ANALISIS PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NU 01 MU’ALLIMIN WELERI

Penulis

  • Rosidin Sekolah Tinggi Islam Kendal

DOI:

https://doi.org/10.62509/jpai.v4i1.111

Kata Kunci:

Kurikulum Merdeka; Pendidikan; Problematika.

Abstrak

Perkembangan zaman yang begitu pesat, menjadikan teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Tidak terkecuali dunia pendidikan yang semakin hari dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Pendidikan di era society 5.0 ini yang sangat berkaitan erat dengan kecakapan abad 21, menginspirasi pemerintah Indonesia untuk menghadirkan kurikulum terobosan baru yaitu kurikulum merdeka belajar. Hal ini berpengaruh juga pada konsep dan sistem pembelajaran yang lebih maju dan fleksibel, sehingga menuntut seluruh elemen sekolah untuk terus berkembang dan menyesuaikan terkhusus pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan dari penulisan artikel ini untuk menjabarkan serta menganalisis problematika penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP NU 01 Mu’allimin Weleri. Pendekatan ini menggunakan metode kualitatif, melalui pendekatan fenomenologi. Hasil dari penelitian ini menyatakan, bahwa dalam penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah masih menghadapi berbagai problematika terlebih pada aspek guru, siswa, dan sarana prasarana. Hal ini dibuktikan dengan keefektifan konsep pembelajaran Kurikulum Merdeka yang belum maksimal.

Referensi

Afifah, S. N. (2020). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3).

Asrul, Ananda, R., & Rosinta. Evaluasi Pembajalaran. (Jakarta: Cipta pustaka Media 2014) .

Fatmawati, & Yuzrizal. Peran Kurikulum Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Di Sekolah Alam Sou Parung Bogor. Tematik Universitas Negeri Medan, 11(1), (2020): 26–36.

Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480.

Freire, P. Pendidikan Kaum Tertindas. (Jakarta: LP3ES, 2011).

Indarta, Y., Jalinus, N., Abdullah, R., & Samala, A. D. 21st Century Skills : TVET dan Tantangan Abad 21. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), (2021): 4340–4348. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1458.

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020: 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip.

Kamal, I., Firmansyah, E. A., Rafiah, K. K., Rahmawan, A. F., & Rejito, C. Pembelajaran di Era 5.0. November, (2020): 265–276.

Kemdikbud. Kepmendikbud Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Www.Kemdikbud.Go.Id, 022651. (2020).

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Ningrum, A. S. (2022). Pengembangan Perangkat PembelajaranNingrum, A. S. (2022) ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar ( Metode Belajar )’, in PROSIDING PENDIDIKAN DASAR, pp. 166–177. doi: 10.34007/ppd.v1i1.186. Kurikulum Merdeka Belajar ( Metode Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1, 166–177. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.186.

Putriani, J. D., & Hudaidah, H. Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), (2021): 830–838.

Ruhimat, T. Prosedur Pembelajaran. (Universitas Pendidikan Indonesia, 2010).

Sabriadi, H. R., & Wakia, N. Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Adaara: Jurnal Manajemen …, 11(2), (2021): 175–184.

Rosidin. Inovasi Pendidikn Islam di era Digital. (Kuningan: Goresan Pena, 2020).

Rosidin. Arrbathi, A.H. Irfan. Dkk. Transformasi Pendidikan Islam. (Banten: Sada Kurnia Pustaka, 2023).

Samala, A. D., Giatman, M., Simatupang, W., & Ranuharja, F. E-Jobsheet Based on Mobile Pocket Book as Digital Learning Resources (DLRs). Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 14(2), (2021): 117–123. https://doi.org/10.24036/tip.v14i2.488.

Simanjuntak, P. Manajemen & Evaluasi Kinerja. (Jakarta: LP-FEUI, 2005).

Subiono. Hypnometafisika (1st ed.). (Jakarta: Deepublish, 2012).

Sugiman. Penguatan Pembelajaran dan Penilaian yang bermuatan 4C Competencein Mathematics di Era “Merdeka Belajar” pada Guru-guru SMPN 24 Semarang. (2021).

Sunoko, Ahmad, “Model Pengembangan Kurikulum KKNI Pada PTKIS Berbasis Pesantren (Studi Kasus Implementasi Kurikulum KKNI Di STAI Al-Anwar Sarang Rembang” (IAIN Kudus, 2022).

Suroyya, Camila Fatah, Ahmad, Nehru Millat, “STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES SEBAGAI UPAYA PEMECAHAN MASALAH BELAJAR,” Istifkar: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2022): 109–28.

Wagner, T. Overcoming The Global Achievement (Cambrigde: Harvard University, 2010).

Zuhairini, H., Abdul, G., & Yusuf, S. A. Methodik Khusus Pendidikan Agama. (Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, 1977).

Wawancara dengan Nur Yanto selaku wakasek bidang kurikulum SMP NU 01 Mu’alimin Weleri pada 10 Mei 2024.

Wawancara dengan Istiklaliyah selaku guru PAI SMP NU 01 Mu’alimin Weleri pada 10 Mei 2024.

Wawancara dengan Burhanuddin Azizi selaku guru PAI SMP NU 01 Mu’alimin pada tanggal 10 Mei 2024

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-09

Cara Mengutip

Rosidin. (2024). ANALISIS PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NU 01 MU’ALLIMIN WELERI. Istifkar, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.62509/jpai.v4i1.111