra Panti Asuhan Darul Ihsan Prambanan Yogyakarta,” 10 (2020), 155–65

Kusumaningtyas, Yuniar Mima, dan Richma Hidayati, “Penerapan Rational Emotive Behavioral Therapy untuk Mereduksi Perilaku Hedonisme pada Siswa Kelas XII SMA 1 Bae Kudus,” 2 (2023), 70–82

Putri, Dhian Riskiana, dan Puji Prihwanto, “Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy ( Rebt ) Dalam Mengatasi Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir 1 st E-proceeding SENRIABDI 2021,” E-proceeding SENRIABDI 2021 Seminar, 1 (2021), 19–36

Putriani, Lisa, Tahta Media Group

Repalita, Sintia, Siti Suratini Zain, dan Noviana Diswantika, “PENERAPAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY ( REBT ) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KELAS XI SMK NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG,” 2023, 53–62

Sari, Selly Mayang, Dewi Purnama Sari, dan Rini Puspita Sari, “Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora Volume 2 Nomor 3 (2023) 11894,” 2 (2023), 11894–903

Septiani, Chofifah Khairi Ananda Ainul Masthura Aziz Dwi, dan Amir Hamzah Harahap, “PENDEKATAN REBT (RASIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPHY) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA,” Al Mursyid, 4 (2022)

Setiawan, Ifan, dan Heru Mugiarso, “Konseling Kelompok Berbasis Cybercounseling Pendekatan Rational Emotive Behaviour Theraphy ( REBT ) untuk Meningkatkan Kontrol Diri Siswa,” 4 (2021), 30–41

Sugiono, “metode penelitian kualitatif,” in bandung:alfa beta, 2018, hal. 96

Thalaba, Jurnal, Pendidikan Indonesia, Yusfan Yoga Prakoso, Siti Arifah, Agus Rizal, dan Article History, “Keefektifan Konseling Kelompok Rasional Emotif Behavior untuk Meningkatkan Self-Confidence Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan,” 06 (2023), 37–45

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-09

Cara Mengutip

All Habsy, B., Ach. Tegas Tri Cahyo, Rania Surya Jelita, & Intan Nur Fadhilla. (2024). PENDEKATAN REBT (RASIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPHY) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Istifkar, 4(1), 58–78. https://doi.org/10.62509/jpai.v4i1.113