IMPLIKASI HIDDEN CURRICULUM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DI SEKOLAH DASAR KOTA SEMARANG (Studi pada SD Islam Al-Madina dan SD Nasima Kota Semarang)

Penulis

  • Mutanawwiatul Khoiroh Universitas Wahid Hasyim Semarang
  • Abdul Azis Fatkhurrohman

Kata Kunci:

Hidden Curriculum, Karakter Religius

Abstrak

Sejauh ini, perhatian terhadap kurikulum formal bagi para praktisi pendidikan menjadi hal utama yang terus diperdebatkan. Perdebatan yang terjadi, bertumpu pada sejauh mana efektifitas dari kurikulum yang secara continue mengalami perubahan. Perhatian terhadap kurikulum formal sebagai basis utama dalam pembentukan karakter anak didik menyita perhatian berbagai kalangan hingga praktisi pendidikan. Padahal, ada hal urgen lain yang menjadikan penunjang tidak kalah penting. Penunjang tersebut terangkum dalam hidden curriculum. Pada titik inilah peneliti akan mengarahkan penelusuran pada praktek daripada hidden curriculum sebagai penunjang yang tidak kalah penting di samping adanya kurikulum formal. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data penelitian mengambil praktek hidden curriculum yang diterapkan pada Lembaga Pendidikan di Semarang. Hasilnya bahwa praktek hidden curriculum menjadi pertimbangan penting dua lembaga pendidikan tersebut dalam pembentukan karakter religius. Perbedaan praktek dan perencanaan di kedua sekolah tersebut, dapat dipahami sebagai pendekatan yang berbeda berdasarkan kebutuhan peserta didik. Selain itu perbedaan visi dan misi sekolah menjadi titik tolak orientasi yang ingin diwujudkan. Sedangkan implikasi yang dihasilkan mendorong peserta didik untuk mempunyai perhatian terhadap aspek sosial, mengajarkan rasa syukur, memiliki pribadi yang disiplin dan nilai-nilai umum lain dari representasi karakter religius.

Referensi

Amanudin, Nurmalia. “Penerapan Hidden Curriculum Dalam Menjadikan Generasi Qur’ani Di SDIT Al-Istiqomah Puri Kosambi Karawang,” 2021.

Asfiati, Asfiati. “Internalisasi Pendekatan Humanis Dalam Kurikulum Tersembunyi.” Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman 7, no. 01 (2019): 45–59.

Camila Fatah Suroyyah, Nehru Millat Ahmad. “STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES SEBAGAI UPAYA PEMECAHAN MASALAH BELAJAR.” Istifkar: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2022): 108–28. https://doi.org/https://doi.org/10.62509/ji.v2i2.67.

Cholisoh, Lies. “Analisis Implementasi Hidden Curriculum Dalam Pendidikan Karakter.” Tesis Program Magister Managemen Pendidikan Agama Islam, UIN Syarif …, 2019.

Corbin, Juliet, and Anselm Strauss. “Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Fitriani, Ely. “Implementasi Hidden Curriculum Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik: Studi Multi Situs Di MAN Model Dan SMA Muhammadiyah Al-Amin Di Sorong.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2017.

Fuadah, Yayu Tsamrotul, and Nurul Hidayati Murtafiah. “Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Kepemimpinan Spiritual Kepala Madrasah.” JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman 8, no. 02 (2022).

Majid, Abdul, Dian Andayani, M Pd, S Ag, and S Pd. Pendidikan Karakter Perspektip Islam. Pt Remaja Rosdakarya Bandung, 2019.

Maritsa, Ana, Unik Hanifah Salsabila, Muhammad Wafiq, Putri Rahma Anindya, and Muhammad Azhar Ma’shum. “Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 18, no. 2 (2021): 91–100.

Noor, Rohinah M. “The Hidden Curriculum Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler.” Yogyakarta: Insan Madani, 2012.

Novitasari, Popy. “Peran Guru Dalam Pelaksanaan Hidden Curriculum Terhadap Pencapaian Tujuan Pendidikan Agama Islam Di Man 1 Bandar Lampung.” UIN Raden Intan Lampung, 2017.

Nudin, Burhan. “Konsep Pendidikan Islam Pada Remaja Di Era Disrupsi Dalam Mengatasi Krisis Moral.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 11, no. 1 (2020): 63–74.

Rosyada, Dede. “Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan,” 2004.

Sudjana, Nana, and R Ibrahim. “Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif.” Bandung: Sinar Baru, 1989.

Suryadi, Sudi. “Peranan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Perkembangan Dunia Pendidikan.” Informatika 3, no. 3 (2015): 133–43.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-09

Cara Mengutip

Khoiroh, M., & Abdul Azis Fatkhurrohman. (2024). IMPLIKASI HIDDEN CURRICULUM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DI SEKOLAH DASAR KOTA SEMARANG (Studi pada SD Islam Al-Madina dan SD Nasima Kota Semarang). Istifkar, 4(2), 174–199. Diambil dari https://jurnal.stik-kendal.ac.id/index.php/istifkar/article/view/130

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama