PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP NILAI KESOPANAN SISWA MI NU 25 CURUGSEWU KECAMATAN PATEAN KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.62509/jpai.v4i2.120Kata Kunci:
Pembelajaran Aqidah Akhlak, Nilai Kesopanan Siswa.Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya problema yang didapat dalam hal akhlak siswa, kurangnya sopan santun dan etika siswa seperti mulai nampak tindakan berbicara dan berperilaku tidak sopan, berbohong, mencuri barang milik teman dan lain sebagainya. Pembelajaran Akidah Akhlak memiliki pengaruh penting dalam kaitannya dengan pendidikan siswa. Kerapkali kemunduran siswa di sekolah sering disebabkan oleh keadaan pembelajaran di sekolah. Melalui pembelajaran akidah akhlak maka akan sangat membantu siswa untuk berprilaku sopan dan berakhlakul karimah. Baik buruknya pembelajaran akidah akhlak turut mempengaruhi nilai kesopanan siswa, karena sekolah ikut serta membantu dalam upaya membentuk karakter seorang siswa dengan baik. Penelitian ini adalah penelitian lapangan kuantitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan angket atau kuesioner. Sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil analisis dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana pembelajaran aqidah akhlak, bagaimana nilai kesopanan siswa dan bagaimana pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap nilai kesopanan siswa MI NU 25 Curugsewu tahun pelajaran 2023/2024.
Referensi
Ahmad, Nehru Millat. “KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KISAH LUQMAN (APLIKASI INTERTEKSTUALITAS JULIA KRISTEVA Q.S. AL-LUQMAN AYAT 12-19).” Istifkar: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2021): 82–96. https://doi.org/https://doi.org/10.62509/ji.v1i1.40.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013).
Gunawan, Heri, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, (Bandung, Alfabeta, 2012).
Hadi, Sutrisno, Statistik, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015), cet. 1.
Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikann, (Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2005).
Hrp, Nurlina Ariani, dkk, Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran (Bandung: Widina Bhakti Persada, 2022).
Iwan, Internalisasi Nilai-Nilai Sopan Santun Dalam Mewujudkan Lingkungan Pendidikan Humanis, (Cirebon: CV. Confident, 2023).
Khalimi, Pembelajaran Akidah dan Akhlak, (Jakarta: Kemenag, 2009).
Lubis, Lahmuddin, dan Elfiah Muchtar, Pendidikan Agama Dalam Perspektif Islam. (Bandung: Ciptapustaka Media Perintis, Cet. 2, 2009).
Muhammad Al-Ghazali, Syekh . 44 Persoalan Penting Tentang Islam. (Jakarta: Gema Insani Press. 1994).
Mursalim, Anisa, Nur Hidayah, Lailla Hidayatul Amin, Institut Islam, and Ulum Surakarta. “PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH JUWIRAN JUWIRING KLATEN Anisa.” Modeling: Jurnal Program Studi PGMI 9, no. 2 (2022): 327–36.
Rahayu, Dewi, Efektivitas Peran Guru Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Perilaku Sopan Santun Siswa Di MTs Yamas Dumai, Jurnal Tafidu 1, no. 1 (2022)
Rosalina, Linda, dkk, Buku Ajar Statistika, (Padang: CV. Muharika Rumah Ilmiah, 2023).
Suriadi, “Konsep Pendidikan Karakter dalam Al-Qur’an dan Hadits”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, Vol. 12 No.2 (2022).
Uhbiyati, Nur. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Islam, (Semarang: Pustaka Rizki Putra. 2013).
Wahyudi, Dedi, Pengantar Aqidah Akhlak dan Pembelajarannya (Yogyakarta: Lintang Rasi Aksara Books, 2017).
Wawancara dengan Makruf selaku guru aqidah akhlak kelas V MI NU 25 Curugsewu pada 10 Juni 2024.
Wawancara dengan Siti Masruroh selaku guru aqidah akhlak kelas VI MI NU 25 Curugsewu pada 10 Juni 2024