PENERAPAN METODE IQRA’ DALAM MENINGKATKAN KETEPATAN MELAFALKAN AYAT AL-QURAN PADA SANTRI DI MADRASAH DINIYAH NURUL HUDA CARIKAN KERTOSARI

Penulis

  • Siti Alifah Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • Masruri Sekolah Tinggi Islam Kendal

Kata Kunci:

Metode Iqra’, Al-Qur'an, pembelajaran, santri, Madrasah Diniyah.

Abstrak

Penelitian ini membahas penerapan metode Iqra’ dalam meningkatkan ketepatan melafalkan ayat Al-Qur'an di Madrasah Diniyah Nurul Huda Carikan Kertosari. Metode Iqra’ merupakan sistem pendidikan yang dirancang untuk memudahkan santri dalam membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif untuk mengeksplorasi kondisi pembelajaran di madrasah tersebut. Hasil observasi menunjukkan bahwa meskipun metode Iqra’ telah diterapkan, masih terdapat tantangan dalam penguasaan tajwid dan pengucapan yang tepat di kalangan santri. Faktor pendukung seperti adanya modul pembelajaran dan dukungan orang tua berperan penting, sementara faktor penghambat meliputi kurangnya sarana prasarana dan pengaruh lingkungan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode Iqra’ efektif dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an, tetapi memerlukan perhatian lebih terhadap aspek-aspek yang dapat menghambat pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-30

Cara Mengutip

Siti Alifah, & Masruri. (2023). PENERAPAN METODE IQRA’ DALAM MENINGKATKAN KETEPATAN MELAFALKAN AYAT AL-QURAN PADA SANTRI DI MADRASAH DINIYAH NURUL HUDA CARIKAN KERTOSARI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 17–41. Diambil dari https://jurnal.stik-kendal.ac.id/index.php/dimastika/article/view/174