UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
DOI:
https://doi.org/10.62509/ji.v1i1.20Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru MTs. NU 04 Muallimin Weleri di Kabupaten Kendal provinsi Jawa Tengah. Peningkatan kompetensi guru dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan strategi siklus yang dilakukan dengan tahapan dari identifikasi masalah, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan identifikasi masalah bahwa masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam menyusun PTK dan melaksanakannya di kelas. Lemahnya kemampuan mereka dalam menyusun PTK disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan atau pemahaman mereka tentang PTK secara praktek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan evaluasi. Dalam pelatihan menunjukkan bahwa para guru berpartisipasi aktif untuk memiliki keseriusan, kemauan, dan motivasi yang tinggi untuk mengembangkan penelitian tindakan kelas. Dalam meningkatkan keberhasilan pada proses pembelajaran salah satunya melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Manfaat PTK di antaranya adalah membantu guru memperbaiki mutu pembelajaran, meningkatkan profesionalisme guru dan meningkatkan kompetensi guru. Kegiatan pelatihan Penelitian Tindakan Kelas ini memberikan dampak terhadap peningkatan pengetahuan yang signifikan tentang pemahaman penelitian tindakan kelas, pengolahan dan analisis data penelitian tindakan kelas. Hasil akhir dalam penelitian ini adalah proses pelatihan memberikan manfaat bagi guru, yaitu dapat meningkatkan pemahaman guru pada Penelitian Tindakan Kelas, menumbuhkan motivasi dalam menyusun PTK dan melaksanakan PTK, serta bagi sekolah dapat meningkatkan kinerja sekolah melalui peningkatan profesionalisme guru. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan guru di sekolah lainnya sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru melalui Penelitian Tindakan Kelas.
Referensi
Aqib, Z. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Ary, D., et, & al. (2010). Introduction to Research in Education (8th ed). Wadsworth: Cengage Learning.
Badu, A. M. (2012). Pengembangan Model Pelatihan Pendampingan Dalam Rangka Peningkatan Kompetensi Pendamping Pada Kelompok Usaha Konveksi di Kota Gorontalo. Tesis. Bandung: Program Pascasarjana UPI.
Cooper, A. (1982). World of logotype (Annual). New York: Art Direction Book Company.
Creswell, W. j. (2012). Education Research: Planing, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed). Boston: Pearson Education.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1999). Bahan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Depdiknas. (2008). Pedoman Block Grant penelitian Tindakan Kelas.
Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat . (2004). Panduan Penataran dan Lokakarya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Dosen LPTK se-Indonesia. Solo: Dikti-Diknas.
Fraenkel, J. R., et, & al. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (8th) . New York: Mc Graw-Hill Companies, inc.
Graha Pustaka. (2012). Penelitian Guru Minim LIPI: Guru Kekurangan Waktu Meneliti Karena Mengajar. diakses pada grahapusaka.blogspot.com pada tanggal 13 Agustus 2018.
Guza, A. (2008). Himpunan Permendiknas Tentang Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Asa Mandiri.
Kristiawan, M. (2014). A Model for Upgrading Theacher Competence on Operating Computer as Assistant of Instruction. Global Jurnal of Human-Social Science Research. Vol XIV. Issue V. Version I.
Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Martono, B. (2009). Optimalisasi Kemampuan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Melalui Metode Tutorial bagi Guru SMK Peserta Diklat di PPPPTK BOE Malang. Malang: Jurnal Online PPPPTK BOE. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik Bidang otomotif dan Elektronika. Diakses dari www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php /departemen -bangunan-30/1138-budi-m pada 13 Agustus 2018.
Nitiasih, P., Padmadewi, N. N., & Sutama, L. P. (2010). Pengembangan Model Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Refleksi Berbasis Kompetensi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol 4 No. 3 Hal 252-266.
Paizaludin, & Ermalinda. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Bandung: Alfabeta.
Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala BKN Nomor : 03/V/PB/2010 Nomor : 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan dan berlaku efektif pada tanggal 1 Januari 2013.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya.
Santyasa, I. W. (2007). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas (makalah disampaikan dalam Pendidikan dan Pelatihan Metodologi Penelitian, Penyusunan Proposal, dan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru-Guru SMP dan SMA/SMK di Kabupaten Buleleng di Univ. Pendidikan Ganesha Singaraja).
Sa'ud, U. S. (2010). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Sondakh, A. (2007). Membangun Profesionalisme Guru. diakses dari www.angelinasondakh.com pada tanggal 12 Agustus 2018.
Sudiana, I. N. (2013). Penelitian Tindakan Kelas (makalah disampaikan dalam Pelatihan Penyusunan Proposal Tindakan Kelas bagi Guru-Guru Bahasa Indonesia pada tanggal 8 Juli 2013. di SMAN 2 Semarapura.
Sudrajad, A. (2007). Kompetensi Guru dan Kepala Sekolah. diakses dari www.akhmadsudrajad07.wordpress.com pada tanggal 12 Agustus 2018.
Sukanti. (2008). Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal 1- 11. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sunendiari, S., Yanti, T. S., A., A. I., & Suliadi. (2014). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru SMA Di Wilayah Bandung dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru. Bandung: In Prosiding SNaPP2014 Sains, Teknologi, dan Kesehatan. Universitas Islam Bandung (pp. 7–14).
Suwandi, S. (2011). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah.Surakarta: Yuma Pustaka.
Suyadi. (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.
Syah, M. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya. Tampubolon. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Asokadikta dan Durat Bahagia.
Usman, M. U. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wiriaatmadja, R. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya.