KONSEPSI PENDIDIKAN ISLAM: MENELUSURI AKAR HISOTORIS TERBENTUKNYA PRAKTIK AWAL PENDIDIKAN ZAMAN NABI SAW
DOI:
https://doi.org/10.62509/ji.v3i2.87Kata Kunci:
Pendidikan Islam, Historis, Praktek Pendidikan.Abstrak
Penelitian ini ditujukan untuk menelusuri akar historis dari praktik Islam sebagai insipirasi dari pendidikan Islam yang berkembang hingga sekarang. Praktik pendidikan Islam yang berkembang hari ini, memiliki akar kuat yang beriringan dengan terbentuknya Islam secara institusi sejak zaman Nabi Saw. Pergumulan Islam sebagai suatu ajaran agama, mengandaikan telah terjadinya segala bentuk praktik sosial beserta segala aspek yang melatarinya. Pendidikan Islam yang termasuk dari salah satunya, memberikan nuansa historis yang penting untuk kemudian mempunyai pondasi yang kuat sebagai satu pijakan dalam perkembangannya. Atas dasar itulah kemudian, mengungkap praktik-pratik dan prinsip yang diletakan Nabi Saw pada awal lahirnya Islam menjadi penting dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif berdasarkan data-data kepustakaan (library research). Dengan menekankan pada analisis historis, penelitian ini akan mengulik praktik-praktik keseharian dakwah Nabi Saw yang sarat akan praktek pendidikan Islam. Hasilnya, Pendidikan Islam sebagai sebuah konsep dan praktik berjalan beriringan dengan hadirnya Islam sebagai sebuah ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw. Islam sebagai konsep awal, menjadi konten pendidikan yang menekankan pada berbagai ajaran yang didasarkan dalam kitab suci al-Qur’an. Pendidikan yang dilakukan oleh Nabi dimaknai secara historis mengalami dua periode, sebagaimana periodisasi wahyu dan kehidupan Nabi. Dua periode tersebut diantaranya pra dan pasca hijrahnya Nabi Saw bersama pengikutnya ke Madinah.
Referensi
Al-Qaththan, Manna. “Mabahits Fi Ulumil Qur’an.” Jakarta: Ummul Qura, 2017.
Bafadhol, Ibrahim. “Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 11 (2017): 14.
Ifendi, Mahfud. “Kuttab Dalam Lintasan Sejarah: Dari Masa Pembinaan Hingga Kejayaan Pendidikan Islam (570 M-1258 M).” AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 2021, 27–38.
Lukman, Muhammad, Awaluddin Nasution, and Nurhasanah Bakhtiar. “Revolusi Islam Terhadap Kondisi Sosial Masyarakat Arab.” JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam) 3, no. 1 (2019): 25–32.
Mahroes, Serli. “Kebangkitan Pendidikan Bani Abbasiyah Perspektif Sejarah Pendidikan Islam.” TARBIYA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 1, no. 1 (2015): 77–108.
Moesa, Ali Machsan. Nasionalisme Kiai; Konstruksi Sosial Berbasis Agama. LKIS Pelangi Aksara, 2007.
Mukhlis, Abdul. “Abdul Mukhlis TELAAH SEJARAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ANDALUSIA DAN SISILIA.” Pancawahana: Jurnal Studi Islam 16, no. 2 (2021): 91–107.
Muslim, Muslim. “Pertumbuhan Insititusi Pendidikan Awal Di Indonesia: Pesantren, Surau Dan Dayah.” Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam 2, no. 1 (2021): 19–37.
Nasution, Harun. “Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya Jilid I. Jakarta.” Universitas Indonesia, 1985.
———. “Pembaharuan Dalam Islam: Sejarah Pemikiran Dan Gerakan,” 1982.
Nata, Abuddin. Sejarah Pendidikan Islam: Pada Periode Klasik Dan Pertengahan. Rajagrafindo, 2004.
Nor, Mohd Roslan Mohd. “Sejarah Dan Perkembangan Pendidikan Islam Di Malaysia.” At-Ta’dib 6, no. 1 (2011).
Rahman, Kholilur. “Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2018): 1–14.
———. “Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Tarbiyatuna 2, no. 1 (2018): 1–14.
Rahmat, Ali. “Melacak Khazanah Pendidikan Pada Masa Nabi Muhammad SAW:(Studi Analisis Sosial Terhadap Strategi Pembelajaran).” Kariman: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman 8, no. 1 (2020): 55–66.
Rama, Bahaking. “Sejarah Pendidikan Islam-Pertumbuhan Dan Perkembangan Hingga Masa Khulafaurrasidin.” Jakarta: Paradotama Wiragemilang, 2002.
Rianie, Nurjannah. “Pendekatan Dan Metode Pendidikan Islam (Sebuah Perbandingan Dalam Konsep Teori Pendidikan Islam Dan Barat).” Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (2015).
Sakdiah, Halimatus. “Komunikasi Interpersonal Sebagai Strategi Dakwah Rasulullah (Perspektif Psikologi).” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 15, no. 30 (2016): 1–13.
Sudrajat, Adi. “Pesantren Sebagai Transformasi Pendidikan Islam Di Indonesia.” Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan 2, no. 2 (2018): 64–88.
Suriansyah, Ahmad. “Landasan Pendidikan.” Comdes, 2011.
Syarifuddin, Nur. “Madrasah Sebagai Bentuk Transformasi Pendidikan Islam Di Indonesia.” Al-Ibrah 2, no. 2 (2017): 25–54.
Usman, Idris Muhammad. “Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Al Hikmah 14, no. 1 (2013): 101–19.
Yunus, Mahmud. Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia. Hidakarya Agung. Jakarta, 1992.