IMPLEMENTASI METODE TAMYIZ DI MADRASAH DINIYAH AR-ROSYIDIN DESA SUKOMARTO KECAMATAN JUMO KABUPATEN TEMANGGUNG
Kata Kunci:
Metode Tamyiz, Madrasah DiniyahAbstrak
Metode Tamyiz di Madrasah Diniyah Ar-Rosyidin merupan materi pembelajaran yang diterapkan adalah merupakan salah satu cara untuk anak mengenal pembelajaran ilmu nahwu dan shorof dalam usia dini yaitu usia anak sekolah SD ataupun MI yang kebanyakan anak-anak enggan untuk belajar karena sulitnya memahami. Maka perlu adanya cara atau metode yang inovavatif yang dapat menarik minat anak dalam belajar. Pemilihan metode tentunya disesuaikan dengan keingginan ataupun zaman dari anak didik atau santri yang kita hadapi. Metode merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan suatu materi pembelajaran. Maka di Madrasah Diniyah Ar-Rosyidin menerapkan Metode Tamyiz untuk menarik minat para santrinya karena metode ini menggunakan lagu-lagu yang kebanyakan anak zaman sekarang lebih suka dengan lagu. Tujuan dari adanya penelitian ini guna menganalisis Implementasi Metode Tamyiz di Madrasah Ar-Rosyidin Sukomarto. Jenis penelitian yang diunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun objek penelitian dalam skripsi ini adalah Madrasah Diniyah Ar-Rosyidin Sukomarto. Sedangkan Subjek dari penelitian ini adalah Kepala madrasah danjuga selaku guru pelajaran Tamyiz serta santri. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam hal ini penulis menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya Metode Tamyiz di Madrasah Diniyah Ar-Rosyidin ini dengan menyiapkan materi tamyiz yang akan disampaikan dan mencatat terlebih dahulu di papan tulis baru dijelaskan bab materi tersebut . Dengan adanya Metode Tamyiz ini santri sanggat senang dan semanggat dalam belajar karena penyampaian materi ini dengan lagu.