PENINGKATAN PEMBELAJARAN MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE SUGGESTOPEDIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Penulis

  • Ahmad Labib Sekolah Tinggi Islam Kendal

DOI:

https://doi.org/10.62509/ji.v2i2.63

Kata Kunci:

Psiko-sosiolinguistik, Suggestopedia, Bahasa Arab.

Abstrak

Metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab pada umumnya mengacu pada metode atau at-thariqah al-lughah al-arabiyah seperti ath-athariqah al-mubasyarah, at-athariqah as-sam’iyyah asy-syafawiyyah, at-thariqah al-qira’ah dan lain sebagainya. Metode yang berkembang di dunia Barat saat ini banyak digunakan dalam pembelajaran bahasa seperti metode suggestopedia. Sugesstopedia merupakan metode pengajaran bahasa yang dikembangkan oleh Georgi Lozanov dengan menekankan 3 prinsip yaitu prinsip keceriaan dan ketenangan (joy and easiness), prinsip kesatuan kesadaran dan ketidak-sadaran dan juga prinsip interaksi sugestif serta diiringi dengan musik instrumental klasik abad 18. Dalam artikel ini akan mengkaji serta menganalisis bagaimana metode suggestopedia jika digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan studi kepustakaan atau library research yang mana mengambil beberapa referensi atau pustaka sesuai tema yang dibahas. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa metode suggestopedia dapat digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab karena dasar dari suggestopedia adalah sugesti yang mana anak didik seolah-olah tersugesti oleh kata-kata, seting ruangan serta iringan musik klasik abad 18 sehingga merasa tidak merasa tertekan dalam mempelajari bahasa Arab, dengan demikian akan menjadikan anak didik bisa lebih cepat memahami materi bahasa Arab yang ada.

Referensi

Agung, Nur, Peningkatan Kemampuan Debat Bahasa Arab Mahasiswamelalui Metode Suggestopedia, Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, Vol. 2, No. 1, (2020), 19-29

Arsyad, Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya : Beberapa Pokok Pikiran, Yogyakarta : Pustaka Siswa, 2004

El Iq Bali, Muhammad Mushfi, Eskalasi Ketrampilan Komunikasi Siswa Melalui Metode Suggestopedia dalam Mengembangkan Kualitas Belajar, Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 6, No. 1, (2022), 109-127.

Fakturmen, Teori Suggestopedia dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab Ketrampilan Menulis Tingkat Mutaqoddim (Insyā’), Lisanan ‘Arabiya, Vol. 4, No. 1, (2020), 1-30.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2011

http://www.jwelford.demon.cd.uk/brainwaremap/suggest.html

Lonny Gold, Suggestopedia : Activating the Student’s Reserve Capacities, dalam Forum, volume XXII Number 3, July 1985

Muljanto Sumardi, Edit., Berbagai Pendekatan dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, Jakarta : Pustaka Sinar Harapan, 1992

Munawwaroh, Ela Isnani, Humanistic Method Dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 5, No. 2, (2018), 109-115.

Syakur, Nazri. Behaviorisme dan Humanisme dalam Pembelajaran Bahasa, Yogyakarta : Pustaka Insan Madani, 2009

Tarigan, Henry Guntur. Metodologi Pengajaran Bahasa, Bandung : Angkasa, 1991

Yusuf, Syamsu dan Sugandhi, Nani M. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2011.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-09

Cara Mengutip

Labib, A. (2022). PENINGKATAN PEMBELAJARAN MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE SUGGESTOPEDIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Istifkar, 2(2), 129–146. https://doi.org/10.62509/ji.v2i2.63