PSIKOLOGI PENDIDIKAN PESERTA DIDIK PADA JENJANG SMP (Analisis Konsep Emosi Dan Konsep Diri Peserta Didik serta Pengaruhnya terhadap Kualitas Pembelajaran di SMP 1 Jenu Tuban)
DOI:
https://doi.org/10.62509/ji.v2i2.62Kata Kunci:
Konsep diri,Konsep emosi,Kematangan emosiAbstrak
Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 JENU KAB.TUBAN dengan tujuan penelitian untuk memahami pengaruh konsep diri dan konsep emosi terhadap diri para pelajar. Metode penelitian berupa survei korelasional. Penelitian yang digunakan adalah dengan mengklasifikasikan konsep diri dan konsep emosi setiap siswa yang akan dikaitkan dengan pemahaman terhadap dirinya sendiri. Setelah mengadakan penelitian dan menganalisis data, akhirnya peneliti dapat menarik simpulan bahwa artikel ini membahas tentang konsep emosi dan konsep diri siswa serta pengaruhnya pada jenjang SMP. Konsep emosi merupakan kecakapan yang dimiliki seseorang dalam hal pengendalian diri, pengelolaan stress, berempati dan membina hubungan antar sesama. Sedangkan konsep diri merupakan gambaran mental individu tentang dirinya sendiri. Penelitian menunjukkan bahwa konsep diri positif siswa berpengaruh terhadap kematangan emosional siswa pada jenjang SMP. Selain itu, kecerdasan emosional dan konsep diri siswa juga berpengaruh terhadap kemampuan mengajar guru taman kanak-kanak. Pendidikan berkualitas yang mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni diperlukan untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional dibidang pendidikan. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk memahami konsep emosi dan konsep diri siswa serta memperhatikan pengaruhnya pada proses pembelajaran di jenjang SMP.
Referensi
Asy’ari, M., Ekayati, I. N., & Matulessy, A. (2014). Konsep diri, kecerdasan emosi dan motivasi belajar siswa. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(1), 83-89.
Haryati, T. D. (2013). Kematangan emosi, religiusitas dan perilaku prososial perawat di rumah sakit. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2).
Khsan, Muhamad. "Pengaruh kecemasan matematis terhadap hasil belajar matematika." De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika 2.1 (2019): 1-6.
Maulidha, E, & Salehudin M. (2021) KEMATANGAN EMOSI MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI SEBUAH STUDI KEPUSTAKAAN AHSyra Jurnal Bimbingan. Penyuluhan dan Konseling Islam 4(1), 59-70.
Muawanah, L. B., & Pratikto, H. (2012). Kematangan emosi, konsep diri dan kenakalan remaja. Jurnal Psikologi Tabularasa, 7(1).
Nursalim, M., dkk. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019.
Pratiwi, Ika Wahyu, and Putri Agustin Larashati Handayani. "KONSEP DIRI REMAJA YANG BERASAL DARI KELUARGA BROKEN." Jurnal Psikologi Pendidikan dan Pengembangan SDM 9.1 (2020): 17-32.
Santoso, Erik. "Kecemasan Matematis: What and How?." Indonesian Journal of Education and Humanity 1.1 (2021): 1-8.
Saputro, Yusup Adi, and Rini Sugiarti. "Pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan konsep diri terhadap penyesuaian diri pada siswa SMA kelas X." Philanthropy: Journal of Psychology 5.1 (2021): 59-72.
Yapono, F. (2013). Konsep-Diri, Kecerdasan Emosi Dan Efikasi-Diri. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3).

