INOVASI PENILAIAN PEMBELAJARAN MELALUI APLIKASI RAPOR DIGITAL MADRASAH (RDM) DI MI ISLAMIYAH SYAFIIYAH GANDRIROJO

Penulis

  • Yusuf Khoiril Anwar Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Syifaul Khoir Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.62509/ji.v3i1.78

Kata Kunci:

Inovasi, Penilaian, RDM

Abstrak

Penilaian pembelajaran sebagai pertimbangan proses pembelajaran, laporan kepada orang tua dapat dilaksanakan dengan menggunakan berbagai cara. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah memanfaatkan perkembangan teknologi berupa Rapor Digital Madrasah (RDM). Sebagai aplikasi yang baru diluncurkan dan terbatas pada madrasah dibawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia saja, RDM masih memiliki beberapa kendala dalam pengoperasiannya, salah satunya adalah faktor sumberdaya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi penilaian pembelajaran melalui aplikasi RDM di lingkup Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah MI Islamiyah Syafiiyah Gadrirojo. Subjek penelitian ini elemen madrasah yang memupunyai kepentingan dalam proses penilaian hasil belajar. Objek penelitian ini adalah inovasi dalam penilaian pembelajaran melalui RDM. Hasil dari penelitian ini adalah inovasi yang dilakukan dalam penilaian pembelajaran melalui RDM dengan menyediakan blangko penilaian sesuai tampilan aplikasi RDM serta membuat tahapan dalam pengoperasian RDM yang diikuti oleh seluruh guru, kepala sekolah dan operator madrasah.

 

Referensi

Anonimous. “RDM, Rapor Digital Gratis Untuk Madrasah.” Ayo Madrasah, August 22, 2021. Accessed April 3, 2023. https://www.ayomadrasah.id/2021/08/rdm-rapor-digital-gratis-untuk-madrasah.html.

———. “RDM Versi Mobile (Android Dan iOS).” Ayo Madrasah, February 13, 2022. Accessed April 3, 2023. https://www.ayomadrasah.id/2022/02/rdm-versi-mobile-android-dan-ios.html.

Arif Khairudin, A. K., and H. Nashoka. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM) Di MI Muhammadiyah Bakulan Desa Kalisatkidul, Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2021/2022.” Repository FITK UNSIQ (2022).

Azifah, Nur. “Implementasi RDM Di MI Islamiyah Syafiiyah Gandrirojo,” April 16, 2023.

Gilang, Bahar Salam. “Implementasi Aplikasi Raport Digital Untuk Pelaporan Evaluasi Hasil Belajar Di Mi Muhammadiyah Pasir Lor Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas.” Skripsi, IAIN PURWOKERTO, 2021. Accessed March 27, 2023. https://repository.uinsaizu.ac.id/9318/.

Jannah, Roudlotul. “Implementasi RDM Di MI Islamiyah Syafiiyah Gandrirojo,” April 16, 2023.

Khoeron, Moh. “Kemenag Luncurkan Rapor Digital untuk 87.000 Madrasah.” https://kemenag.go.id. Last modified August 20, 2021. Accessed April 3, 2023. https://kemenag.go.id/nasional/kemenag-luncurkan-rapor-digital-untuk-87000-madrasah-fvlthr.

Khoir, Syifaul. “Implementasi Aplikasi RDM Di MI Islamiyah Syafiiyah Gandrirojo,” April 15, 2023.

Kurniawan, Muhammad Ragil, and Nurul Hidayati Rofiah. “Pola Penggunaan Internet Di Lingkungan Sekolah Dasar Se-Kota Yogyakarta.” Southeast Asian Journal of Islamic Education 2, no. 2 (2020): 93–108.

Nasution, Suri Wahyuni. “Asesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Prosiding Pendidikan Dasar 1, no. 1 (2022): 135–142.

Ngainiyah, Inarotul. “Implementasi Aplikasi Raport Digital Madrasah Dalam Penilaian Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Tahun Pelajaran 2021/2022.” Skripsi, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, 2022. Accessed March 27, 2023. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56398/.

Nuraini, Rini, Fadllurrohman Fadllurrohman, and Norfaizah Norfaizah. “Implementasi Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis Rapor Digital Madrasah Di MI Mathla’ul Anwar HSU.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 4 (2022): 1053–1064.

Pratama, M. Arifky, Yuliyus Penpanani, and Nanang Suherli. “Implementasi Aplikasi Raport Digital Madrasah (RDM) Dalam Penilaian Hasil Belajar Siswa di MTsN 1 Bengkulu Selatan.” Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan 2, no. 2 (December 15, 2022): 91–97.

Rosnaeni, Rosnaeni. “Karakteristik Dan Asesmen Pembelajaran Abad 21.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (2021): 4334–4339.

Rusdiana. Konsep Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2014.

Sanjaya, Wina. Kurikulum Dan Pembelajaran; Teori Dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana, 2010.

Sayekti, Siskha Putri. “Systematic Literature Review: Pengembangan Asesmen Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Tingkat Sekolah Dasar.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2:22–28, 2022.

Setyowati, Aning. “Inovasi Pembelajaran Guru Dalam Penanaman Akhlak Pada Anak Melalui Murojaah Berbasis IT Di Masa Pandemi Covid-19 Di TK Sabila Ponorogo.” PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2021.

Soemanto, Wasty. Petunjuk Untuk Pembinaan Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1980.

Suciati, Tian Belawati, Dewi Artati Padmo, and Sri Handayani. “Difusi Inovasi Pendidikan.” 1:1–30. Jakarta: Universitas Terbuka, 2015. Accessed April 3, 2023. http://repository.ut.ac.id/4327/.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). 25th ed. Bandung: CV Alfabeta, 2017.

Tim Teknis Kemenag. “Aplikasi Rapor Digital Madrasah; Panduan Untuk Operator/Admin Madrasah Dan Guru.” Kemenag Republik Indonesia, 2021. Accessed April 3, 2023. https://www.google.com/search?q=raport+digital+madrasah+pdf&oq=raport+digital+madrasah+pdf&aqs=chrome..69i57j69i60.7606j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8.

Widiawati, Nani, Neni Wahyuningtyas, and Idris Idris. “Asesmen Pembelajaran selama Masa Pandemi: A Systematic Literature Review.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 15, no. 2 (October 1, 2022): 165–177.

Zulaikho. “Implementasi RDM Di MI Islamiyah Syafiiyah Gandrirojo,” April 16, 2023.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-09

Cara Mengutip

Yusuf Khoiril Anwar, & Syifaul Khoir. (2023). INOVASI PENILAIAN PEMBELAJARAN MELALUI APLIKASI RAPOR DIGITAL MADRASAH (RDM) DI MI ISLAMIYAH SYAFIIYAH GANDRIROJO. Istifkar, 3(1), 71–88. https://doi.org/10.62509/ji.v3i1.78