EXAMINING THE ROLE OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN MITIGATING THE ADVERSE EFFECTS OF GADGET ADDICTION ON THE MORAL DEVELOPMENT OF GENERATION ALPHA: AN ANALYTICAL PERSPECTIVE

Penulis

  • Sydneyis Nurfaizah universitas islam negeri walisongo semarang
  • Makmur Sofyan Mustofa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Mahmud Iqbal Mustofa Universitas Islam Negeri Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.62509/jpai.v5i1.171

Kata Kunci:

Islamic religious education; gadget addiction; morality; Alpha generation; Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengurangi dampak negatif kecanduan gadget terhadap akhlak generasi Alpha. Generasi ini tumbuh di tengah pesatnya perkembangan teknologi, yang rentan menyebabkan dampak buruk akibat penggunaan gadget yang berlebihan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui tinjauan pustaka, yang mencakup artikel, jurnal ilmiah, buku, dan laporan penelitian terkait. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moral generasi Alpha, khususnya dalam mengatasi kecanduan gadget. Pendidikan Agama Islam memberikan arahan tentang penggunaan teknologi yang bijak dan membekali generasi muda dengan nilai-nilai moral yang dapat menyeimbangkan penggunaan gadget dengan kehidupan sosial mereka. Peran orang tua dan pendidik dalam pengawasan juga diperlukan untuk mencegah dampak negatif seperti sifat antisosial, etika komunikasi yang buruk, dan melemahnya rasa empati. Kecanduan gadget juga dapat berdampak pada kesehatan fisik dan psikologis anak. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan wawasan tentang pentingnya integrasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pendidikan untuk mengatasi dampak negatif teknologi terhadap moral dan akhlak generasi Alpha. Dengan demikian, Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat menjadi solusi untuk menjaga akhlak generasi muda di era digital ini.

Referensi

Ahmad, Nehru Millat. “Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kisah Luqman (Aplikasi Intertekstualitas Julia Kristeva QS Al-Luqman Ayat 12-19).” Istifkar 1, no. 1 (2021): 82–96.

Aslamiyah, Ditya, I Wayan Suberata, dan Darsono. “Dampak Penggunaan Gadget terhadap Moral dan Etika Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 5, no. 1 (29 November 2024): 223–32. https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.491.

Bailey, Jakki O, dan Jeremy N Bailenson. “Considering virtual reality in children’s lives.” Journal of Children and Media 11, no. 1 (2017): 107–13.

Faqihuddin, Achmad, dan Risris Hari Nugraha. “Model Pendidikan Muslim Millennial Parents dalam Membina Akhlak Generasi Alpha.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 6 (31 Desember 2023): 7785–99. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4884.

Farahiyah, Fildzah, Nita Rosalita, dan Okti Hazrati. “The Impact of Gadgets on the Social and Emotional Development of Early Childhood.” INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research 1, no. 2 (2024): 80–90.

Fathimah, Siti, dan Mario Erick Wantah. “Analisys of Using Gadget Analisys in Social Interraction Skills of Children.” Journal Civics and Social Studies 6, no. 1 (6 Juni 2022): 25–36. https://doi.org/10.31980/civicos.v6i1.1612.

Fauzi, Isman, Suhirman Suhirman, dan Ahmad Suradi. “Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Pada Generasi Abad 21 dan Implikasinya Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MAN Kaur.” Innovative: Journal Of Social Science Research 4, no. 1 (2024): 9882–91.

Fikriyah, Samrotul, Annisa Mayasari, Ulfah Ulfah, dan Opan Arifudin. “Peran orang tua terhadap pembentukan karakter anak dalam menyikapi bullying.” Jurnal Tahsinia 3, no. 1 (2022): 11–19.

Heriansyah, Heriansyah, Indri Astuti, dan Afandi Afandi. “ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN THE FAMILY, DIGITAL PARENTING IN THE ERA OF GENERATION ALPHA STUDENT PERCEPTIONS OF PAI FTIK IAIN PONTIANAK.” Khatulistiwa 13, no. 1 (12 Mei 2023): 74–87. https://doi.org/10.24260/khatulistiwa.v13i1.2351.

Huda, M Sukri Afkharul, Sariman Sariman, dan Mohamad Khasanudin. “Strategy of Islamic Religious Education Teachers in Improving the Islamic Character of Students.” Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme 4, no. 2 (26 Mei 2022): 58–70. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1439.

Ismail, Irfan, dan Mulyawan Safwandy Nugraha. “THE FUNCTION OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN RENEWING CHACATER BUILDING.” INTIHA: Islamic Education Journal 1, no. 2 (3 Juni 2024): 72–81. https://doi.org/10.58988/intiha.v1i2.268.

Juniah, dan Edita Revine Siahaan. “HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERUBAHAN INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK.” Jurnal Keperawatan Bunda Delima 4, no. 2 (28 Agustus 2022). https://doi.org/10.59030/jkbd.v4i2.45.

Khaerul, Khaerul, dan M. Ali Hafid R. “Efforts of Islamic Religious Education Teachers in Responding to the Impact of Using Gadgets on Students.” El -Hekam 8, no. 1 (2 Juni 2023): 57. https://doi.org/10.31958/jeh.v8i1.9417.

