MENGATASI KESULITAN BELAJAR DENGAN MODEL DESAIN PEMBELAJARAN ASSURE BERBASIS MULTIMEDIA

Penulis

  • Lau Han Sein Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Nurul Atik Hamida Universitas Negeri Islam Sunan Ampel Surabaya
  • Andy Litehua Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ngabar Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.62509/ji.v1i2.45

Kata Kunci:

Kata kunci: Kesulitan belajar, ASSURE, Fiqh, Upaya pendidik.

Abstrak

ABSTRAK

Implementasi Model Desain Pembelajaran ASSURE Berbasis Multimedia Pada Materi Fiqh Sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model desain pembelajaran ASSURE berbasis multimedia pada materi Fiqh sebagai upaya dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MI Darul Ulum Madiun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Assure berbasis multimedia pada materi fiqh ini dapat menjadi alternative pembelajaran dan sebagai upaya dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik, dengan menganalisis karakteristik peserta didik, gaya belajar, pemilihan metode, media dan bahan ajar yang sesuai, serta melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran sehingga dapat mengurangi kesulitan belajar peserta didik.

Referensi

Ahmadi & Abu, Supriyono, Widodo. (2008). Psikologi Belajar. Pt.Rineka Cipta.

Aji, W. N. (2016). Model Pembelajaran Dick And Carrey Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Kajian Linguistik Dan Sastra, 1(2), 119–126. Https://Doi.Org/10.23917/Kls.V1i2.3631

Al-Ramamneh, A. K. (2021). Assessing Distance-Education Services For Students With Learning Difficulties During The Corona Pandemic. Cypriot Journal Of Educational Sciences, 16(5), 2100–2114.

Anshari, I., & Tihalimah, T. (2019). Penggunaan Media Dalam Pembelajarn Fiqh Pada Dayah Tradisional Di Aceh. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(2), 398–418. Https://Doi.Org/10.22373/Jm.V9i2.5661

Asrowi, Gunarhadi, & Hanif, M. (2019). The Power Of Role-Playing In Counseling Children With Learning Difficulties In Inclusive Schools Of Indonesia. International Journal Of Education And Practice, 7(4), 324–333.

Attwood, S., & Atkinson, C. (2021). Therapeutic Support For Young People With Learning Difficulties: What Enables Effective Practice?. Journal Of Research In Special Educational Needs, 21(3), 254–267.

Budiman, A., Samani, M., Rusijono, Setyawan, W. H., & Nurdyansyah. (2021). The Development Of Direct-Contextual Learning: A New Model On Higher Education. International Journal Of Higher Education, 10(2), 15–26.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar Dan Implikasinya Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37–50. Https://Doi.Org/10.21927/Literasi.2018.9(1).37-50

Dede Rosyada. (2015). Hukum Islma Dan Pranata Sosial. Raja Grafindo.

Fahriansyah, F. (2021). Pengembangan Desain Model Pembelajaran Assure Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Di Smp Islamiyah Sawangan. Perspektif, 1(1), 53–63. Https://Doi.Org/10.53947/Perspekt.V1i1.5

Hasanah, N. (2016). Teacher In Overcoming Students Learning Dificult Mathemathic In Class Iv Elementary Islamic Center Ukhuwah Banjarmasin. Jurnal Ptk Dan Pendidikan, 2(2). Https://Doi.Org/10.18592/Ptk.V2i2.1028

Hoerunnisa, A., Suryani, N., & Efendi, A. (2019). The Effectiveness Of The Use Of E-Learning In Multimedia Classes To Improve Vocational Students’ Learning Achievement And Motivation. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 123–137. Https://Doi.Org/10.31800/Jtp.Kw.V7n2.P123--137

Husniyatus Salamah Zainiyati. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ict : Konsep Dan Aplikasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Kencana Prenadamedia Group.

Indriastuti, F. (2015). Pengembangan Buku Audio Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Anak Disleksia. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(2), 91–106. Https://Doi.Org/10.31800/Jtp.Kw.V3n2.P91--106

Iskandar, R., & F, F. (2020). Implementasi Model Assure Untuk Mengembangkan Desain Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1052–1065. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i4.468

Islam, F. S. P. (2020). The Use Of Multimedia And Its Impact On Bangladeshi Efl Learners At Tertiary Level. International Journal Of Language Education, 4(2), 150–157. Https://Doi.Org/10.26858/Ijole.V4i2.12150

Jihad Asep Dan Haris Abdul. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo.

Kementerian Agama Ri. (2008). Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Di Madrasah. Dirjen Pendidikan Islam.

Kim, D., & Downey, S. (2016). Examining The Use Of The Assure Model By K-12 Teachers. Computers In The Schools, 33(3), 153–168.

Krämer, S., Möller, J., & Zimmermann, F. (2021). Inclusive Education Of Students With General Learning Difficulties: A Meta-Analysis. Review Of Educational Research, 91(3), 432–478.

Kurniawan, P. W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Ppsi (Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional) Terhadap Hasil Belajar Sejarah. Historia : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 3(2), 99–108. Https://Doi.Org/10.24127/Hj.V3i2.87

Kusumawati, L. D., Sugito, Nfn, & Mustadi, A. (2021). Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Memotivasi Siswa Belajar Matematika. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 31–51. Https://Doi.Org/10.31800/Jtp.Kw.V9n1.P31--51

L. J. Moleong. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Pt. Remaja Rosdakarya.

Lauc, T., Jagodic, G. K., & Bistrovic, J. (2020). Effects Of Multimedia Instructional Message On Motivation And Academic Performance Of Elementary School Students In Croatia. International Journal Of Instruction, 13(4), 491–508.

Liana, L., & Silitonga, I. (2021). Desain Pengembangan Model Bela Banathy Terhadap Pembelajaran Terpadu Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(5), 4380–4390. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1523

Mamangkai, J. C. (2021). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sains Kelas V Sd Gmim I Woloan. Edu Primary Journal, 2(2), 13–21.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. Https://Doi.Org/10.35719/Annisa.V13i1.26

Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Prenadamedia Group.

Maryani Ika. (2018). Model Intervensi Gangguan Kesulitan Belajar. K-Media.

Mubin, A., & Farhan, M. (2022). Upaya Guru Mengatasi Problematika Siswa Dalam Pembelajaran Pai Secara Daring Di Smp Negeri 15 Tangerang Selatan. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 18(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.31000/Rf.V18i1.6062

Muhammad Rohman. (2013). Strategi Desain Pembelajaran Sistem Pemeblajaran. Prestasi Pustaka Raya.

Muhammad Syarif. (2016). Strategi Pembelajaran Berorienasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Mulyono Abdurrahman. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Pt Rineka Cipta.

Muzakki, A., Zainiyati, H. S., Rahayu, D. C., & Khotimah, H. (2021). Desain Pembelajaran Model Assure Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 149–162. Https://Doi.Org/10.30868/Ei.V10i01.1169

Niswatin, K., Zainiyati, H. S., Hana, R. A., & Hamid, A. (2022). Desain Pembelajaran Model Assure Pada Materi Al-Quran Hadits Berbasis Video Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian, 15(2), 229–248. Https://Doi.Org/10.21043/Jp.V15i2.9590

Nurmalawati, N., Husein, M. M., & Mardhiah, A. (2016). Penerapan Inkuiri Pada Mata Palajaran Fiqh Di Mtsn Kuta Baro Aceh Besar. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 6(2), 233–244. Https://Doi.Org/10.22373/Jm.V6i2.1060

Nusa Putra. (2013). Research And Development, Penelitian Dan Pengembangan Suatu Pengantar. Raja Grafindo Persada.

Pribadi, Benny A. (2021). Esensi Model Desain Sistem Pembelajaran. Pt Rajagrafindo Persada.

Rasidi, T. Q. (2016). Implementasi Desain Pembelajaran Assure Model Pada Mata Pelajaran Pai Dengan Materi Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan Umayyah Dan Abbasiyah. Atthulab: Islamic Religion Teaching And Learning Journal, 1(2), 209–223. Https://Doi.Org/10.15575/Ath.V1i2.2953

Rofqi Dan Rosyid Zaiful,. (2020). Diagnosis Kesulitan Belajar. Literasi Nusantara.

Russell, J. D., & Others, A. (1994). Improving Technology Implementation In Grades 5-12 With The Assure Model. T.H.E. Journal, 21(9), 66–70.

Saebani Ahmad Beni Dan Januari. (2009). Fiqh Ushul Fiqh. Cv Pustaka Setia.

Saugadi, S., Malik, A. R., & Burhan, B. (2021). Analisis Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa. Jurnal Kibasp (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 4(2), 118–126. Https://Doi.Org/10.31539/Kibasp.V4i2.1659

Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Suradika, A., Winata, W., Wicaksono, D., & Rifqiyati, R. (2020). Efektivitas Bahan Instruksional Pendidikan Agama Islam. Instruksional, 1(2), 98–110. Https://Doi.Org/10.24853/Instruksional.1.2.98-110

Syahril, S. (2018). Pengembangan Desain Model Assure Pada Pembelajaran Ips Sd/Mi. Tarbiyah Al-Awlad, 8(1), 65–75. Https://Doi.Org/10.15548/Alawlad.V8i1.1592

Tarmizi, A., Laila, S., Sari, T. N., & Harahap, L. I. (2021). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Corona Virus Disease 19 (Studi Kasus Di Raudatul Atfal Tarbiyah Islamiyah Medan Maimun). At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora, 4(1), 63–73.

Yasin, Z., Anwar, H., & Luneto, B. (2021). Multimedia Powerpoint-Based Arabic Learning And Its Effect To Students’ Learning Motivation: A Treatment By Level Designs Experimental Study. International Journal Of Instruction, 14(4), 33–50.

Zulkifli. (2017). Fiqih Ibadah. Kalimedia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-09

Cara Mengutip

Sein, L. H., Nurul Atik Hamida, & Andy Litehua. (2021). MENGATASI KESULITAN BELAJAR DENGAN MODEL DESAIN PEMBELAJARAN ASSURE BERBASIS MULTIMEDIA. Istifkar, 1(2), 97–120. https://doi.org/10.62509/ji.v1i2.45