NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TA’LIM MUTA’ALLIM DAN AKTUALISASINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP TAKHASSUS AL MIFTAH LIMPUNG

Penulis

  • Akhmad Ainun Nadjib STIK KENDAL
  • Ahmad Munadirin Sekolah Tinggi Islam Kendal

Kata Kunci:

Nilai, Pendidikan, Akhlak, Karakter

Abstrak

Abstrak

Dilatar belakangi dengan merosotnya pendidikan akhlak di lingkungan masyarakat memunculkan berbagai permasalahan yang bersangkutan dengan akhlak mulai mencuat hingga menyebabkan degradasi moral. Karenanya, perlu kajian mengenai pendidikan akhlak yang diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi Pendidikan di Smp Takhassus Al Miftah. Selain itu, dalam penelitian ini juga akan dikaji aktualisasinya dengan pendidikan karakter sebagai identitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter pada kitab ta’lim muta’allim karya syeikh az- Zarnuji. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab ta’lim muta’allim?(2) Bagaimana aktualisasi nilai pendidikan akhlak dalam kitab ta’lim muta’allim terhadap pendidikan karakter di SMP Takhassus AL Miftah Limpung ?

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer adalah kitab ta’lim muta’allim, sumber sekundernya diambil dari buku-buku lain, jurnal, artikel dan lain sebagainya yang bersangkutan dan relevan dengan penelitian. Adapun teknis analisis data menggunakan metode deskriptif analitis dan content analysis. Temuan penelitian ini, menunjukkan bahwa kitab ta’lim muta’allim masih relevan samapai saat ini dengan pendidikan karakter di Indonesia. Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung di dalamnya antara lain: 1). Memiliki niat yang baik, 2). Musyawarah, 3). Rasa hormat, 4). Sabar dan tabah, 5). Kerja keras, 6). Meyantuni diri, 7). Bercita-cita tinggi, 8). Sederhana, 9). Saling menasehati, 10). Istifadzah (mengambil pelajaran), 11). Tawakkal. Nilai-nilai pendidkan karakter tersebut akan sangat membantu di dalam mewujudkan tujuan pendidikan karakter di Smp Takhassus Al Miftah. Dengan demikian, diharapkan penelitian ini bisa memperkaya khazanah keilmuan dan menjadi terobosan ilmiah yang konstruktif bagi segenap praktisi pendidikan dalam rangka menciptakan satu pola pendidikan yang mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak dan karakter untuk menjawab tantangan dan perkembangan zaman.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-30

Cara Mengutip

Akhmad Ainun Nadjib, & Ahmad Munadirin. (2023). NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TA’LIM MUTA’ALLIM DAN AKTUALISASINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP TAKHASSUS AL MIFTAH LIMPUNG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–16. Diambil dari https://jurnal.stik-kendal.ac.id/index.php/dimastika/article/view/180