URGENSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBANGUN INTEGRASI NASIONAL
DOI:
https://doi.org/10.62509/ji.v1i2.47Abstrak
- Era globalisasi ini Indonesia dihadapkan dengan berbagai jenis tantangan dalam ini pendidikan multicultural dapat di persepsikan sebagai jalan untuj menuju keinginan bangsa. Tujuan pendidikan multikultural adalah untuk secara langsung menanamkan humanisme, pluralisme dan demokrasi pada generasi muda.Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka (Library Research). Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik dokumentasi dengan mempelajari dan mengkaji informasi dari sumber-sumber data, baik sumber data primer maupun sekunderuntuk mewujudkan kerukunan yang abadi di Indonesia, diperlukan upaya yang cermat dan tepat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Guru merupakan komponen terpeniting dalam sebuah pendidikan Bangsa Indonesia membutuhkan pendidikan multikultural untuk mengurangi jumlah konflik horizontal yang terjadi antar masyarakat karena perbedaan budaya, suku, adat, atau agama. Pendidikan multikultural menekankan pada pendidikan yang menghargai perbedaan, karena perbedaan tersebut merupakan aturan yang wajar yang harus dilawan, bukan sebagai sumber perpecahan manusia, karena perbedaan adalah rahmat Allah SWT.
Referensi
Ambarudin, R. I., Tsanawiyah, M., & Yogyakarta, W. (n.d.). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK MEMBANGUN BANGSA YANG NASIONALIS RELIGIUS.
Anas, M., Pascasarjana, P., Sosial, I., Pusat, D., Kuliah, M., & Brawijaya, P. (n.d.). MENYEMAI NALAR KEBHINNEKAAN DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL.
Astutik, D. (2023). Implementation Of Multicultural Education Through School Social Capital Relationships In Creating Social Harmonization. 15. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i1.2075
Budiono. (2021). URGENSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENGEMBANGAN NASIONALISME INDONESIA. 6(1), 79–89. https://doi.org/10.22219/jch.v6i1.15250
Chotimah, U., El Faisal, E., & Arpannudin, I. (2018). Pengintegrasian nilai-nilai kearifan lokal dalam pendidikan multikultural. In Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan (Vol. 15, Issue 1). https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/index
Effendi, H. (2021). Pendidikan Islam Inklusif Berbasis Multikultural Pada Madrasah. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(2), 318–324. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.2826
Haris, M. (2017). Membangun Konsep Pendidikan Multikultural Untuk Indonesia (Vol. 9, Issue 1). http://ejournal.stain.sorong.ac.id/indeks.php/al-riwayah
Hidayati, I. (n.d.). EDUCREATIVE: Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak URGENSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL INDONESIA DALAM MENJAGA NKRI. http://educreative.id/index.php/index
Hikam, M. A. (n.d.). Pendidikan Multikultural dalam Rangka Memperkuat Kewaspadaan Nasional Menghadapi Ancaman Radikalisme di Indonesia. Global: Jurnal Politik Internasional, 17(1). https://doi.org/10.7454/global.v17i1.26
Kamlasi, A. Y., & Kusdarini, E. (2022). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM PENGUATAN SIKAP TOLERANSI SISWA SMA MULTICULTURAL-BASED CITIZENSHIP EDUCATION IN STRENGTHENING TOLERANCE AT STUDENTS OF SMA NEGERI 2 KUPANG. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Vol. 7). http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk
Misrawi, Z. (1970). Kesadaran multikultural dan deradikalisasi pendidikan Islam: pengalaman Bhinneka Tunggal Ika dan Qabul al-Akhar. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 197. https://doi.org/10.14421/jpi.2013.21.197-215
Okta, O. :,& Nurcahyono, H. (2018). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI INDONESIA: ANALISIS SINKRONIS DAN DIAKRONIS. In Habitus:Jurnal Pendidikan, Sosiologi dan Antropologi (Vol. 2, Issue 1).
Oktoberi, P., Warsyah, I., Sirajuddin M, S. M., Suhirman, S., & Dali, Z. (2021). Implementasi Pendidikan Islam Multikultural dan Moderat di Sekolah Dasar dalam Membentuk Nasionalisme. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(2), 577–584. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.3185
Putri, N., Afifah, N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (n.d.). Pendidikan Multikultural Dalam Upaya Membangun Karakter Anak Bangsa (Vol. 5). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2107
Quway, N. (n.d.). INTEGRASI MULTIKULTURAL MASYARAKAT Quway INTERGRASI MULTIKULTURAL DALAM MASYARAKAT MULTIETNIS (JAWA, CINA DAN ARAB KETURUNAN) DI KOTA SEMARANG.
Supriatin, A., Program, D., Pgmi, S., Palangkaraya, I., Obos, J. G., Raya, J., & Tengah, K. (n.d.). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PRAKTIK PENDIDIKAN DI INDONESIA.
Susiloningsih, W. (2020). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH DASAR “KAJIAN ANALITIS DALAM PRESPEKTIF FILSAFAT.” In Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan (Vol. 20, Issue 1).
Tarbawi, J., Ilmu Pendidikan, J., & Habibi, N. (2019). Konstruk Pendidikan Multikultural (Studi Urgensi Integrasi Nilai-nilai Multikultural dalam Kurikulum Pendidikan). Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(02), 233–247.
Tukiran. (n.d.). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DAN NASIONALISME INDONESIA.
Wihardit, K. (n.d.). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: SUATU KONSEP, PENDEKATAN DAN SOLUSI.