KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF AL-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIM AL-MUTA’ALLIM DAN PENERAPANNYA DI MASA STUDY FROM HOME

Penulis

  • Nurul Atik Hamida Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • Lau Han Sein Universitas Negeri Islam Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.62509/ji.v2i1.61

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter; Ta’lim al-Muta’allim; Imam al-Zarnuji.

Abstrak

Fenomena dunia pendidikan mengalami kemerosotan akhlak siswa sejak adanya virus corona. Sebab, proses belajar mengajar dilakukan dari rumah atau Study From Home (FSH). Salah satu filosof muslim yang menaruh perhatian terhadap pendidikan akhlak adalah Imam al-Zarnuji dalam kitabnya Ta’lim al-Muta’allim yang berisi tentang proses penghayatan nilai-nilai akhlak bagi peserta didik yang disesuaikan dengan konsep keimanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji konsep pendidikan akhlak dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim, serta mengeksplorasi penerapannya dalam pembelajaran periode rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan konsep pendidikan moral pada masa belajar dari rumah dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu: (1) Penguatan niat melalui motivasi; (2) Memilih ilmu dan guru dengan mendampingi orang tua sehingga dapat memilih ilmu dan guru yang tepat; (3) Menghormati ilmu dan guru dengan cara merawat buku dan bersikap sopan kepada guru selama pembelajaran; (4) Serius dalam mencari ilmu dengan memberikan reward kepada siswa agar lebih semangat belajar; (5) Tawakal dengan fokus belajar dan tidak takut terlalu khawatir dengan pandemi covid-19; (6 Memperkuat sikap moral dengan tidak banyak tidur dan makan.

Referensi

Ainiyah, N., & Wibawa, N. H. H. P. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25–38.

Al-Asbahani, A. N. A. Ibn ‘Abd A. Ibn A. Ibn I. Ibn M. Ibn M. (1415). Musnad Al-Imam Abi Hanifah Riwayah Abi Nu’aim (Vol. 1). Riyadh: Maktabah Al-Kauthar.

Al-Qazwaini, I. M. ‘Abdullah M. I. Y. (N.D.). Sunan Ibn Majah (Vol. 2). Basrah: Dar Ihyaa Al-Kitab Al-‘Arabiyah.

Arifin, Zaenal, Zulfah, Machnunah Ani, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Surat al-An’am Ayat 151-153 Menurut Quraish Shihab dalam Tafsir al-Misbah dan Implementasinya di Sekolah, Journal of Educatio and Management Studies, Vol. 2, No. 2, (April 2019).

As’ad, A. (2007). Terjemah Ta’lim Al-Muta’allim: Bimbingan Bagi Penuntut Ilmu Pengetahuan. Kudus: Menara Kudus.

Azzam, A.(2019). Terjemah Ta’lim Al-Muta’allim: Pentingnya Adab Sebelum Ilmu. Solo: Aqwam.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa Sma Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Iq (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. Https://Doi.Org/10.37542/Iq.V3i01.57

Daulay, H. P., Dahlan, Z., Syahputra, M. I., & Arfandi, M. S. (2021). Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim Thariq Al-Ta’allum Karya Syaikh Burhanuddin Az-Zarnuji. 1(3), 7.

Dedi, D., Mursidin, M., & Suriadi, S. (2021). Home Schooling Di Masa Pandemi: Madaniyah, 11(2), 163–180.

Endranul ’Aliyah, & Amirudin, N. (2020). Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’lim Muta’allim Karangan Imam Az-Zarnuji. Tamaddun :Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan, 21(2), 161–182. Https://Doi.Org/10.30587/Tamaddun.V21i2.2113

Fathoni, A.I., & Wahid, M. (2021). Implementasi Pendidikan Akhlak Bagi Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. 5(1), 14.

Fatiha, N., & Nuwa, G. (2020). Kemerosotan Moral Siswa Pada Masa Pandemic Covid 19: Meneropong Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam. 1(2), 17.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (Sfh) Selama Pandemi Covid 19. 8, 8.

Mahrus, A. K. (2015). Kajian Dan Analisis Ta’lim Muta’allim: Dilengkapi Dengan Tanya Jawab. Kediri: Santri Salaf Press.

Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslih, I. (2018). Membangun Akhlaq Santri Melalui Kajian Kitab Ta’limul Muta’allim. 9.News. (2021, Agustus). Viral Siswi Kick Gurunya Saat Kelas Online Berlangsung Dan Dibikin Konten Tiktok. Retrieved December 19, 2021, From Kumparan Website: Https://Kumparan.Com/Berita_Viral/Viral-Siswi-Kick-Gurunya-Saat-Kelas-Online-Berlangsung-Dan-Dibikin-Konten-Tiktok-1wi3qdemkgz

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan Iain Purwokerto, 1(1), 24–44. Https://Doi.Org/10.24090/Jk.V1i1.530

Prasetyaningtyas, S. (2020). Implementation Of School From Home (Sfh) Through Online Learning In The Covid-19 State Emergency In Smp N 1 Semin. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1). Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V5i1.139

Purba, J. H., & Andayani, N. R. (2021). Pengaruh Penerapan Work From Home (Wfh) Dan Study From Home (Sfh) Terhadap Aktivitas Belajar Mengajar Mata Kuliah Teori: Studi Kasus Di Politeknik Negeri Batam. 4(1), 11.

Purbajati, H. I. (2019). Relevansi Kitab Ta’lim Muta’allim Dengan Pendidikan Masa Kini (Tinjauan Faktor-Faktor Pendidikan). 1(1), 32.

Rahman, A. (2016). Pendidikan Akhlak Menurut Az-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim. At Ta’dib, 11(1). Https://Doi.Org/10.21111/At-Tadib.V11i1.647

Raihan, R. (2019). Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Siswa Sma Di Kabupaten Pidie. Dayah: Journal Of Islamic Education, 2(1), 115–130. Https://Doi.Org/10.22373/Jie.V2i1.4180

Rika, R., Fahrudin, F., & Sumarna, E. (2020). Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(1), 23–36.

Samsu. (2015). Pemikiran Az-Zarnuji Tentang Akhlak: Menggali Peran Orang tua Dan Pengaruhnya Terhadap Pergeseran Nilai Akhlak Peserta Didik Kota Jambi. At-Ta’lim, 6, 59–73.

Setiawan, A. (2021). Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Keluarga. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1). Https://Doi.Org/10.36312/Jime.V7i1.1795

Shofwan, A. M. (2017). Metode Belajar Menurut Imam Zarnuji: Telaah Kitab Ta’lim Al-Muta’alim. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(4), 408. Https://Doi.Org/10.28926/Briliant.V2i4.96

Sitompul, L. U. (2017). Respek Siswa Terhadap Guru. Hermeneutika: Jurnal Hermeneutika, 3(2), 47–55. Https://Doi.Org/10.30870/Hermeneutika.V3i2.3087

Syibromilisi. (2020). Strategi Belajar Sieq Melalui Home Visit Di Masa Pandemi Covid-19 (Corona Virus Deases). Tsaqafatuna, 2(2), 94–105. Https://Doi.Org/10.54213/Tsaqafatuna.V2i2.54

Tafsir, A. (1994). Ilmu Pendidikan Dalam Prespektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Taufiq, I. A. (2018). Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang 2018. 132.

Ulfiyatin, A. (2020). Sistem Sfh (School From Home) Di Era Pandemi Covid-19 Dan Korelasinya Dengan Konsep Parenting Dalam Perspektif Al-Qur’an. Al-I’jaz: Jurnal Studi Al-Qur’an, Falsafah Dan Keislaman, 2(2), 123–149. Https://Doi.Org/10.53563/Ai.V2i2.39

Undang-Undang No. 20. (2003). Sistem Pendidikan Nasional.

Waluyo, A. (2019). Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’lim Muta’allim Az-Zarnuji Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Akhlak Di Indonesia. 3(2), 9.

Zamhari, M., & Masamah, U. (2016). Relevansi Metode Pembentukan Pendidikan Karakter Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Terhadap Dunia Pendidikan Modern. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(2), 421. Https://Doi.Org/10.21043/Edukasia.V11i2.1724

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-09

Cara Mengutip

Nurul Atik Hamida, & Lau Han Sein. (2022). KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF AL-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIM AL-MUTA’ALLIM DAN PENERAPANNYA DI MASA STUDY FROM HOME. Istifkar, 2(1), 82–107. https://doi.org/10.62509/ji.v2i1.61