ANALISIS PANDANGAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: REKONSTRUKSI KONSEP DAN PRAKTIKNYA
DOI:
https://doi.org/10.62509/jpai.v5i1.158Kata Kunci:
Pendidikan multikultural; Pendidikan agama Islam; Keberagaman; Toleransi.Abstrak
Pendidikan multikultural berperan penting dalam membangun masyarakat yang inklusif dan harmonis, terutama di tengah keberagaman etnis, agama, dan budaya. Dalam perspektif pendidikan agama Islam, nilai-nilai multikultural yang berlandaskan Al-Qur'an dan Hadis dapat diintegrasikan untuk menciptakan siswa yang toleran, inklusif, dan mampu menghargai perbedaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji landasan filosofis Islam yang mendukung pendidikan multikultural dan bagaimana nilai-nilai tersebut dapat diterapkan dalam kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah formal. Menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka, penelitian ini menganalisis data dari sumber primer dan sekunder untuk mengidentifikasi prinsip-prinsip Islam yang relevan, seperti keadilan, toleransi, dan tanggung jawab kolektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai multikultural dalam ajaran Islam mampu menjadi fondasi kuat untuk mendorong kerukunan antarumat beragama, meningkatkan pemahaman lintas budaya, dan menciptakan masyarakat yang lebih damai. Studi ini menegaskan urgensi integrasi nilai-nilai multikultural dalam pendidikan agama Islam sebagai langkah strategis dalam menghadapi tantangan globalisasi dan mewujudkan stabilitas sosial di Indonesia.
Referensi
Ahmad, Hasbullah. “Integrasi Al-Qur’an Dan Ilmu Sosial (Kontekstualitas Al-Qur’an Dalam Kehidupan Bermasyarakat).” Ulumul Qur an Jurnal Kajian Ilmu Al-Qur an Dan Tafsir 1, no. 2 (2021): 1–15. https://doi.org/10.58404/uq.v1i2.69.
Anwar, Muhammad H. “Ketimpangan Aksesibilitas Pendidikan Dalam Perpsektif Pendidikan Multikultural.” Foundasia 13, no. 1 (2022): 1–15. https://doi.org/10.21831/foundasia.v13i1.47444.
Arfa, Arman Man, and Mohammad Amin Lasaiba. “Paradigma Pendidikan Di Indonesia Berbasis Multi Etnik (Telaah Entitas, Strategi, Model Dan Evaluasi Pembelajaran.” JENDELA PENGETAHUAN 16, no. 1 (April 4, 2023): 1–12. https://doi.org/10.30598/jp16iss1pp1-12.
Bahri, Syamsul. “The Role of Islamic Education in Realizing Social Interaction Based on Multiculturalism Among Students of Different Religions in Elementary Schools.” International Journal of Islamic Education Research and Multiculturalism (Ijierm) 1, no. 1 (2019): 1–17. https://doi.org/10.47006/ijierm.v1i1.2.
Burhan Djamaluddin, Syamsul Bahri, Abdul Halim, Nurlailah, and Muhammad Chabibi. “Deradicalization Through Multicultural Islamic Religious Education at The Islamic University.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 3 (November 2, 2024): 646–63. https://doi.org/10.31538/nzh.v7i3.34.
Camelia, Allyvia, and Nikmah Suryandari. “Pendidikan Multikultural: Sebuah Perspektif Global.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2021. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1649.
Creswell, John W. “Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed,” 2012.
el-Feyza, Muhafizah. “Membaca Tren Edukasi Al-Qur’an Pada Masyarakat Millenials (Studi Analisis Pada Platform “SYARIHUB.ID).” Taujih Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2023): 57–68. https://doi.org/10.53649/taujih.v5i1.332.
Firman, Firmansyah. “Membangun Kehidupan Beragam : Kajian Tahlili Qs. AL Hujurat Ayat 13.” Jurnal Al-Mubarak Jurnal Kajian Al-Qur an Dan Tafsir 8, no. 2 (2024): 47–60. https://doi.org/10.47435/al-mubarak.v8i2.2418.
Halili, Heri R. “Kajian Metode Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Usia Dewasa Dengan Pendekatan Konsep Andragogi.” Imtiyaz Jurnal Ilmu Keislaman 5, no. 2 (2022): 98–108. https://doi.org/10.46773/imtiyaz.v5i2.262.
Handriawan, Dony. “Wawasan Al-Qur’an Tentang Pendidikan Multikultural Menuju Wasaṭiyyatul Islam.” El-Hikmah Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam 12, no. 1 (2018): 65–90. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v12i1.240.
Huda, Mualimul. “Islamic Education Learning Management Based on Religious Moderation Values.” Mindset Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2022, 62–75. https://doi.org/10.58561/mindset.v1i1.27.
Husin, Husin. “Prinsif Dasar Metodologi Pengajaran Pendidikan Agama Islam,” 2018. https://doi.org/10.31219/osf.io/6jqgc.
Jalwis, Jalwis, and Nicolas Habibi. “Konstruk Pendidikan Multikultural (Studi Urgensi Integrasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Kurikulum Pendidikan).” Tarbawi Jurnal Ilmu Pendidikan 15, no. 2 (2019): 233–47. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i02.453.
Khawash, Faliech S. “Penafsiran Ayat-Ayat Toleransi Dalam Tafsir Al-Azhar Dan Al-Misbah Serta Implementasinya Terhadap Masyarakat Indonesia.” Al-Fahmu Jurnal Ilmu Al-Qur an Dan Tafsir 3, no. 1 (2024): 1–15. https://doi.org/10.58363/alfahmu.v3i1.74.
