INTEGRASI HIDDEN KURIKULUM DALAM NILAI KEDISIPLINAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN PUTRI SALAFIYAH

Penulis

  • Aviah Asmaul Husna Universitas Nurul Jadid
  • Rahman Hamid Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.62509/jpai.v5i1.155

Kata Kunci:

Akhlak, Integrasi, Hidden Curriculum, Nilai Kedisiplinan, Pondok Pesantren, Salafiyah Bangil.

Abstrak

Pendidikan tidak hanya bertujuan untuk mentransfer pengetahuan formal, tetapi juga mencakup pembentukan karakter dan nilai-nilai moral yang esensial bagi perkembangan individu. Salah satu elemen penting dalam pendidikan adalah hidden curriculum, yang mencakup nilai-nilai, sikap, dan norma yang tidak diajarkan secara eksplisit, tetapi diperoleh melalui pengalaman, interaksi sosial, dan lingkungan belajar. Elemen ini melengkapi kurikulum formal dengan fokus pada pengembangan sikap, keterampilan, dan karakter siswa secara holistik. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka untuk menganalisis peran dan implementasi hidden curriculum dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hidden curriculum berperan strategis dalam menyampaikan nilai-nilai seperti kedisiplinan, toleransi, tanggung jawab, dan kepemimpinan. Nilai-nilai ini ditanamkan melalui pola tindakan, interaksi sosial, dan keteladanan guru serta pengasuh, yang secara alami memengaruhi pembentukan kepribadian siswa. Pelaksanaannya terjadi dalam proses pembelajaran sehari-hari, baik di dalam maupun di luar kelas. Meskipun demikian, terdapat hambatan dalam penerapan hidden curriculum, terutama kurangnya perhatian terhadap aspek afektif siswa akibat dominasi fokus pada aspek kognitif. Hal ini menyebabkan potensi hidden curriculum tidak dimanfaatkan secara optimal. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran dan langkah konkret untuk mengintegrasikan hidden curriculum secara efektif dalam proses pendidikan. Dengan menyeimbangkan perhatian pada aspek kognitif dan afektif, hidden curriculum dapat menjadi elemen kunci dalam menciptakan pendidikan yang holistik, bermakna, dan berbasis nilai, yang mendukung pembentukan karakter siswa yang berintegritas.

Referensi

Achmad, Y. (2020). KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER INDIGENOUS DALAM PERSPEKTIF ALQURAN. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.29002

Afifah, H., & Hindun, H. (2024). Penerapan Kitab Ta’lim Muta’allim Sebagai Hidden Curriculum Dalam Pembentukan Nilai Religiusitas Di Pondok MA Al-Imaroh. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 4(1), 12–18. https://doi.org/10.55606/jupensi.v4i1.3058

Ahmad, F. N., Mispani, M., & Yusuf, M. (2023). Integrasi Kurikulum Pendidikan Islam Pondok Pesantren Dan SMA. Assyfa Journal of Islamic Studies, 1(1), 73–86. https://doi.org/10.61650/ajis.v1i1.164

Ahya, A. (2019). Eksplorasi dan pengembangan skala qana’ah dengan pendekatan spiritual indigenous. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.22219/jipt.v7i1.7834

Alawiyah, T., Warman, T., & Faridatunnisa, N. (2022). Resepsi Estetika dan Fungsional dalam Amalan Surah al-Waqi’ah di Pondok Pesantren Hidayatul Insan Palangka Raya. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(4), Article 4. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.363

Al-nur, W. R. (2021). INSERSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI MELALUI PENGEMBANGAN HIDDEN CURRICULUM DI MIN 1 BANYUMAS. Mozaic : Islam Nusantara, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.47776/mozaic.v7i2.224

Baharun, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE. Cendekia: Journal of Education and Society, 14(2). https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.610

Baharun, H., & Ummah, R. (2018). Strengthening Students’ Character in Akhlaq Subject Through Problem Based Learning Model. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 3(1). https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2205

Basyiruddin, M. (2021). RELIGIOUS ORIENTATION AS THE HIDDEN CURRICULUM IN THE LEARNING PROCESS DURING OF THE COVID-19 PANDEMIC. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(3). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i3.8293

Buan, Y. A. L. (2021). Guru dan Pendidikan Karakter: Sinergitas Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Era Milenial. Penerbit Adab.

Dakir, D., Mundiri, A., Yaqin, M. A., Niwati, N., & Subaida, I. (2022). The Model of Teachers Communication Based on Multicultural Values in Rural Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2125

Fauzi, A. (2022a). Pembentukan Karakter Religius Santri Berbasis Hidden Curriculum di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta [masterThesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/62723

Fauzi, A. (2022b). Pembentukan Karakter Religius Santri Berbasis Hidden Curriculum di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta [masterThesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/62723

Firdausi, D., Rosida, I., & Sugianti. (2024). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Melalui Permainan Kata di Kelas VIII Pondok Pesantren Salafiyah 2 Bangil. Journal in Teaching and Education Area, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.69673/p94rdt17

Husna, A. A., & Hamid, A. R. N. A. (2024). Reactivating Local Wisdom Values and Religious Rituals as A Means to Achieve Social Harmony Among Religius Communities. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 8(1), 43–60. https://doi.org/10.36835/ancoms.v8i1.547

Islam, M. H. (2021). HIDDEN CURRICULUM SEKOLAH DALAM MENANGKAL RASISME KEBERAGAMAAN. Journal Multicultural of Islamic Education, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.35891/ims.v5i1.2765

Listrianti, F., & Mundiri, A. (2020). TRANSFORMATION OF CURRICULUM DEVELOPMENT BASED ON NATIONALITY-ORIENTED. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 8(1). https://doi.org/10.26811/peuradeun.v8i1.380

Makahinsade, S. (2021). Strategi Guru Sekolah Minggu Untuk Mempertahankan Karakter Iman Anak Sekolah Minggu Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Teologi dan Pendidikan, Vol. 2(1).

