PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF SYARIAT ISLAM (Analisis pada Kisah Luqman pada Surat Luqman ayat 13-19)

Penulis

  • Hadi Nuryanto Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.62509/jpai.v4i1.116

Kata Kunci:

Hubungan, Guru, Peserta Siswa

Abstrak

Al Qur`an sebagai konsep dasar dan sumber utama Pendidikan islam. Pada surat Luqmqn ayat 13-19 terkandung prinsip nilai Pendidikan orang tua kepada anaknya. Pada artikel ini mengungkap deskripsi pola-pola hubungan Pendik dan peserta didik yang di lakukan orang tua kepada anaknya berkaitan dengan hak dan kewajibannya. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analysis) dengan perpaduan metode tafsir tematik (maudhu’i). Kesimpulan penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik mempunnyai hak dan kewajiban saling melengkapi dimana hak peserta didik adalah kewajiban pendidik dan kewajiban peserta didik menjadi hak pendidik, keduanya mempunnyai hak dan kewajiban seimbang sebagai amal ibadah kepada Allah SWT.

 

Referensi

A, Jabbar. U. Madarij Ta’alim Al Lughah Al ’Arabiyyah. Maktabah Muhammad Bin Ahmad Nabhan wa Auladuhu, n.d.

Asy’ari, Hasyim. Adabu Al ’Alim Wal Muta’allim. Maktabah at Turats al Islami, 1415.

Baghawi, A. M. bin al H. bin M. al. Tafsir Al Baghawi: Ma’alim at Tanzil, 1409.

Bunyamin, Embun. “Konsep Perlindungan Anak Dalam Al-Qur’an Dan Relevansinya Dengan Pendidikan” 10, no. 1 (2015): 1–30.

Dar Thayyibah Barnhart, C. A. Student’s Dictionary of American English, 2008.

Depdiknas. Pembinaan Profesionalisme Tenaga Pengajar (Pengembangan Profesional Guru). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Depdiknas, 2005.

Dhani, Rikha Rahmiyati. “PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 9, no. 1 (2020): 45–50.

Dimsyiqi, I. K. Tafsir Al-Qur’an Al ’Adzim. al Faruq al Haditsiyyah Li ath Thiba’ah wa an Nasyr, 2000.

Dzahabi, Imam adz. Al Kabair. 2nd ed. Maktabah al Furqon, 2003.

Hakami, H. bin A. al. Madarij Al Qubul Bisyarhi Sullami Al Wushul Ila ’Ilmi Al Ushul. Dar Ibnu al Qoyyim, 1995.

Hakimi, H. bin A. al. Madarij Al Qubul Bisyarhi Sullami Al Wushul Ila ’Ilmi Al Ushul. Dar Ibnu al Qoyyim, 1995.

Harrassowitz. Zarnuji, B. Ta’lim Al Muta’allim: Thariq at Ta’allum. ad Dar as Sudaniyyah lil Kutub, 2004.

Hatta. Empat Komptensi Untuk Membangun Profesionalisme Guru, 2018.

Hidayat, N. “KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT Q.S. LUQMAN AYAT 12-19.” TA’ALLUM 04, no. 46 (2016): 359–70.

Indriani, Fitri. “Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 Pada Pengajaran Micro Di PGSD UAD Yogyakarta.” Elementary School 3, no. 9 (2016): 1–12.

Iskandar, Khusnan. “Profesionalisme Guru Dalam Pendidikan Islam Dan Gambaran Ideal Seorang Pendidik.” JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education 01 (2017): 21–40.

J, Moleong Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1990.

Mandzur, I. Lisanul ’Arab. Darul Ma’arif, n.d.

Mudlofir, Ali. Aplikasi KTSP Dan Bahan Ajar Dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Wali Pers, 2011.

Muhaimin. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Surabaya: Pusat Studi Agama, Politik Dan Masyarakat (PSAPM), 2003.

Muhammad Turmuzi, and Wahidaturrahmi. “Analisis Kompetensi Profesional Dan Pedagogik Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Implementasi Kurikulum 2013.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 2 (2021): 341–54. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.301.

Munawwir, Ahmad Warson. Al-Munawwir: Kamus Bahasa Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif, 1997.

Nanang, A, & Sifa, A. “Urgensi Kompetensi Guru Dalam Implementasi Pendidikan Integratif” 11, no. 1 (2016): 74–75.

Nehru Millat Ahmad. “KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KISAH LUQMAN (APLIKASI INTERTEKSTUALITAS JULIA KRISTEVA Q.S. AL-LUQMAN AYAT 12-19).” Istifkar 1, no. 1 (2021): 82–96.

Nizar, R dan S. Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan Dan Pemikiran Para Tokohnya, 2010.

Purnama, M. “Implementasi Pendidikan Agama Islam Yang Integratif (Antara Guru, Orang Tua, Dan Masyarakat).” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 11, no. 2 (2019): 141–56.

Suyuthi, J. ’Abdurrahman as. Al Arba’una Haditsan: Fi Qawa’idi Min Al Ahkam Asy Syari’iyyah Wa Fadhail Al A’mal Wa Az Zuhdi. Dar al Manarah, 1997.

Thabari, I. J. ath. Jami’ Al Bayan ’an Ta’wil Al-Qur’an (Juz XVIII). Dar Hijri, 2001.

Tim. Al-Qur’an Dan Terjemahnya. Yayasan Penyelenggara Penerjemah/Penafsir Al-Qur’an, 1971.

Tirmidzi, A. ’Isa at. Al Jami’ Al Kabir Li at Tirmidzi. Dar al Gharbi al Islami, 1998.

Triwidyastuti, M. S. “The Concept of Islamic Education Development Based on The Theory of Fitrah.” Indonesia Journal of Interdisciplinary Islamic Studies (IJIIS) 2, no. 1 (2018): 31–52.

Wehr, H. A Dictinory Of Modern Written Arabic, 1979.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-09

Cara Mengutip

Nuryanto, H. (2024). PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF SYARIAT ISLAM (Analisis pada Kisah Luqman pada Surat Luqman ayat 13-19). Istifkar, 4(1), 79–98. https://doi.org/10.62509/jpai.v4i1.116