PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGUATAN KARAKTER ISLAMI SISWA SMP NEGERI 03 SUKOREJO KABUPATEN KENDAL
Kata Kunci:
Pendidikan karakter, peran guru, PAIAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: 1) pendidikan karakter islami pada siswa di SMP Negeri 3 Sukorejo, Kabupaten Kendal, 2) peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter islami pada siswa di SMP Negeri 3 Sukorejo, Kabupaten Kendal, 3) faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter islami pada siswa di SMP Negeri 3 Sukorejo, Kabupaten Kendal. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PAI, siswa, dan kepala sekolah SMP Negeri 03 Sukorejo Kabupaten Kendal. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Karakter siswa di SMP Negeri 03 Sukorejo dalam segi islami dan tanggung jawab sudah dikatakan baik, 2) Peran Guru PAI dalam membentuk karakter islami dan tanggung jawab siswa SMP Negeri 03 Sukorejo pada dasarnya salah satu kriteria guru PAI yang terpenting adalah mempunyai latar belakang agama yang kuat sebagai guru PAI, membaca Al-Quran dengan baik, berakhlak baik, bertanggung jawab dan mampu membimbing siswa menuju hal-hal baik. 3) Faktor pendukung dalam membentuk karakter islami dan tanggung jawab siswa SMP Negeri 03 Sukorejo dipengaruhi oleh: visi dan misi sekolah yang sesuai, standar isi kurikulum yang digunakan, peran guru, fasilitas yang mendukung, peran orang tua dalam program sekolah. Sedangkan faktor penghambat dalam membentuk karakter islami dan tanggung jawab siswa SMP Negeri 03 Sukorejo dipengaruhi oleh: kesadaran dari siswa yang kurang mendukung, kurangnya pengetahuan orang tua tentang pendidikan karakter, teknologi sosial media yang tidak bisa dikontrol.
Referensi
Ahmad, Nehru Millat. “KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KISAH LUQMAN (APLIKASI INTERTEKSTUALITAS JULIA KRISTEVA Q.S. AL-LUQMAN AYAT 12-19).” Istifkar: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2021): 82–96. https://doi.org/https://doi.org/10.62509/ji.v1i1.40.
Ahmad, T. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras, 2011.
Anshori, Isa. “Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah.” Halaqa: Islamic Education Journal 1, no. 2 (2017): 63–74. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1243.
Choli, Ifham. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2019): 35–52. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.511.
Firmansyah, Mokh Iman. “Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar, Dan Fungsi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim 17, no. 2 (2019): 79–90.
Haniyyah, Z. “Peran Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa Di SMPN 03 Jombang.” IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaaan 1, no. 1 (2021): 75–86.
Ile, T. R. Manajemen Penelitian Guru Untuk Pedidikan Bermutu. Jakarta: PT Grasindo, 2016.
Moleong, L.J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.
Mu’in, F. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik & Praktik. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2016.
Putri, Noni, and Rengga Satria. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Melaksanakan Penanaman Karakter Religius Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 2 (2021): 3832.
Riza, Muhammad. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam.” Jurnal As-Salam 1, no. 1 (2016). https://doi.org/10.53649/taujih.v3i1.93.
Rony, Rony, and Siti Ainun Jariyah. “Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik.” Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2020): 79–100. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.18.
Saifuddin, U I N K H, and Zuhri Purwokerto. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa MTs Al-Mukarromah Sampang.” Universitas Islam Negeri K.H. Saifuddin Zuhri Purwoketo, 2022.
Salsabilah, Azka Salmaa, Dinie Anggraeni Dewi, and Yayang Furi Furnamasari. “Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 3 (2021): 7158–63.
Setiawan, Farid, Annisa Septarea Hutami, Dias Syahrul Riyadi, Virandra Adhe Arista, and Yoga Handis Al Dani. “Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam.” Al-Mudarris :Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 4, no. 1 (2021): 1–22. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.2809.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan RnD. Bandung: Alfabeta, 2010.
Suyudi, Muhamad, and Nasrul Wathon. “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Karakter Siswa.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 12, no. 2 (2020): 195–205. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.563.
Yudia Fauzi, Fadil, Ismail Arianto, and Etin Solihatin. “Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik.” JURNAL PPKN UNJ ONLINE 1, no. 2 (2013): 1–15.