PERAN SPIRITUALITAS DALAM PENDIDIKAN UNTUK MENGATASI TEKANAN AKADEMIK BAGI MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.62509/jpai.v4i2.129Kata Kunci:
Academic Pressure, Mental Health, SpiritualityAbstrak
Tekanan akademik telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan mahasiswa; oleh karena itu, memahami dan mengembangkan spiritualitas dapat menjadi strategi penting untuk mencapai keseimbangan antara tuntutan akademik dan kesehatan mental. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dengan memanfaatkan distribusi Google Forms untuk mengumpulkan data dari mahasiswa di kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Penelitian ini mengungkapkan temuan-temuan sebagai berikut: 1) Spiritualitas Islam berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan mental mahasiswa. 2) Ibadah seperti salat dan doa merupakan aspek yang paling sering dipraktikkan oleh mahasiswa dalam menghadapi tekanan akademik. 3) Sangat penting bagi lembaga pendidikan untuk mengadopsi pendekatan holistik yang mencakup aspek spiritual dalam pendidikan tinggi.
Referensi
Andria, N, B Satria, and F Diba. “Gambaran Spiritualitas Siswa Sekolah Menengah Atas Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas … VI (2022). http://jim.usk.ac.id/FKep/article/view/22152%0Ahttp://jim.usk.ac.id/FKep/article/download/22152/10994.
Cahyani. “Peranan Spiritualitas Terhadap Resiliensi Pada Mahasiswa Yang Sedang.” NASPA Journal 42, no. 4 (2017): 1.
Desti Azania, and Naan Naan. “Peran Spiritual Bagi Kesehatan Mental Mahasiswa Di Tengah Pandemi Covid-19.” HUMANISTIKA : Jurnal Keislaman 7, no. 1 (2021): 26–45. https://doi.org/10.55210/humanistika.v7i1.384.
Fauhatun, Fathin, and Nunu Burhanuddin. “The Spirituality of Modern Society: Between Escapism and The Illuminati.” Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam 6, no. 2 (2022): 257. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v6i2.8450.
Fitri, Nur Ainil, Lidwina Nathania, Sabrina Putri Maharani, Hanna Watsiqatul Fadha’il, Dwi Puji Lestari, Patrisia Krisna Wardani, Renny Putri Oktavianti, and Afifah Zahrah. “Tantangan Dan Strategi Mahasiswa Perantauan UNNES Dalam Menjaga Kestabilan Mental Dan Pikiran: Studi Kasus Pada Mahasiswa Perantauan UNNES” 3, no. 4 (2024): 673–89.
Garry Vebrian, Devi Emiralda, Lastri Mei Winarn. “HUBUNGAN ANTARA SPIRITUALITAS DENGAN TINGKAT STRES The Relationship Between Spirituality and Stress Levels in Nursing and Midwifery Students Doing Final Projects at Banten Health Polytechnic.” Nusantara Hasana Journal 1, no. 4 (2021): 134–41.
Ira Suwartika, Agus Nurdin, Edi Ruhmadi. “ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT STRESS AKADEMIK MAHASISWA REGULER PROGRAM STUDI D III KEPERAWATAN CIREBON POLTEKKES KEMENKES TASIKMALAYA.” Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing) 9, no. 3 (2014): 144–48.
Laili, Latifatul, and Miftahun Ni’mah Suseno. “Kesejahteraan Spiritual Dan Burnout Pada Mahasiswa Pendidikan Dokter.” Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penlitian Psikologi 21, no. 2 (2016): 167–78. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol21.iss2.art6.
Miranda, Cindy Ara, Muhamad Uyun, Program Studi, Psikologi Islam, and Fakultas Psikologi. “Impact Academic Pressure and Academic Ability Against Academic Cheating Dampak Tekanan Akademik Dan Kemampuan Akademik Terhadap Kecurangan Akademik.” Psikoborneo 11, no. 1 (2023): 117–23. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v11i1.
Norma, Efri Widianti, and Siti Sugih Hartiningsih. “Faktor, Penyebab, Tingkat Stres Dan Dampak Stres Akademik Pada Mahasiswa Dalam Sistem Pembelajaran Online Di Masa Pandemi COVID-19.” Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal 11, no. 4 (2021): 625–34.
Nurtanti, Susana, and Sri Handayani. “Peningkatan Pengetahuan Siswa Tentang Deteksi Dini Dan Pencegahan Depresi Di SMK Muhammadiyah Baturetno.” Warta LPM 24, no. 1 (2020): 134–44. https://doi.org/10.23917/warta.v24i1.10007.
Prasetyo, Agus (STIKES Al Irsyad Al Islamiyah Cilacap). “ASPEK SPIRITUALITAS SEBAGAI ELEMEN PENTING DALAM KESEHATAN.” Jurnal Kesehatan Al Irsyad IX, no. 112 (2016).
Pribumi, Gusti Rendra, Devi Anggraeni, and Muhammad Setia Rahman. “PERAN AGAMA DALAM KESEHATAN MENTAL Askolan.” JIPKM : Jurnal Ilmiah Psikologi Dan Kesehatan Masyarakat 1, no. July (2024): 1154–57.
Retno Mangestuti, Rahmat Aziz. “Pengembangan Spiritualitas Remaja: Mengapa Remaja Laki-Laki Lebih Memerlukan Dukungan Keluarga Dalam Pengembangan Spiritualitas.” PSIKOISLAMIKA: Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam 14 (2017). https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko/article/view/6500.
Rompegading, Andi Badli, Rizal Irfandi, Cindy Agustina, Dian Ramadhani, and Muh. Fathir Rahmat. “Faktor Munculnya Gejala Stres Pada Mahasiswa Secara Global Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19.” BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains 6, no. 1 (2023): 280–99. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v6i1.4152.
Sahputra, Dika. “Bimbingan Agama Dalam Mengurangi Stress Akademik Anak Di Masa Pandemi.” Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan 8, no. 1 (2021): 47. https://doi.org/10.37064/consilium.v8i1.9475.
Saputra, Yudha Nata. “Hubungan Spiritualitas Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa.” Kurios 6, no. 1 (2020): 1. https://doi.org/10.30995/kur.v6i1.127.
Sharifah Basirah Syed Muhsin, and Che Zarrina Sa‘ari. “Beberapa Aspek Psikoterapi Islam Dalam Kitab Jawi, ‘Penawar Bagi Hati’ Oleh Sheikh Abdul Qadir Al-Mandili.” Afkar 14 (2013): 109–42.
Sutjiato, Margareth, and G D Kandou a a T Tucunan. “Hubungan Faktor Internal Dan Eksternal Dengan Tingkat Stress Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado.” Jikmu 5, no. 1 (2015): 30–42.
Wahyuni, Esa Nur, and Khairul Bariyyah. “Apakah Spiritualitas Berkontribusi Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa?” Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 5, no. 1 (2019): 46. https://doi.org/10.29210/120192334.
Yulia, Puput Citra, Henny Afrianti, and Vethy Octaviani. “Pengaruh Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Dan Dosen Pembimbing Skripsi Terhadap Gejala Stres Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi.” Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik 2, no. 1 (2016). https://doi.org/10.37676/professional.v2i1.168.
Zaini Miftach. “GAMBARAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NUSA NIPA INDONESIA DI MAUMERE.” Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang 2, no. 1 (2018): 53–54.