KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KISAH LUQMAN (APLIKASI INTERTEKSTUALITAS JULIA KRISTEVA Q.S. AL-LUQMAN AYAT 12-19)
DOI:
https://doi.org/10.62509/ji.v1i1.40Kata Kunci:
Kata Kunci : Akhlak, Kisah Luqman, IntertekstualitasAbstrak
Berkembangnya suatu zaman atau pesatnya era globalisasi sangat berpengaruh pada aktifitas manusia dalam interaksi kepada sesama. Peristiwa tersebut yang menimbulkan berbagai dampak yang terjadi. Salah satu dampak yang sering marak terjadi yaitu terkait merosotnya moral dan akhlak terpuji. Dalam penelitian ini, kajian yang akan difokuskan mengenai bagaimana umat Islam selalu menjalani perkembangan zaman dengan berdasarkan nilai yang terkandung dalam al-Qur`an. Dengan judul konsep akhlak dalam kisah Luqman, diharapkan akan diambil sebuah pelajaran bagi orang tua dalam mendidik anaknya sejak usia dini. Pada penelitian ini, menganalisa konsep akhlak yang terdapat dalam al-Qur`an menggunakan toeri intertekstualitas yang dikemukan oleh Julia Kristeva. Adapun dalam penelitian ini termasuk kedalam kategori pustaka, yang mana sumber yang dihasilkan dari berbagai tulisan mengenai tema yang dikaji. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Nilai-nilai pendidikan akhlak yang tercantum dalam surat Al Luqman ayat 13-19 antara lain Pendidikan Akhlak Kepada Allah (Ketauhidan), Bersyukur kepada Allah, Melaksanakan Shalat, Amar ma’ruf nahi munkar (termasuk berbakti pada orangtua).
Referensi
Al-Khumayyis, M. B. A. (1996). Syirik dan Sebabnya. Jakarta : Gema Insani Press.
A. Gani, Burhanuddin. “Konsep Perdamaian Dan Keadilan Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah 16, no. 2 (2020): 157. https://doi.org/10.22373/jim.v16i2.6565.
A. Mahmud. “Akhlak Terhadap Allah Dan Rasulullah.” Sulesana, Jurnal Wawasan Keislaman 11, no. 2 (2017): 57–68.
Fatoni, Muhamad, and Ahmad Fikri Amrullah. “Penafsiran Kontekstual Ayat-Ayat Tarbawi ( Pendekatan Asbabun Nuzul ).” Jurnal Ilmu–Ilmu Ushuluddin 07 (2019): 19–36.
Firdaus. “Membentuk Pribadi Berakhlakul Karimah Secara Psikologis.” Al - Dzikra 11, no. 1 (2017): 55–88. https://media.neliti.com/media/publications/178009-ID-membentuk-pribadi-berakhlakul-karimah-se.pdf.
Garwan, Muhammad Sakti. “Analisis Semiotika Pada Teks Al- Qur ’ an Tentang Intertekstualitas Julia Kristeva.” Substantia 22, no. 1 (2020): 49–60.
H. Haddade. “Relasi Manusia Dengan Pendidikan (Sebuah Telaah Terhadap Ayat-Ayat Tarbawiyah).” Sulesana 6, no. 1 (2012): 1–18.
Halim, A.M.A. (2007). Kisah Bapak dan Anak Dalam Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani
Nur Hayati. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Q.S. Luqman 12-19.” Aqidah-Ta : Jurnal Ilmu Aqidah 3, no. 1 (2017): 48–58. https://doi.org/10.24252/aqidahta.v3i1.3281.
Ichwanuddin, Muhammad. “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Dan Luqman: Kajian Tafsir Tarbawi.” Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam 5, no. 2 (2021): 1–16. https://doi.org/10.24235/oasis.v5i2.6081.
Kholifah, Latif Nur. “Cerita Anak Di Dalam Al-Qur’an.” POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan 1, no. 2 (2020): 95–108. https://doi.org/10.53491/porosonim.v1i2.31.
Mukodi. “Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Surat Luqman.” Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 19, no. 2 (2011): 429–50. https://doi.org/10.21580/ws.2011.19.2.166.
Mulyadin, Agung. “Stilistika Alquran Dalam Kisah Luqman Dan Implikasinya Terhadap Cara Mendidik Anak.” Al-Ibanah 7, no. 1 (2022): 1–15. https://doi.org/10.54801/iba.v7i1.78.
Nasution Kholidah Nur. “Internalisasi Nilai Pendidikan Islam Dalam Kisah Luqman Al-Hakim Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Di Era Desrupsi.” El-Hikmah : Junral Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam 14, no. 1 (2021): 55–72. https://jurnal.stai-ali.ac.id/index.php/Alfawaid/article/view/53.
Safruroh, Safruroh. “Membangun Karakter Mulia Pada Anak Menurut QS. Luqman 13-19.” Raheema 2, no. 2 (2015). https://doi.org/10.24260/raheema.v2i2.535.
Septiyani, Viandika Indah, and Suminto A. Sayuti. “Oposisi Dalam Novel ‘Rahuvana Tattwa’ Karya Agus Sunyoto: Analisis Intertekstual Julia Kristeva (Opposition in Agus Sunyoto’s ‘Rahuvana Tattwa’ Novel: Julia Kristeva’s Intertextual Analysis).” Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya 9, no. 2 (2020): 174–86. https://doi.org/10.26714/lensa.9.2.2019.174-186.
Shihab, M.Q. (2002) Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta:Lentera Hati.
Tantowi, Ahmad, Ahmad Munadirin, Ahmad Tantowi, and Ahmad Munadirin. “Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur ` An Surat Al- An ’ Am Ayat 151 Pada Era Globalisasi.” Al-Afkar 5, no. 1 (2022): 351–65.
Wahyuningsih, Sri. “Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur`an.” Mubtadiin 7, no. 2 (2021): 191–201.