PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF THOMAS KUHN: PENDEKATAN EPISTEMOLOGI BARU

Penulis

  • Rizal Fathurrohman Universitas Alma Ata

DOI:

https://doi.org/10.62509/jpai.v4i2.119

Kata Kunci:

Paradigma, Pendidikan Islam, Thomas Kuhn, Filsafat Ilmu, Positivistik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami pemikiran Thomas Kuhn tentang paradigma pendidikan Islam. Penelitian ini juga mencoba mengevaluasi komponen pemikiran Thomas Kuhn tentang pendidikan Islam dari sudut pandang filsafat ilmiah. Studi ini merupakan proyek penelitian kepustakaan yang mengumpulkan data tentang paradigma pendidikan Islam Thomas Kuhn. Menurut kesimpulan penelitian ini, tidak ada kebenaran mutlak dalam dinamika keilmuan, namun selalu ada kemungkinan informasi baru muncul dengan epistemologi ilmiah baru yang terkadang lebih dapat diterima secara sosial. Oleh karena itu, diperlukan paradigma baru untuk memahami Islam, yang tidak hanya bertumpu pada metode normatif, tetapi juga pada perspektif historis, sosiologis, dan antropologis, antara lain. Hasilnya, masyarakat dapat menerimanya menjadi sebuah buki bahwasanya Islam sebagai agama rahmat dapat diakui sepanjang tahun dan tidak dibatasi oleh tempat dan waktu.

Referensi

Abdullah, Amin. Islamic Studies Di Perguruan Tinggi Pendekatan Integratifinterkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

———. Studi Agama: Normativitas Atau Historisitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.

Abubakar, Syukri. “Paradigma Pengembangan Ilmu Pengetahuan Thomas S. Kuhn Dan Relevansinya Dengan Kajian Keislaman.” Al-Ittihad: Jurnal Pemikiran Dan Hukum Islam 6, no. 1 (2020): 47–64.

Almas, Afiq Fikri. “Sumbangan Paradigma Thomas S. Kuhn Dalam Ilmu Dan Pendidikan (Penerapan Metode Problem Based Learning Dan Discovery Learning).” At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam 3, no. 1 (2018): 89. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v3i1.1147.

Anand, G. “Thomas Kuhn on Paradigms.” Production and Operations Management 29, no. 7 (2020): 1650–57. https://doi.org/10.1111/poms.13188.

Choir, Tholhatul, and Ahwan Fanani. Islam Dalam Berbagai Pembacaan Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Creswell, J.W. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed, Di Terjemahkan Oleh Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Dimitrakos, T. “Scientific Mind and Objective World: Thomas Kuhn Between Naturalism and Apriorism.” Erkenntnis 85, no. 1 (2020): 225–54. https://doi.org/10.1007/s10670-018-0025-5.

Dkk, Jalaluddin. Filsafat Pendidikan Islam: Konsep Dan Perkembangan Pemikirannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1994.

Fathurrohman, Rizal, Mahmud Arif, and Sangkot Sirait. “Concept and Implementation of Islamic Education in Islamic Education Institutions in Indonesia.” DAYAH: Journal of Islamic Education 6, no. 1 (2023): 114–29. https://doi.org/10.22373/jie.v6i1.16356.

Fathurrohman, Rizal, Muhammad Gafarurrozi, and Wahyu Kholis Prihantoro. “The Syawir Method as a Cooperative Learning Model of Islamic Religious Education in Pesantren-Based Schools.” TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education 10, no. 2 (2023): 154.

Fathurrohman, Rizal, and Wahid Tuftazani Rizqi. “Reorientasi Kebijakan Pendidikan Islam Pasca Pandemi.” Heutagogia: Journal Of Islamic Education 1, no. 2 (2021): 107–19.

Hariyanto, Sugeng. “Persepsi Santri Terhadap Perilaku Kepemimpinan Kiai Di Pondok Pesantren (Studi Interaksionisme Simbolik Di Pesantren Sidogiri Pasuruan).” Disertasi, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang., 2004.

Heesen, A Te. “Thomas S. Kuhn, Earwitness: Interviewing and the Making of a New History of Science.” ISIS 111, no. 1 (2020): 86–97. https://doi.org/10.1086/708277.

Helmy, M I. “The Understanding of Islamic Moderation (Wasaṭiyyah Al-Islam) and the Hadiths on Inter-Religious Relations in the Javanese Pesantrens.” Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies 11, no. 2 (2021): 377–401. https://doi.org/10.18326/ijims.v11i2.377-401.

Ibrahim, Idi Subandy, and Bachruddin Ali Akhmad. Komunikasi Dan Komodifikasi: Mengkaji Media Dan Budaya Dalam Dinamika Globalisasi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014.

Kaelan. Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner. Yogyakarta: Paradigma, 2010.

Kasiram, Moh. Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif,. Malang: UIN Maliki Press, 2010.

Khuza’i, Moh. “Kuhn: Pergeseran Paradigma Dan Revolusi Ilmu 1.” NIZHAMIYAH: Jurnal Tarbiyah UINSU, 2008, 1–7.

Kuhn, Thomas S. The Structure of Scientific Revolutions. Amerika Serikat: University Of Chicago Press, 2012.

Lubis, Akhyar Yusuf. Filsafat Ilmu: Klasik Hingga Kontemporer. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015.

Mamnunah, Mamnunah, and Sufyan Sauri. “Relevansi Pemikiran Thomas Khun Terhadap Penerapan Ijma’.” Aqlania 11, no. 1 (2020): 74. https://doi.org/10.32678/aqlania.v11i1.2642.

Nurkhalis, -. “Konstruksi Teori Paradigma Thomas S. Kuhn.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 11, no. 02 (2012): 79. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i02.55.

Priatna, Tedi. Reaktualisasi Paradigma Pendidikan Islam: Ikhtiar Mewujudkan Pendidikan Bernilai Ilahiah Dan Insaniah Di Indonesia). Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2004.

Putri, Fia Alifah, and Wahyu Iskandar. “Paradigma Thomas Kuhn: Revolusi Ilmu Pengetahuan Dan Pendidikan.” Nizhamiyah X, no. 2 (2020): 94–106.

Rosyid, Abdul. “PERGESERAN PARADIGMA AGAMA DAN SAINS DI TENGAH PANDEMI COVID DALAM KACA MATA THOMAS KUHN.” Jurnal ASKETIK: Agama Dan Perubahan Sosial IAIN Kediri 53, no. 9 (2019): 1689–99.

Suroyya, Camila Fatah, Ahmad, Nehru Millat. “STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES SEBAGAI UPAYA PEMECAHAN MASALAH BELAJAR.” Istifkar: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2022): 108–28. https://doi.org/https://doi.org/10.62509/ji.v2i2.67.

Ulya, Inayatul, and Nushan Abid. “PEMIKIRAN THOMAS KUHN DAN RELEVANSINYA TERHADAP KEILMUAN ISLAM.” FIKRAH: Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan 3, no. 2 (2015): 249–76.

Zakaria, Muhammad. “Perkembangan Pemikiran Studi Keislaman Di Indonesia (Paradigma Interpretasi).” Jurnal Ta’dib 18, no. 2 (2020): 17–27.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-09

Cara Mengutip

Fathurrohman, R. (2024). PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF THOMAS KUHN: PENDEKATAN EPISTEMOLOGI BARU . Istifkar, 4(2), 137–157. https://doi.org/10.62509/jpai.v4i2.119