METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN KEAGAMAAN DI DESA GEMUH BLANTEN KECAMATAN GEMUH KABUPATEN KENDAL
Kata Kunci:
Pendidikan Keagamaan, TPQ, Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Gemuhblanten.Abstrak
Pendidikan agama memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak sejak usia dini.
Selain pendidikan formal, pendidikan nonformal seperti Taman Pendidikan Al-Qur'an
(TPQ) berkontribusi dalam membangun pemahaman keagamaan anak. Namun,
pembelajaran di TPQ sering kali menghadapi tantangan dalam metode dan strategi
pengajaran yang kurang variatif, sehingga anak-anak mudah bosan. Oleh karena itu,
diperlukan peningkatan kualitas pengajaran melalui metode yang inovatif dan strategi yang
tepat. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk seminar oleh mahasiswa KKN STIK Kendal
kelompok VIII di Desa Gemuhblanten, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal. Metode
yang digunakan adalah ceramah dan tanya jawab, dengan evaluasi pemahaman peserta
sebelum dan sesudah pelatihan. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam
pemahaman strategi dan metode pembelajaran dari 30% sebelum pelatihan menjadi 90%
setelahnya. Selain itu, partisipasi aktif peserta dalam diskusi mencapai 80%. Seminar ini
berhasil meningkatkan pemahaman guru TPQ dalam mengembangkan metode
pembelajaran yang lebih menarik dan efektif, sehingga dapat meningkatkan kualitas
pendidikan keagamaan di desa tersebut.
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2023-09-09 (2)
- 2023-09-09 (1)