Mabrur, Hajjin, and Saehu Abas. “Hermeneutik Sebagai Tawaran Metodologis Dalam Menafsirkan Al-Quran Yang Diperdebatkan.” Setyaki Jurnal Studi Keagamaan Islam 1, no. 1 (2023): 78–89. https://doi.org/10.59966/setyaki.v1i1.251.
Miskahuddin, Miskahuddin. “Filosofi Pembinaan Anak Shalih Dalam Konsep Al-Qur’An.” Jurnal Ilmiah Al-Mu Ashirah 19, no. 1 (2022): 84. https://doi.org/10.22373/jim.v19i1.12744.
Moussa, Nahla M. “Promoting Multicultural Education in the Middle East: Perception and Practice.” International Journal of Learning Teaching and Educational Research 22, no. 11 (2023): 303–20. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.11.16.
Muhayati, Siti. “Integrasi Materi Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Menangkal Radikalisme.” Syntax Idea 3, no. 6 (2021): 1477–93. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v3i6.1235.
Muhibban. “Pemberdayaan Ekonomi Berlandaskan Maslahah Dalam Hukum Islam.” Jurnal Kajian Islam Modern 10, no. 01 (2023): 34–45. https://doi.org/10.56406/jkim.v10i01.311.
Murtadlo, Ghulam. “Mendalami Living Qur’an: Analisis Pendidikan Dalam Memahami Dan Menghidupkan Al-Qur’An.” Pandu 1, no. 2 (2023): 112–18. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i2.206.
Mustafida, Fita. “Integrasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 4, no. 2 (2020): 173–85. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.191.
Nisa, Sofia A Z. “Konsep Toleransi Dalam Keberagaman: Analisis Atas Penafsiran Q 49: 13 Dalam Al-Qur’an Dan Tafsir Kemenag Versi Website.” Contemporary Quran 1, no. 1 (2021): 40. https://doi.org/10.14421/cq.2021.0101-05.
Nur’aini, Nur’aini. “Kecerdasan Emosional, Intelektual, Spiritual, Moral Dan Sosial Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam Perspektif Al-Qur’An.” Jurnal Educatio Fkip Unma 9, no. 4 (2023): 1783–90. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5867.
Oktonika, Edisa. “Kontribusi Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kesadaran Beragama Pada Remaja Di Abad 21.” Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora 5, no. 3 (2020): 159. https://doi.org/10.36722/sh.v5i3.389.
Purwanto, Endy. “Ajaran Etis Tujuan Hukum.” Syntax Idea 6, no. 3 (2024): 1464–75. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v6i3.3132.
Qomaruzzaman, Bambang. “Religious Inclusivity in Islamic Education Course Book of the 2013 Curriculum.” MADANIA: JURNAL KAJIAN KEISLAMAN 22, no. 2 (December 30, 2018): 195. https://doi.org/10.29300/madania.v22i2.1281.
R’boul, Hamza. “Alternative Theorizing of Multicultural Education: An Islamic Perspective on Interculturality and Social Justice.” Journal for Multicultural Education 15, no. 2 (2021): 213–24. https://doi.org/10.1108/jme-07-2020-0073.
Romadlan, Said, Ibnu Hamad, and Effendi Gazali. “Perspektif Hermeneutika Ricoeur Menyusuri Agenda Toleransi Di Organisasi Islam Nahdlatul Ulama.” Bricolage Jurnal Magister Ilmu Komunikasi 6, no. 02 (2020): 187. https://doi.org/10.30813/bricolage.v6i02.1941.
Rosyidah, Aisyatur, and Wantini. “Tipologi Manusia Dalam Evaluasi Pendidikan: Perspektif Al-Qur’an Surat Fatir Ayat 32.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 6, no. 1 (2021): 1–17. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6222.
Rudianto, Rudianto. “Implementasi Pendidikan Multikural Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Jurnal Multidisiplin Indonesia 2, no. 6 (2023): 1360–66. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.292.
Saiwanto, Saiwanto, Mommed A Alwlid, Li Wang, and Syamsul R Yazid. “Kurikulum Pendidikan Islam.” Jurnal Sosial Dan Sains 2, no. 9 (2022): 1039–50. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i9.481.
Sitibadiah, Siti. “Toleransi Dalam Pemberdayaan Hak Perempuan Perspektif Tafsir Al Qur’An.” Jurnal Bimas Islam 15, no. 1 (2022): 154–77. https://doi.org/10.37302/jbi.v15i1.528.
Suprapto, Suprapto. “Integrasi Moderasi Beragama Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 18, no. 3 (December 29, 2020): 355–68. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i3.750.
Triono, Andit, and Desinta Setiani. “Penanaman Toleransi Antarumat Beragama Di Pesantren Mahasiswa.” Al-Tarbiyah Jurnal Pendidikan (The Educational Journal) 30, no. 1 (2020): 80. https://doi.org/10.24235/ath.v30i1.6200.
Ulfa, Ulfa, Mufidah C.H., Samsul Susilawati, and Ahmad Barizi. “Multicultural Islamic Education in Indonesia: The Urgency Value of Model and Method.” Addin 16, no. 1 (2022): 131. https://doi.org/10.21043/addin.v16i1.15787.
Wibowo, None Y R, and Nur Hidayat. “AL-QUR’AN &Amp; HADITS SEBAGAI PEDOMAN PENDIDIKAN KARAKTER.” Bidayah Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 2022, 113–32. https://doi.org/10.47498/bidayah.v13i1.1006.
Zamathoriq, Defan. “Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 7, no. 4 (2021). https://doi.org/10.36312/jime.v7i4.2396.
Zulaikhah, Siti. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di SMPN 3 Bandar Lampung.” Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (2019): 83–93. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3558.