DAMPAK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK REMAJA DI ERA MODERNISASI

Penulis

  • Naela Noviatul Izza UIN KH. Abdurrahmad Wahid
  • Kahfi Kiem Arseta Universitas Islam Negeri Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Alvi Kamalia Universitas Islam Negeri Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Wina Alya Ramadhani Universitas Islam Negeri Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Dian Rif’iyati Universitas Islam Negeri Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.62509/jpai.v5i1.142

Kata Kunci:

Modernisasi; Pendidikan Agama Islam; Akhlak remaja; Kesadaran spiritual; Teknologi digital

Abstrak

Era modernisasi membawa perubahan besar dalam kehidupan, termasuk pembentukan karakter remaja. Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam membentuk akhlak mulia di tengah tantangan modern, seperti pengaruh budaya asing dan teknologi. Fenomena ini membawa dampak besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan, budaya, dan agama. Di satu sisi, kemajuan teknologi dan informasi membuka cakrawala pengetahuan yang luas. Di tengah era modernisasi, remaja menjadi kelompok yang paling rentan terpengaruh oleh perubahan tersebut. Dijelaskan dengan jelas dalam Alquran betapa pentingnya akhlak bagi kehidupan manusia, dengan berbagai pendekatan yang menjelaskan Alquran sebagai sumber pengetahuan tentang nilai dan akhlak. Untuk menjelaskan akhlak yang mulia, gunakan pendekatan konseptual dan penghayatan daripada pendekatan teoritis.  Artikel ini membahas dampak positif dan negatif pendidikan agama Islam, tantangan yang dihadapi, serta solusi untuk menjawab tantangan tersebut. Dampak positif meliputi pembentukan kepribadian mulia, peningkatan kesadaran spiritual, pencegahan perilaku menyimpang, dan peningkatan integritas sosial. Namun, tantangan seperti pendekatan dogmatis, polarisasi sosial, serta kurangnya relevansi kurikulum dengan isu kontemporer menjadi tantangan utama yang perlu diatasi. Solusi yang diusulkan mencakup peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan berbasis inovasi, pengembangan kurikulum kontekstual yang relevan dengan dinamika era modern, dan integrasi teknologi digital untuk mendukung pembelajaran yang lebih menarik. Teknologi, seperti aplikasi interaktif berbasis nilai Islam, dapat menjadi alat yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai agama kepada siswa. Penelitian menunjukkan bahwa siswa yang terpapar pada pendekatan pendidikan agama yang inovatif dan relevan cenderung memiliki pemahaman yang lebih baik tentang nilai-nilai moral, serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. pendidikan berbasis agama memiliki potensi besar dalam membentuk karakter remaja yang kuat dan berintegritas di tengah tantangan modernisasi. Namun, keberhasilan implementasinya membutuhkan komitmen semua pihak, termasuk pendidik, orang tua, dan masyarakat. Dengan pendekatan yang tepat, PAI dapat menjadi benteng moral yang kokoh bagi generasi muda untuk menghadapi perubahan zaman tanpa kehilangan nilai-nilai luhur yang menjadi identitas mereka.

Referensi

Adi, A. P., H Sa'diah, and N.F. Khanani. 2014. "Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa." Uin Syarif Hidayatullah, 3(2) 749–760.

Ali, Mukti. 2020. Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: UAD Press.

Darajat, Zakiah. 2016. Pendidikan Agama dalam Membentuk Kepribadian Muslim. Jakarta: Bulan Bintang.

Fatimah, N. 2020. Peran Literasi Digital dalam Pendidikan Agama Islam. . Jakarta: Gramedia.

Hakim, A. 2021. "Pendidikan Agama Islam dalam Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 18(2)." Jurnal Pendidikan Islam, 18(2).

Harun, M. 2020. Pluralisme dalam Pendidikan Islam. . Semarang: Pustaka Rizki.

Hasanudin, A. 2021. Kritik terhadap Dogmatisme dalam Pendidikan Agama Islam. . Surabaya: ITS Press.

Jamil, Sofwan. 2020. "Peran Pendidikan Agma Islam Dalam Membentuk Karaktera Generasi Muda." Jurnal WISTARA: Jurnal Pendidikakn Bahasa dan Sastra 1(2).

Latifah, and Dodi Irawan. 2023. "Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Penyimpangan AkhlakRemaja. ." Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1).

Mukhlis, S. 2021. Dampak Globalisasi terhadap Pendidikan Islam. Bandung: Mizan.

Nasution, A. 2020. "Modernisasi dan Tantangan Pendidikan Karakter dalam Islam." Jurnal Sosial dan Pendidikan, 12(3) 102-110.

Rahmatullah, A. 2018. Efek Pendidikan Agama pada Pencegahan Kenakalan Remaja. Bandung: Alfabeta.

Subur, Subur. 2016. "Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Perkembangan Jiwa Remaja." Jurnal Tarbiyatun 7(2).

Yatayukti , A. N., S. A. Putri, and N Mufidah. 2024. "Krisis Akhlak Dan Sosial Pada Manusia Modern Saat Masa Remaja Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam." Jurnal Al-Qayyimah, 7(1).

Yusuf, A. 2019. Pendidikan Islam dan Harmoni Sosial. . Malang: UMM Press.

Zuhdi, Muhammad. 2018. "Modernization of Islamic Education in Indonesia." Journal of Indonesian Islam, 12(1).

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-03

Cara Mengutip

Noviatul Izza, N., Kahfi Kiem Arseta, Alvi Kamalia, Wina Alya Ramadhani, & Dian Rif’iyati. (2025). DAMPAK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK REMAJA DI ERA MODERNISASI. Istifkar, 5(1), 24–37. https://doi.org/10.62509/jpai.v5i1.142

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama