EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK BI KUNINGAN (Analisis Menggunakan Model Evaluasi Countenance)
DOI:
https://doi.org/10.62509/ji.v2i2.68Kata Kunci:
Evaluasi, Implementasi Kurikulum, Kurikulum 2013Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di SMK Tahun Ajaran 2020/2021. Komponen yang dievaluasi ada 3 yaitu: 1) Perencanaan Pembelajaran. 2) Pelaksanaan Pembelajaran dan Pelaksanaan Penilaian Autentik. 3) Hasil Pembelajaran terkait aspek kognitif dan aspek psikomotorik. Model evaluasi yang digunakan yaitu model evaluasi Countenance Stake. Evaluasi dilakukan dengan mengumpulkan informasi yang berupa data komponen implementasi kurikulum untuk kemudian dibandingkan dengan standar dari Kemdikbud. Subjek penelitian wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru pendidikan agama islam dan siswa kelas 10, 11 dan 12 jurusan Farmasi. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan lembar dokumen data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Perencanaan Pembelajaran dengan nilai 66.67% pada kategori baik sekali, 11.11% pada kategori baik, dan 22.22% pada kategori cukup. Pelaksanaan pembelajaran didapatkan persentase nilai 52.94% pada kategori baik sekali, 17.65% pada kategori baik, 11.76% pada kategori cukup, dan 17.65% pada kategori kurang. hasil pembelajaran didapatkan persentase 100% pada kategori baik sekali.
Kata Kunci: Evaluasi, Implementasi Kurikulum, Kurikulum 2013
Referensi
Ananda, Rusydi, Asrul, dan Rosnita. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media (2014).
Davidson, E. Jane. (2005). Evaluation Methodology Basic: The Nuts and Bolts of Sound Evaluation. California: Sage Publication Inc. (2005:1).
Hasmori, Akhmal Annas. (2011). Pendidikan, Kurikulum Dan Masyarakat : Satu Integrasi. Journal of Edupres.
Lincoln and Guba. (1985). Qualitative Research. Singapore. Singapore: Mc. Graw Hill Book Co.
Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
M. Althaf, Romanti, Berbagai Kurikulum Yang Pernah Diterapkan di Indonesia, https://itjen.kemdikbud.go.id/web/berbagai-kurikulum-yang-pernah-diterapkan-di-indonesia/
Septiani, An-nisa Nur Sholihah Indah. (2018). Analisis Teoritis Penggunaan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. SENDIKA: Seminar Nasional Pendidikan FKIP UAD. 2.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya (2013).
Wawancara kepada Nenden Fika Kartini pada tahun 2020.
Wawancara kepada Neneg Tuti pada tahun 2020.
Wawancara kepada Robi Herdaris pada tahun 2022.

