PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PERSPEKTIF INKLUSIFITAS
DOI:
https://doi.org/10.62509/jpai.v5i1.138Kata Kunci:
Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Inklusivitas, Anak Berkebutuhan KhususAbstrak
Abstrak
Pendidikan Agama Islam memiliki peran strategis dalam membentuk kepribadian religius setiap individu, termasuk anak berkebutuhan khusus. Dalam perspektif inklusivitas, Pendidikan Agama Islam harus dirancang untuk memberikan akses yang setara dan relevan bagi semua peserta didik tanpa memandang perbedaan kemampuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Artikel ini membahas tiga sub-pembahasan utama: (1) hubungan antara Pendidikan Agama Islam dan inklusivitas, yang menyoroti pentingnya pendekatan yang menghargai keberagaman kemampuan dalam proses pendidikan; (2) tantangan dalam penerapan Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus, seperti keterbatasan tenaga pendidik terlatih, kurangnya sumber belajar yang adaptif, serta stigma sosial; dan (3) strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang inklusif, meliputi pengembangan kurikulum fleksibel, penggunaan teknologi bantu, pelibatan orang tua, dan pelatihan intensif bagi pendidik. Artikel ini menyimpulkan bahwa penerapan inklusivitas dalam Pendidikan Agama Islam tidak hanya meningkatkan aksesibilitas pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus, tetapi juga berkontribusi pada pembentukan lingkungan pembelajaran yang adil dan humanis. Dengan strategi yang tepat, Pendidikan Agama Islam dapat menjadi sarana efektif untuk memberdayakan anak berkebutuhan khusus dalam menginternalisasi nilai-nilai keagamaan secara optimal.
Referensi
Amalia, Sarah, Winarto Eka Wahyudi, and Dwi Aprilianto. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Berkebutuhan Khusus.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 10, no. 2 (2023): 215. https://doi.org/10.36667/jppi.v10i2.705.
Anshori. “Disabilitas Menurut Al-Qur’an (Tafsir Kontekstual QS. ’Abasa (80): 1-10).” JALSAH: The Journal of Al-Quran and as-Sunnah Studies 1, no. 1 (2022): 34–45.
Ansyoriyah Rofaidah, Maftuh. “STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH INKLUSI.” Jurnal Ilmiah Nusantara ( JINU) 1, no. 6 (2024).
Asiatun, Siti, Heny Kusmawati, Syaiful Ma’arif, Komarudin Komarudin, Moh Rizal Muttaqin, and Mujib Zuhdi. “Strategi Pembelajaran Inklusi.” Journal on Education 5, no. 2 (2023): 3572–79. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1039.
Asiyah, Asiyah, Dayun Riadi, and Loresa Maya Sari. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Inklusi Di SMP Muhammadiyah 2 Curup Selatan.” Al-Bahtsu : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 4, no. 2 (2019): 195.
Candra Pratiwi, Jamilah. “Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,” no. November (2015): 237–42.
Fakhiratunnisa, Safira Aura, Asyharinur Ayuning Putriana Pitaloka, and Tika Kusuma Ningrum. “Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus.” Masaliq 2, no. 1 (2022): 26–42. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83.
Fuadiy, M. Rizal. “Evaluasi Pembelajaran Sebagai Sebuah Studi Literatur.” DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2021): 173–97. https://doi.org/10.58577/dimar.v3i1.83.
Futuhal Aripin, Zezen, Uus Ruswandi, and Abdul Aziz Muhammad. “Desain Pembelajaran Model Dick and Carey Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Islamic Religion Education Conference 10, no. 1 (2022): 68–79.
Izzatun Ni’mah, Ulya Nur, Aminullah Elhady, and Triono Ali Mustofa. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Siswa Inklusi Di Sekolah Menengah Pertama Kelas Delapan.” Aulad: Journal on Early Childhood 7, no. 1 (2024): 104–14. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i1.589.
Kurniasih, Enok Siti, and Nita Priyanti. “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi Terhadap Kemampuan Literasi Baca, Tulis Dan Numerasi Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Potensia 8, no. 2 (2023): 398–498. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.398-498.
Kurniati, Dewi, and Munawir Yusuf. “ANALYSIS OF THE NEEDS FOR THE DEVELOPMENT OF VOCATIONAL SKILLS EDUCATION PROGRAM EVALUATION” 3, no. 1 (2019): 15–21.
Mansir, Firman. “Paradigma Pendidikan Inklusi Dalam Perspektif Pendidikan Islam: Dinamika Pada Sekolah Islam.” Tadrib 7, no. 1 (2021): 1–17.
