PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN SALAMAN DI SEKOLAH

Penulis

  • Nurul Aini SD N 2 Ngampel Kulon, Kendal

DOI:

https://doi.org/10.62509/ji.v1i2.46

Kata Kunci:

Pendidikan karakter, Salaman, kegiatan sekolah

Abstrak

Abstract

Character building in students is very urgent and fundamental, so parents and teachers are responsible for building and growing students in the school environment in general and in the learning process. The hope is that people with character will be formed with the various policies contained in the school program. Research that uses the library search method is to study and describe the activities related to handshakes/shakes as an effort to build character in students. The results of the handshake activity research with habituation patterns and modeling. The stages of the research carried out were: (1) Collecting data: from the review process of journals related to children's personality development, as well as information related to character education, implemented into modules so as to obtain the information needed for research. (2) Data reduction: explore, classify, direct, separate data that is not needed, and organize data in such a way as to arrive at final conclusions and be verified. (3) Data presentation: reviewing the benefits of research and providing conclusions and taking actions from possible data, so that some general conclusions are obtained Through handshakes, the formation of students' character, politeness is realized. Done with habituation every day, when coming and going home. Characters that are built with the habit of shaking hands are polite to others, both older and younger. The stages of this activity include 3 stages, namely routine school activities, spontaneous activities, and example.

Keywords:Charakter building, handshake, school activities

Abstrak

Pembentukan karakter pada siswa merupakan hal yang sangat urgen dan fundamental, sehingga orang tua dan guru bertanggung jawab membangun dan menumbuhkan pada diri siswa di lingkungan sekolah umumnya dan dalam proses pembelajaran. Harapannya adalah agar terbentuk insan-insan yang berkarakter dengan berbagai kebijakan yang tertuang dalam program sekolah. Penelitian yang menggunakan metode studi kepustakaan (library Search) penelitian mempelajari dan mendeskripsikan terkait dengan kegiatan jabat tangan/salaman sebagai upaya pembentukan karakter pada siswa. Hasil penelitian kegiatan salaman dengan pola pembiasaan dan pemodelan. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah: (1) Mengumpulkan data: dari proses review jurnal-jurnal terkait perkembangan kepribadian anak, juga informasi terkait pendidikan karakter, diimplementasikan kedalam modul sehingga mendapatkan informasi yang diperlukan untuk penelitian. (2) Reduksi data : mendalami,  menggolongkan,  mengarahkan, memisahkan  data  yang  tidak  dibutuhkan, dan mengatur data sedemikian rupa untuk sampai pada  kesimpulan akhir  dan  diverifikasi. (3) Penyajian data: mengkaji manfaat penelitian dan memberikan kesimpulan dan pengambilan tindakan dari data yang memungkinkan, sehingga diperoleh beberapa simpulan umum. Melalui salaman pembentukan karakter siswa sopan santun di wujudkan. Dilakukan dengan pembiasaan setiap hari, saat datang dan akan pulang. Karakter yang dibangun dengan pembiasaan salaman adalah sopan santun terhadap sesame, baik yang lebih tua maupun yang lebih muda. Tahapan kegiatan ini meliputi 3 tahapan, yaitu kegiatan rutin sekolah, kegiatan spontan, dan keteladanan

Kata Kunci: Pendidikan karakter, Salaman, kegiatan sekolah 

 

Referensi

Agus Silahudin, ‘Perbandingan Konsep Kepribadian Menurut Barat Dan Islam’, Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 17.2 (2019), 249 <https://doi.org/10.24014/af.v17i2.6343>.

Ahmad Syamsu Rizal, ‘Filsafat Pendidikan Islam Sebagai Landasan Membangun Sistem Pendidikan Islami’, Jurnal Pendidikan Agama Islam - Ta’lim, 12.1 (2014), 1–18 <http://jurnal.upi.edu/file/01_-_Landasan_Filosofis_Pendidikan_Islam_-_Rizal.pdf>.

Ahmad Yani, ‘Implementasi Islamic Parenting Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Di Ra At-Taqwa Kota Cirebon’, AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3.1 (2017) <https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1464>.

Amir Hamzah Lubis, ‘Pendidikan Keimanan Dan Pembentukan Kepribadian Muslim’, Jurnal Darul ‘Ilmi, 04.01 (2016), 65–73.

Baiq Lina and Astini Rahayu, ‘Peran Bimbingan Dan Konseling Melalui Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Pada Anak Usia Dini’, 2.2, 68–77.

D Wahyudi and I. M Arsana, ‘Peran Keluarga Dala Membina Sopan Santun Anak Di Desa Galis’, Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1.2 (2014), 290–304.

Daviq Chairilsyah, ‘Pembentukan Kepribadian Positif’, Educhild, 1.1 (2012), 1–7.

Elsa Lutmiranita Amanatin and others, ‘Dari Salaman Ke Senyuman: Dampak Kebijakan Kesehatan Global Terhadap Komunitas Lokal Di Era Pandemi’, Umbara, 5.2 (2020), 118 <https://doi.org/10.24198/umbara.v5i2.30656>.

Gina Sonia and Nurliana Cipta Apsari, ‘Pola Asuh Yang Berbeda-Beda Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak’, Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7.1 (2020), 128 <https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.27453>.

Jamaluddin Jamaluddin, Acep Komarudin, and Asep Andi Rahman, ‘Bimbingan Orang Tua Dalam Mengembangkan Kepribadian Anak’, Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 4.2 (2019), 170–184 <https://doi.org/10.15575/ath.v4i2.5575>.

Jumri H. Tahang, ‘Urgensi Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak’, HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 7.2 (2010), 163 <https://doi.org/10.24239/jsi.v7i2.99.163-178>.Muhammad Ilyas and Ayu Dewi Maharani, ‘Konsep Kepribadian Islam Menurut Taqiyuddin An Nabhani’, Ejurnal.Umri.Ac.Id,2.2(2019),132–143.

Latifah Umi, ‘Perkembangan Pada Anak Sekolah Dasar: Masalah Dan Perkembangannyatle’, Aspek Perkembangan Pada Anak Sekolah Dasar: Masalah Dan Perkembangannya, 1.faktor yang mempengaruhi perkembangan (2017), 191.

M. Ilyas, ‘Fase Perkembangan Manusia Dalam Pendidikan Islam’, AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam, 4.1 (2019), 1–14 <https://doi.org/10.46963/alliqo.v4i1.12>.

Maryati, ‘Implementasi Pendidikan Karakter Pada Bahan Ajar’, Jurnal Guru Indonesia, X.X (2021), 21–30.

Muhimmatul Hasanah, ‘Dinamika Kepribadian Menurut Psikologi Islami’, Ummul Quro, 6.Jurnal Ummul Qura Vol VI, No 2, September 2015 (2015), 110–24 <http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531>.

Nur Tri Atika, Husni Wakhuyudin, and Khusnul Fajriyah, ‘Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter’, Jurnal Mimbar Ilmu, 24.1 (2019), 105–113.

Qurrotu Ayun, ‘Pendidikan Dan Pengasuhan Keluarga Dalam Membentuk Perkembangan Kepribadian Anak: Perspektif Psikologi Perkembangan Islam’, Attarbiyah, 26 (2016), 91 <https://doi.org/10.18326/tarbiyah.v26i0.91-118>.

Ratih Kemala Ardiati, ‘Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Kepribadian Anak Usia Dini’, SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3.3 (2018), 73 <https://doi.org/10.23916/08413011>.

Resiana Nooraeni, ‘Implementasi Program Parenting Dalam Menumbuhkan Perilaku Pengasuhan Positif Orang Tua Di PAUD Tulip Tarogong Kaler Garut’, Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13.2 (2017), 31–41.

Rosniati Hakim, ‘Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Al-Quran’, Jurnal Pendidikan Karakter, 2, 2015, 123–36 <http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/2788>.

Septi Gumiandari, ‘Kepribadian Manusia Dalam Perspektif Psikologi Islam (Telaah Kritis Atas Psikologi Kepribadian Modern)’, Holistik, 12.1 (2011), 259–296.

Suhermanto Ja’far, ‘Struktur Kepribadian Manusia Perspektif Psikologi Dan Filsafat’, Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 2.2 (2016), 209–21 <https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.461>.

Syaiful Hamali, ‘Kepribadian Dalam Teori Sigmound Freud Dan Nafsiologi Dalam Islam’, Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 13.2 (2018), 285–302 <https://doi.org/10.24042/ajsla.v13i2.3844>.

Tatang Hidayat, Ahmad Syamsu Rizal, and Fahrudin Fahrudin, ‘Pendidikan Dalam Perspektif Islam Dan Peranannya Dalam Membina Kepribadian Islami’, Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8.2 (2018), 218 <https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3397>.

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-09

Cara Mengutip

Nurul Aini. (2021). PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN SALAMAN DI SEKOLAH. Istifkar, 1(2), 154–171. https://doi.org/10.62509/ji.v1i2.46