PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V MI AL ISLAM BRINGINSARI KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Penulis

  • Farichatun STIK KENDAL
  • Ahmad Tantowi Sekolah Tinggi Islam Kendal

Kata Kunci:

Pelaksanaan, Pembelajaran IPA, Lingkungan Sekolah

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan konsep pembelajaran di sekolah yang terlalu menekankan aspek kognitif dan kurang memperhatikan kebutuhan serta pengembangan potensi peserta didik,  sehingga pembelajaran cenderung bersifat teoritik dan konvensional. Selain itu, perlunya pembelajaran tematik yang berorientasi pada pemberian pengalaman langsung kepada peserta didik. Adapun rumusan  masalah penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran ipa materi suhu dan kalor berbasis lingkungan sekitar di MI Al Islam Bringinsari. Tujuan penlitian ini yang pertama adalah untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaaan, dan evaluasi pembelajaran IPA materi suhu dan kalor kelas V di MI Al Islam Bringinsari. Dan tujuan yang kedua untuk mengetahui hasil dari penerapan pembelajaran berbasis lingkungan pembelajaran IPA materi suhu dan kalor kelas V di MI AL ISLAM Bringinsari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala madrasah dan guru kelas v mi al islam bringinsari.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Tahap pelaksanaan pembelajaran ipa berbasis lingkungan pada tahap perencanaan dimulai dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang diintegrasikan dengan lingkungan sekitar. (2) tahap pelaksanaan dilakukan dengan mengajak siswa untuk belajar secara aktif dan kreatif dengan lingkungan nyata di sekitarnya. (3) Evaluasi dilaksanakan di MI Al Islam Bringinsari dilakukan secara langsung  melalui penilaian kognitif, afektif dan psikomotor. Penilaian yang dilakukan di kelas V mi Al Islam Bringinsari adalah penilaian autentik yang meliputi penilaian pengetahuan dengan menggunakan tes tertulis, lisan dan penugasan, penilaian sikap menggunakan observasi dan penilaian keterampilan menggunakan portofolio dan unjuk kerja.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-30

Cara Mengutip

Farichatun, & Ahmad Tantowi. (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V MI AL ISLAM BRINGINSARI KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 64–75. Diambil dari https://jurnal.stik-kendal.ac.id/index.php/dimastika/article/view/181