Minsih. Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar: Merangkul Perbedaan Dalam Kebersamaan. Vol. 1. Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2020.
Mu’awwanah, Uyu, Ricka Tesi Muskania Uswatun Hasanah Imas Mastoah, Sulistyani Puteri Ramadhan Nur Latifah, Robiatul Munajah Ana Nurhasanah Rossi Iskandar, and Luthfi Hamdani Maula. Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Media Madani. Vol. 1, 2015.
Mumpuniarti. Pembelajaran Akademik Bagi Tunagrahita. Yogyakarta: FIP UNY, 2007.
Munifah, Munifah, and Bagus Ardiyansyah. “Sinergi Pendampingan Sebagai Modal Pembelajaran Pendidikan Inklusif Di PKBM Yogyakarta.” Inklusi 8, no. 2 (2022): 149–62. https://doi.org/10.14421/ijds.080205.
Nurfaidah, Cantika, Rasmitadila, and Hanrezi Dhania Hasnin. “Strategi Pengelolaan Kelas Inklusif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus ( ABK ) Dalam Kegiatan Pembelajaran Di SDN Tenjoayu.” Karimah Tauhid 3, no. 6 (2024): 6171–89.
Nurrahma, Amalia Sabilillah. “PEMENUHAN TARGET KURIKULUM OLEH PESERTA DIDIK YANG BERAGAM MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI Kata Kunci.” Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial 4, no. 3 (2024). https://doi.org/10.17977/um063.v4.i3.2024.4.
Phytanza, Diajeng Tyas Pinru, Ridwan Agustian Nur, Hasyim, Adam M Mappaompo, Silatul Rahmi, Adolfina Oualeng, Putri Sari MJ Silaban, Suyuti, Iswati, and Bahrul Sri Rukmini. Pendidikan Inklusif: Konsep, Implementasi, Dan Tujuan. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2023.
Purnomo, Edi. “Kebutuhan Guru Sekolah Dasar Inklusi Dalam Meningkatkan Kompetensi Melalui Media Video The Need of Primary School Inclusion Teachers to Increase Competence.” Kwangsan 4, no. 2 (2016): 95–109.
Putra, Wahyu Hanafi, Mahmudah Mahmudah, Tulus Musthofa, and Nasiruddin Nasiruddin. “Medan Makna Ayat-Ayat Pendidikan Inklusif Dalam Al-Qur’an.” Aphorisme: Journal of Arabic Language, Literature, and Education 4, no. 2 (2024): 195–208. https://doi.org/10.37680/aphorisme.v4i2.4602.
Rohmah, Mamah Siti. “Pendidikan Agama Islam Dalam Setting Pendidikan Inklusi.” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2010.
Romadhon, Muhamad, Arita Marini, and Mohamad Syarif Sumantri. “Kebijakan Pendidikan Inklusi Sebuah Solusi Di Sekolah Dasar.” Jurnal Elementaria Edukasia 4, no. 1 (2021): 109–15. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3085.
Saichul Anam. “ISLAM, INKLUSI SOSIAL DAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN.” Istifkar: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2023): 89–105.
Saori, S., & Nurhayati, M. “Teachers’ Strategies In Teaching Reading Comprehension.” Academy of Education Journal 15, no. 1 (2024).
Sumantri, Budi Agus. “Pendidikan Inklusif Dalam Surat Al-Hujurat Ayat 10-13 Dan Surat Abasa Ayat 1-10: Perspektif Mufassir Klasik Dan Kontemporer.” The 2nd ICODIE Proceedings, no. 3-4December 2019 (2019): 125–39.
Suyitno. Metode Penelitian Kualitatif Konsep, Prinsi Dan Operasionalnya. Edited by Ahmad Tanzeh. Tulung Agung: Akademia Pustaka, 2018.
Thompson, Jenny, Eka Widayati, Johanes Trihartanto, and Ratri Medya. Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Erlangga, 2014.
Wafiqni, Nafia, Neli Rahmaniah, and Asep Supena. “Strategi Pembelajaran Untuk Anak Berkesulitan Belajar Di Sekolah Inklusif.” Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar 15, no. 1 (2023): 95–112. https://doi.org/10.32678/primary.v15i1.7800.
Wiranti, Septi. “Pendekatan Inklusif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Mengoptimalkan Potensi Siswa Berkebutuhan Khusus.” GUAU Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 1 (2024).