Khoirunnisa, Ilmi Sabrina. “Membentuk karakter anak usia dini melalui permainan tradisional.” JECED: Journal of Early Childhood Education and Development 3, no. 2 (2021): 77–83.

Mahendra, Juandra Prisma. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini.” Jurnal Riset Pendidikan Dan Pengajaran 2, no. 1 (2023): 1–6.

Manuputty, Peter, Irwan Soulisa, Juneth N Wattimena, Frenny S Pormes, dan Agustinus G Gifelem. “DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU BULLYING DI SMA NEGERI 2 KABUPATEN SORONG.” J-DEPACE (Journal of Dedication to Papua Community) Jurnal Pengabdian Masyarakat 6, no. 2 (2023): 89–95.

Mubarok, Ahmad Aly Syukron Aziz Al. “Optimizing the Role of Parents in Internalizing the Islamic Education Values of the Alpha Generation in the Digital Era.” Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam) 7, no. 1 (20 Juli 2024): 1–12. https://doi.org/10.23971/mdr.v7i1.8057.

Muhammad Fiqri Abdul Thoriq dan Taukhid Mubarok. “Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Siswa di SDN Banjaranyar 05 Brebes.” Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (7 Maret 2024): 249–60. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i2.212.

Munawir, Munawir, Fina Alfiana, dan Sekar Putri Pambayun. “Menyongsong Masa Depan: Transformasi Karakter Siswa Generasi Alpha Melalui Pendidikan Islam yang Berbasis Al-Qur’an.” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 1 (2 April 2024): 1–11. https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i1.628.

Mustofa, Mahmud Yunus. “Building Ta’awun and Tasamuh Capability in the Classroom: An Ethnography Research on Inclusive Madrasa in Indonesia.” Design and Implementation for the Future in Education 36 (2022).

Mustofa, Mahmud Yunus, Abdurrahman Mas’ ud, dan Misbah Zulfa Elizabeth. “Hybrid Pesantren in Indonesia; Analyzing the Transformation of Islamic Religious Education in the Digital Age.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 14, no. 1 (2023): 79–104.

Ne’matullah, Khairul Firdaus, Nabilah Abd Talib, Rita Wong Mee Mee, Lim Seong, Saturia Amiruddin Pek, dan Md Rosli Ismail. “The impact of outdoor play on children’s well-being: A scoping review Dampak bermain di luar ruangan pada kesejahteraan anak: Tinjauan pelingkupan.” Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik 35, no. 3 (2022): 282–96.

Nudin, Burhan. “Konsep Pendidikan Islam Pada Remaja di Era Disrupsi Dalam Mengatasi Krisis Moral.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 11, no. 1 (17 Juli 2020): 63. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).63-74.

Prayudi, Andi. “Pengaruh Gadget dalam Penurunan Tingkat Penglihatan pada Remaja.” Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran 2, no. 1 (2023): 1–20.

Sakoan, Siskawaty. “Agama dan pembentukan karakter generasi alfa di era postdigital.” Jurnal Teruna Bhakti 6, no. 2 (2024): 178–88.

———. “Agama dan Pembentukan Karakter Generasi Alfa di Era Postdigital.” JURNAL TERUNA BHAKTI 6, no. 2 (2 Maret 2024): 178. https://doi.org/10.47131/jtb.v6i2.201.

Sianturi, Yohana R. U. “PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR.” Jurnal Kewarganegaraan 5, no. 1 (4 Juni 2021): 276–84. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1430.

Siti Nur Kholifah, Sistya Pratiwi, dan Chanifudin Chanifudin. “Degradasi Moral Dalam Pendidikan Karakter Islam Peserta Didik Akibat Dari Penggunaan Gadget Tanpa Pengawasan Intensif.” Ta’rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini 5, no. 2 (31 Mei 2024): 138–46. https://doi.org/10.59059/tarim.v5i2.1313.

Snyder, H. “Literature review as a research methodology: An overview and guidelines.” Journal of Business Research, 2019. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039.

Sukari, Sukari, dan Haerullah Haerullah. “Tantangan Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Generasi Milenial.” TSAQOFAH 4, no. 6 (14 Oktober 2024): 4004–21. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i6.3940.

Terry, Gareth, Nikki Hayfield, Victoria Clarke, dan Virginia Braun. “Thematic analysis.” The SAGE handbook of qualitative research in psychology 2, no. 17–37 (2017): 25.

Wantini, Wantini, Reni Sasmita, Oqy Andaresta, Yuike Silvira, Rika Wulandari, dan Septiani Azzahra. “Revolutionizing Islamic Education: The Primary Role of Teachers in Society 5.0 Learning Process.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 15, no. 3 (18 September 2023): 3144–55. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.3362.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-03

Cara Mengutip

Nurfaizah, S., Makmur Sofyan Mustofa, & Mahmud Iqbal Mustofa. (2025). EXAMINING THE ROLE OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN MITIGATING THE ADVERSE EFFECTS OF GADGET ADDICTION ON THE MORAL DEVELOPMENT OF GENERATION ALPHA: AN ANALYTICAL PERSPECTIVE. Istifkar, 5(1), 113–129. https://doi.org/10.62509/jpai.v5i1.171