Masita, D. (2022). Salafi dalam Kontestasi Islam di Pasuruan. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 3(2), Article 2. https://www.ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/687

Mundir, A., Baharun, H., Soniya, S., & Hamimah, S. (2022). Childhood Behavior Management Strategy based on Fun Learning Environment. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2063

Musahwi, M., & Wahyuni, Y. (2024). Implementation of the Hidden Curriculum of Religious Moderation Education at State Islamic Senior High Schools in the Cirebon Region. Jurnal Studi Sosial Keagamaan Syekh Nurjati, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.24235/sejati.v4i1.77

Purwanto, E. (2022). HIDDEN CURRICULUM. ADIBA : JOURNAL OF EDUCATION, 2(2), Article 2. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/104

Putri, E. (2023). Implementasi Hidden Curriculum dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di MTs Pondok Pesantren Modern Babussalam Desa Teluk Bakung Kecamatan Tanjung Pura. Journal Millia Islamia, 201–211. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JMI/article/view/385

Putri, S. (2023). Tantangan dan Strategi Kebijakan Pendidikan dalam Mengatasi Toleransi: Tiga Dosa Besar Pendidikan dalam Konteks Pendidikan Multikultural. Proceedings Series of Educational Studies.

Ritonga, N., & Saleh, S. (2024). Penerapan hidden curriculum untuk meningkatkan nilai-nilai toleransi dan kerjasama pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewaraganegaraan di sekolah menengah pertama. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.29210/1202424414

Rozana, A. A., Wahid, A. H., & Muali, C. (2018). Smart Parenting Demokratis Dalam Membangun Karakter Anak. AL-ATHFAL : JURNAL PENDIDIKAN ANAK, 4(1). https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-01

Sabanil, S., Sarifah, I., & Imaningtyas, I. (2022). Peran Guru dalam Pelaksanaan Hidden Curriculum untuk Menumbuhkan Karakter Kebhinekaan Global Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3306

Sugiyono. (2018). Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarifah, N. L. (2020a). Pengaruh Hidden Curriculum Berbasis Pesantren Terhadap Pembentukan Akhlaqul Karimah Siswa di SMK Cordova Kajen Tahun 2019. QUALITY, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.21043/quality.v8i2.8169

Syarifah, N. L. (2020b). Pengaruh Hidden Curriculum Berbasis Pesantren Terhadap Pembentukan Akhlaqul Karimah Siswa di SMK Cordova Kajen Tahun 2019. QUALITY, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.21043/quality.v8i2.8169

Umagap, S., Salamor, L., & Gaite, T. (2022). Hidden Curriculum ( Kurikulum Tersembunyi ) sebagai wujud pendidikan karakter ( Studi pada SMK Al-Wathan Ambon ). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).

Wahid, A. H., & Falah, A. (2020). Moral Education Dalam Perspektif Imam Al-Ghazali. Edureligia, 04(01).

Wahyuwani, W., Judrah, J., & Suriati, S. (2023a). Implementasi Hidden Curriculum Dalam Pengembangan Kecerdasan Spiritual dan Self-Reliance Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Al-Ilmi, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v4i1.2265

Wahyuwani, W., Judrah, J., & Suriati, S. (2023b). Implementasi Hidden Curriculum Dalam Pengembangan Kecerdasan Spiritual dan Self-Reliance Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Al-Ilmi Jurnal Riset Pendidikan Islam, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v4i1.2265

Wardani, M. A. (2024). Strategi Kepemiminan KH. Khoiron Husain dalam Mengembangkan Pondok Pesantren Salafiyah Putri Kauman Pasuruan (1977-1987). Konferensi Nasional Mahasiswa Sejarah Peradaban Islam, 1, 979–987. https://proceedings.uinsa.ac.id/index.php/konmaspi/article/view/2748

Warsah, I., Destriani, Septian, R. Y., & Nurhayani. (2022). Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Rejang Lebong. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.3852

Yuliana, L., Muhajir, M., & Apud. (2021). PERAN CORE DAN HIDDEN CURRICULUM DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA ( Studi kasus di SMA Insan Kamil Tartila dan SMA Al –Asmaniyah Kabupaten Tangerang ). Jurnal Qathruna, V.8, 85–105. http://repository.uinbanten.ac.id/8509/

Yunandra. (2015). Pendidikan Keagamaan Islam di Indonesia: Tinjauan Kebijakan dan Implementasi. Kencana.

Zein, M. (2016). PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN. Inspiratif Pendidikan, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3480

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-03

Cara Mengutip

Aviah Asmaul Husna, & Hamid, R. (2025). INTEGRASI HIDDEN KURIKULUM DALAM NILAI KEDISIPLINAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN PUTRI SALAFIYAH. Istifkar, 5(1), 64–92. https://doi.org/10.62509/jpai.v5i1.155